Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kanada untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan dunia maya dalam kebijakan Indo-Pasifik, fokus pada China yang 'mengganggu'

Kanada untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan dunia maya dalam kebijakan Indo-Pasifik, fokus pada China yang ‘mengganggu’

OTTAWA, 27 November (Reuters) – Kanada meluncurkan strategi Indo-Pasifik yang telah lama ditunggu-tunggu pada hari Minggu, menguraikan pengeluaran C$2,3 miliar ($1,7 miliar) untuk meningkatkan keamanan militer dan dunia maya di kawasan itu dan berjanji untuk terlibat dengan China. ” Saat bekerja dengannya tentang perubahan iklim dan masalah perdagangan.

Rencana tersebut, yang dirinci dalam dokumen setebal 26 halaman, mengatakan Kanada akan memperketat aturan investasi asing untuk melindungi kekayaan intelektual dan mencegah perusahaan milik negara China mengambil pasokan mineral penting.

Kanada berupaya memperdalam hubungan dengan kawasan Indo-Pasifik yang berkembang pesat, yang mencakup 40 negara yang mewakili hampir C$50 triliun dalam kegiatan ekonomi. Tetapi fokusnya adalah pada China, yang disebutkan lebih dari 50 kali, pada saat hubungan bilateral membeku.

Empat menteri pada konferensi pers di Vancouver secara bergiliran mempresentasikan rincian rencana baru tersebut, dengan mengatakan bahwa strategi tersebut sangat penting untuk keamanan dan iklim nasional Kanada serta tujuan ekonominya.

“Kami akan terlibat dalam diplomasi karena kami percaya diplomasi adalah kekuatan, dan pada saat yang sama kami akan bersikap tegas dan itulah mengapa kami sekarang memiliki rencana yang sangat transparan untuk berurusan dengan China,” kata Menteri Luar Negeri Melanie Jolie. .

Pemerintah liberal Perdana Menteri Justin Trudeau ingin mendiversifikasi perdagangan dan hubungan ekonomi yang sangat bergantung pada Amerika Serikat. Data resmi untuk bulan September menunjukkan bahwa perdagangan bilateral dengan China menyumbang kurang dari 7% dari total, dibandingkan dengan 68% untuk Amerika Serikat.

Jangkauan Kanada ke sekutu Asia juga terjadi karena Washington telah menunjukkan tanda-tanda menjadi semakin berhati-hati tentang perdagangan bebas dalam beberapa tahun terakhir.

Dokumen tersebut menggarisbawahi dilema Kanada dalam menjalin hubungan dengan China, menawarkan peluang yang signifikan bagi eksportir Kanada, bahkan ketika Beijing berupaya membentuk tatanan internasional dalam “lingkungan yang lebih permisif terhadap kepentingan dan nilai yang semakin menyimpang dari kita.”

READ  Barat harus mengurangi ketergantungannya pada Rusia untuk energi

tantangan Cina

Namun, dokumen tersebut mengatakan kerja sama dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu diperlukan untuk mengatasi beberapa “tekanan eksistensial di dunia”, termasuk perubahan iklim, kesehatan global, dan proliferasi nuklir.

“China adalah kekuatan global yang semakin tidak stabil,” kata strategi itu. “Pendekatan kami…dibentuk oleh penilaian yang realistis dan jelas terhadap China saat ini. Di bidang-bidang yang menjadi pertikaian mendalam, kami akan menantang China.”

Ketegangan dengan China meningkat pada akhir 2018 setelah polisi Kanada menahan seorang eksekutif Huawei Technologies, dan Beijing kemudian menangkap dua warga Kanada atas tuduhan spionase. Ketiganya dibebaskan tahun lalu, tetapi hubungan mereka tetap tegang.

Kanada awal bulan ini memerintahkan tiga perusahaan China untuk mendivestasi investasi mereka di mineral kritis Kanada, dengan alasan keamanan nasional.

Dalam sebuah bagian yang mengacu pada China, dokumen tersebut mengatakan Ottawa akan meninjau dan memperbarui undang-undang yang memungkinkannya untuk bertindak “tegas ketika investasi dari perusahaan milik negara dan entitas asing lainnya mengancam keamanan nasional kita, termasuk dalam rantai pasokan mineral penting kita.”

“Karena kawasan ini sangat besar dan beragam, satu ukuran tentu tidak cocok untuk semua,” kata Presiden Kamar Dagang Kanada Perrin Petit dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa prioritas Kanada harus sangat rumit di antara dan di dalam negara.

Dokumen itu mengatakan Kanada akan meningkatkan kehadiran angkatan lautnya di kawasan itu dan “meningkatkan keterlibatan militer dan kemampuan intelijen kami sebagai sarana untuk mengurangi perilaku koersif dan ancaman terhadap keamanan kawasan.”

Ini akan mencakup pengerahan tiga fregat setiap tahun ke wilayah tersebut, dua fregat saat ini, serta partisipasi pilot dan tentara Kanada dalam latihan militer regional, kata Menteri Pertahanan Anita Anand dalam konferensi pers terpisah.

READ  'Kami tidak takut pada siapa pun' Ukraina mengibarkan bendera untuk menentang ketakutan akan invasi Rusia

Kanada termasuk dalam Kelompok Tujuh negara industri besar, yang ingin mengambil tindakan penting untuk menanggapi peluncuran rudal Korea Utara.

Dokumen tersebut mengatakan Ottawa terlibat di wilayah tersebut dengan mitra seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Dia mengatakan Kanada perlu terus berbicara dengan negara-negara yang memiliki perbedaan mendasar, tetapi tidak menyebutkan nama mereka.

($1 = 1,3377 dolar Kanada)

(Laporan oleh David Leungren). Diedit oleh Denny Thomas, Leslie Adler, Daniel Wallis dan Mark Porter

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.