Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei meninggal “tiba-tiba”, menurut negara

Penangguhan

Pada hari Sabtu, Kementerian Luar Negeri Belarusia mengumumkan kematian Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei.

Di Facebook, Kementerian Menulis Pada hari Sabtu Mackey “meninggal mendadak hari ini”. seperti itu Sebaran Foto Macy di Twitter, menulis dalam bahasa Inggris bahwa dia “meninggal”, tanpa menyebutkan di mana atau bagaimana dia meninggal. Dia berusia 64 tahun.

Kementerian tidak segera menanggapi permintaan komentar. Outlet media negara Belta melaporkan kematiannya, mengutip seorang juru bicara kementerian, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Macy’s telah mengorbit selama bertahun-tahun Presiden Belarusia Alexander LukashenkoDia menjadi menteri luar negeri pada 2012. Mackie sebelumnya menjabat sebagai pembantu Lukashenko dan kemudian menjadi kepala staf Lukashenko, menurut biografi di situs kementerian, yang mengatakan dia menikah dengan tiga anak.

Lukashenko menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Macky, lapor Belta.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pekan lalu bahwa Macky dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pekan ini di Minsk, ibu kota Belarusia.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Lavrov telah mengirim telegram belasungkawa kepada istri Makei, menambahkan: “Pemimpin dan staf Kementerian Luar Negeri Rusia sangat berduka atas kematian mendadak Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei.”

“Vladimir Vladimirovich Makei adalah teman sejati Rusia, dan dia memberikan kontribusi unik untuk pengembangan komprehensif kerja sama bilateral yang luas, membangun integrasi Negara Persatuan, dan memperkuat hubungan antara dua saudara Rusia dan Belarusia,” kata kementerian itu. . .

“Kami terkejut” dengan laporan kematian Makki, Maria Zakharova, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, mengatakan dalam sebuah posting Sabtu di Telegram.

READ  Hasil awal menunjukkan penolakan konstitusi baru Chili dalam referendum

Sepanjang perang di Ukraina, Belarusia tetap dekat Sekutu Kremlindengan Lukashenko menampung pasukan dan peralatan Rusia, memungkinkan Rusia untuk menggunakan negaranya sebagai pos persiapan Ratusan serangan udara terhadap target Ukraina dan penangkapan ratusan demonstran anti-perang.

Pada bulan September, Mackie mengatakan dalam sambutannya kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa “Barat kolektiflah yang harus bertanggung jawab penuh atas pertumpahan darah yang sedang berlangsung di Ukraina,” dan bahwa Barat “telah membuat konflik ini tak terelakkan.”

Natalia Abakumova berkontribusi pada laporan ini.