Mei 21, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Maskapai Rusia menghadapi status paria karena pembuat pesawat membekukan suku cadang

Maskapai Rusia menghadapi status paria karena pembuat pesawat membekukan suku cadang

  • Produsen, penyewa, dan perusahaan perbaikan menerapkan hukuman
  • Rusia mengambil 6% dari kapasitas udara global pada tahun 2021 -IBA
  • Penyewa pesawat harus mengakhiri kontrak pada 28 Maret

(Reuters) – Seperti Boeing, penerbangan Rusia berbelok ke isolasi pada Rabu (melarang) dan Airbus (AIR.PA) Mereka menghentikan pasokan komponen Analis memperkirakan bahwa maskapai penerbangan mungkin akan melucuti suku cadang pesawat yang di-grounded atau tergoda untuk mencari sumber alternatif untuk tetap terbang.

Aeroflot terkemuka dan maskapai lainnya telah menghadapi tindakan keras Barat dengan dampak dari sanksi yang dikenakan pada invasi Rusia ke Ukraina di sektor penerbangan global. Baca lebih banyak

Amerika Serikat mengatakan Selasa malam bahwa pihaknya akan mengikuti Uni Eropa dan Kanada dalam melarang penerbangan Rusia, dalam sebuah langkah yang kemungkinan akan mengarah pada pembalasan Rusia. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Boeing mengatakan telah “menangguhkan operasi besar” di Rusia, di mana ia juga memiliki pusat penelitian dan teknik.

Airbus mengatakan telah berhenti memasok suku cadang dan layanan ke maskapai Rusia tetapi juga menganalisis apakah pusat tekniknya di Moskow akan terus memberikan layanan kepada pelanggan lokal. Dia tidak mengatakan jenis pekerjaan apa yang mungkin terlibat.

Larangan itu muncul ketika negara-negara besar membahas menghidupkan kembali kesepakatan untuk mencabut sanksi serupa terhadap Iran, hingga penarikan Washington pada 2018.

Sanksi terhadap Rusia, yang menggambarkan tindakannya di Ukraina sebagai “operasi khusus”, akan memiliki konsekuensi yang lebih besar daripada yang dikenakan pada Iran atau Korea Utara, mengingat ukuran pasar mereka.

Karena lessor Barat juga ingin mengambil alih pesawat yang dioperasikan oleh operator Rusia, sektor penerbangan Rusia sekarang setara dengan Korea Utara dan Iran – dan mirip dengan apa yang berada di bawah pemerintahan Soviet,” tulis analis Vertical Research Partners. Rob Stallard.

READ  Sepeda motor berkeliaran di ibukota Kanada di bawah pengawasan polisi

Rusia akan menyumbang 6% dari kapasitas penerbangan pada tahun 2021, menurut konsultan IBA.

Data armada Sirium menunjukkan bahwa maskapai memiliki total 332 pesawat Boeing dan 304 Airbus, atau sekitar dua pertiga dari armada Rusia.

Seberapa cepat bagian-bagian ini mati akan tergantung pada berapa banyak barang penting yang disimpan maskapai.

Pesawat tunduk pada pemantauan konstan, mulai dari pemeriksaan harian hingga perawatan berat setiap enam tahun.

Sementara masalah rutin mungkin tidak memerlukan perbaikan segera asalkan masalah tersebut diatasi dalam beberapa hari, beberapa bagian tetap diperlukan untuk meninggalkan pesawat.

Pakar perawatan mengatakan pesawat milik maskapai Rusia dapat terbang di dalam negeri sementara mereka memiliki stok suku cadang yang cukup, tetapi operator mungkin kesulitan merawat pesawat di wilayah menyusut di dunia yang masih menerima pesawat Rusia.

Bahkan di tempat-tempat di mana suku cadang dapat ditemukan di luar negeri, maskapai menghadapi potensi kesulitan dalam membayar setelah beberapa bank Rusia dilarang dari sistem pembayaran internasional SWIFT.

sterilisasi

Berbeda dengan pesawat Iran yang rusak yang diwarisi dari sanksi AS selama beberapa dekade, Rusia memiliki armada yang canggih.

“Ini harus membuat sistem perawatan lengkap untuk beberapa jenis pesawat. Tapi sebelum itu … perlu membongkar beberapa pesawat untuk digunakan sebagai suku cadang,” kata Oleg Panteleev, kepala badan analisis Rusia AviaPort.

“Kanibalisme akan mungkin terjadi karena kebutuhan akan pesawat akan runtuh,” kata Panteleev.

Banyak maskapai penerbangan menggunakan kembali bagian dari pesawat mereka sendiri, tetapi ada keluhan di masa lalu bahwa maskapai yang kesulitan di tempat lain telah mengambil bagian dari pesawat sewaan, yang terlarang.

Lessor memiliki waktu hingga 28 Maret untuk mengakhiri kontrak yang dikenai sanksi UE, tetapi eksekutif industri telah menyatakan keprihatinan tentang apakah maskapai dan pengadilan Rusia akan mematuhinya. Baca lebih banyak

READ  Pasukan Rusia rebut pembangkit nuklir besar Ukraina, api padam

Cirium mengatakan sekitar 515 pesawat di Rusia disewa dari perusahaan asing. Belum ada indikasi bahwa maskapai Rusia telah melepas bagian dari pesawat yang disewa tanpa persetujuan.

persediaan alternatif

Bergantung pada lamanya krisis, beberapa ahli memperkirakan bahwa maskapai penerbangan mungkin mencari alternatif. Suku cadang China sudah digunakan di beberapa pasar pada pesawat tua yang tidak melayani Barat, sementara Iran telah menyempurnakan sistem Di bawah meja persediaan selama beberapa dekade.

“Tentu saja, akan baik bagi Rusia untuk menemukan pemasok dan mitra di negara ketiga yang siap memastikan pengiriman yang stabil dari semua komponen yang diperlukan,” kata Panteleev.

Tetapi jika negara-negara ini mengatakan mereka takut akan sanksi, Rusia perlu mencari spesialis asing dan mengatur sistem pemeliharaan di pabrik-pabrik Rusia.

Namun, penggunaan suku cadang tidak resmi akan menempatkan pesawat berharga di wilayah abu-abu dan menyulitkan untuk mendanai mereka setelah perang usai. Ini adalah sesuatu yang menurut pakar industri operator internasional Rusia, dengan armada rata-rata muda mereka, akan berjuang untuk menghindari.

Perjanjian pemeliharaan juga berisiko.

Aeroflot tahun lalu menandatangani perjanjian jangka panjang dengan Hong Kong Aircraft Engineering Corporation (HAECO), yang tidak menanggapi permintaan komentar.

Teknik Lufthansa (LHAG.DE) Dikatakan telah berhenti melayani pelanggan Rusia yang menggunakan ratusan pesawat.

Kesulitan Rusia dalam mendapatkan suku cadang dapat mempengaruhi maskapai internasional yang masih terbang ke Rusia dan terkadang membutuhkan suku cadang di tempat tujuan.

Maskapai Rusia juga akan dilarang mengambil pesawat baru Barat. Mereka memiliki 62 pesawat yang dipesan dengan Airbus atau Boeing.

Sementara itu, Sukhoi Rusia bertujuan untuk menyesuaikan mesin Superjet regional domestik dengan mesin Rusia pada tahun 2024.

Pelaporan oleh Jamie Fried di Sydney dan David Shepherdson di Washington dan Tim Hever di Paris dan Reuters di Moskow Pelaporan tambahan oleh Alexander Cornwell di Dubai dan Ilona Weisenbach di Berlin Penulisan oleh Jamie Fried dan Tim Hever dan penyuntingan oleh Lincoln Fest, David Goodman dan Josephine Mason

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.