Juni 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Menkeu mengatakan Polandia adalah mitra terpenting Indonesia

Tempo.co, Jakartakata Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indravati Polandia Mitra yang sangat penting bagi Indonesia.

Shri Mulyani memuji Polandia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik dan tingkat pengangguran yang rendah sebesar 2,9 persen, seraya menambahkan bahwa Polandia memainkan peran penting dalam lanskap ekonomi Uni Eropa.

“Saat ini Polandia muncul sebagai kekuatan dinamis di Uni Eropa, dengan pertumbuhan yang signifikan dan tingkat pengangguran yang rendah sebesar 2,9 persen,” ujarnya pada acara Hari Nasional Republik Polandia di Jakarta, Jumat. 10 November 2023.

Menkeu juga mencatat perdagangan bilateral antara Indonesia dan Polandia pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 60,7 persen pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

Menurut Indravati, investasi Polandia di Indonesia meningkat sebanyak 324 proyek sejak 2019.

“Pada tahun 2023 saja, realisasi investasi mencapai 106 proyek. Naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut beliau mencatat bahwa investasi tersebut difokuskan pada sektor-sektor seperti transportasi, khususnya perkeretaapian dan industri maritim, serta sektor-sektor seperti pertambangan, industri pertahanan, pendidikan dan pariwisata.

Selain itu, kedua negara selalu menjajaki lebih banyak peluang kerja sama, seperti di bidang transisi energi, yang dianggap penting untuk mengatasi masalah iklim.

Sri Mulyani berharap hubungan Indonesia dan Polandia akan terus berkembang di masa depan, dan menambahkan bahwa hidup berdampingan secara damai kini menjadi hal yang sangat penting.

“Saya percaya bahwa masa depan penuh dengan harapan besar bagi kedua negara dan kita mempunyai potensi untuk mencapai prestasi luar biasa dalam semangat persatuan dan kepercayaan,” ujarnya.

“Kami akan bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral dan membentuk masa depan yang cerah dan sejahtera,” janjinya.

READ  Raindo United Services di Indonesia akan diluncurkan pertengahan 3Q23

Antara

Seleksi Guru: Presiden Jokowi tiba di Polandia sebelum melanjutkan perjalanan ke Ukraina

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News