Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Menteri menjanjikan pemrosesan sertifikat tanah yang cepat di Indonesia

Tempo.co, JakartaMenteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meyakinkan transformasi pelayanan publik pengurusan sertifikat tanah terus dilakukan melalui digitalisasi dan transparansi.

AHY yang mengunjungi Krasig, Jawa Timur pada 5 Juli 2024 mengatakan, komitmennya mempercepat proses administrasi pertanahan melalui pemanfaatan teknologi digital merupakan agenda pemerintah yang juga ditegaskan Presiden Joko Widodo.

Inisiatif ini adalah bagian dari semangat negara, katanya. “Presiden meminta kita untuk terus melakukan transformasi digital seiring dengan upaya modernisasi pemerintahan.”

Ia mencatat, penggunaan sertifikat tanah elektronik di seluruh kantor pertanahan di seluruh Indonesia bertujuan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan transparan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Kami memastikan pelayanan lebih cepat, transparan dan akuntabel, serta tidak ada pihak ketiga yang meminta izin,” ujarnya.

Keunggulan lain yang ditawarkan sertifikat elektronik adalah kemudahan pengelolaan data, kata AHY. Setiap sertifikat dilengkapi dengan barcode yang berisi informasi lengkap tentang pemilik tanah, luas tanah, peta lokasi dan rincian lainnya.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian dan Tata Ruang, tahun ini 113,5 juta dari target 120 juta lahan telah tersertifikasi dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Antara

Pilihan Guru: PBB mempromosikan literasi inklusif, pembelajaran kreatif di Festival Sastra Anak “Badjarmera Kezil”.

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Huawei Dukung Integrasi Lingkungan Investasi Lokal di Forum Bisnis Indonesia-China Selatan