September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berita perang Ukraina: Ledakan di dekat Moskow membunuh putri sekutu Putin

Berita perang Ukraina: Ledakan di dekat Moskow membunuh putri sekutu Putin

dikaitkan dengan dia…Teknologi Maxar

BRUSSELS – Ketika kekhawatiran meningkat atas risiko pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar Ukraina, yang diduduki oleh tentara Rusia yang menyerang, tampaknya ada beberapa langkah untuk memasukkan inspektur internasional ke fasilitas tersebut untuk memverifikasi operasinya yang aman.

Berbicara pada Jumat malam, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada mitranya dari Prancis, Emmanuel Macron, bahwa Rusia telah “mempertimbangkan kembali” desakannya bahwa inspektur dari Badan Energi Atom Internasional pertama kali melakukan perjalanan melalui wilayah Rusia untuk mencapai pabrik Zaporizhzhya, Menurut kepresidenan Prancis.

Itu adalah kepresidenan Rusia kurang jujurMemperhatikan bahwa “kedua pemimpin mencatat pentingnya mengirim misi Badan Energi Atom Internasional ke pembangkit listrik sesegera mungkin” dan bahwa Rusia “mengkonfirmasi kesiapannya untuk memberikan bantuan yang diperlukan kepada inspektur badan tersebut.”

Kedua presiden akan berbicara lagi tentang misi semacam itu “dalam beberapa hari ke depan setelah diskusi antara tim teknis dan sebelum misi dikerahkan,” Orang Prancis mengatakan.

Badan Energi Atom Internasional – badan pemantauan dan pemantauan nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa – telah menghadapi beberapa rintangan dalam diskusinya dengan Rusia dan Ukraina untuk mendapatkan akses ke pabrik Zaporizhia, yang terbesar di Eropa, setidaknya sejak Juni.

Ukraina telah keberatan dengan gagasan inspektur masuk melalui wilayah yang diduduki Rusia, opsi yang tampaknya mengkonfirmasi kendali Rusia atas pembangkit listrik tersebut, yang menyediakan setidaknya seperlima dari listrik Ukraina. Perserikatan Bangsa-Bangsa memiliki kekhawatiran keamanan yang besar tentang para inspektur yang melintasi garis depan perang yang pahit ini, dengan sebagian besar pengeboman.

READ  Bahama tongkang kematian: Resor memasang detektor karbon monoksida setelah 3 orang Amerika ditemukan tewas

Ketika Rusia dan Ukraina saling menyalahkan karena membawa kemungkinan bencana nuklir ke pabrik melalui perang artileri – bagian dari apa yang oleh seorang pejabat senior Barat pada hari Jumat disebut “perang informasi” – tekanan telah tumbuh di Moskow untuk mundur tentang apa yang dilakukan para inspektur. . mencapai.

Tekanan ini juga datang dari Turki, yang mencoba menengahi antara Rusia dan Ukraina mengenai masalah ini, seperti yang terjadi dalam kesepakatan baru-baru ini untuk membebaskan pengiriman gandum dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina di tengah blokade Rusia, dan dari PBB sendiri.

Ketika Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengunjungi Ukraina pekan lalu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membahas pengiriman biji-bijian, pemimpin PBB itu juga mendesak tindakan cepat untuk mencoba menjaga keamanan pabrik Zaporizhia.

Mr Guterres memperingatkan Rusia untuk tidak memutuskan fasilitas dari jaringan Ukraina, seperti yang dikatakan oleh Kyiv Rusia bermaksud untuk mengalihkan pasokan ke jaringan Rusia. Langkah seperti itu dapat mengganggu bio-pendinginan reaktor dan memutus aliran listrik bagi jutaan warga Ukraina.

Para pejabat Barat menganggap risiko utama kecelakaan nuklir lebih sedikit dari proyektil yang menabrak salah satu bangunan penahanan di sekitar enam reaktor nuklir air ringan, yang dibangun untuk menahan dampak seperti 9/11 dari sebuah pesawat, daripada terputus. . dalam listrik. Jika ini terjadi, dan jika generator pabrik tidak berfungsi atau rusak, kerusakan dapat terjadi.

Seorang pejabat senior Barat mengatakan pada hari Jumat bahwa perhatian utama dalam hal ini adalah jika pembangkit tersebut mengalami kehilangan pendinginan karena hilangnya listrik cadangan, jika Rusia menariknya dari jaringan Ukraina dan jika generator cadangan gagal.

Ada juga kekhawatiran bahwa proyektil dapat mengenai salah satu kolam yang menyimpan bahan bakar nuklir bekas, tetapi ini akan memiliki dampak yang tidak terlalu parah.

READ  Rusia mengklaim telah mengambil kendali penuh atas Mariupol

Rusia telah menolak permohonan Guterres untuk melucuti daerah sekitar pabrik.

Pada hari Jumat, Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional, Rafael M.

Duta Besar Rusia untuk badan tersebut menyarankan bahwa misi semacam itu dapat dilakukan pada awal September. Tetapi bahkan jika para inspektur dapat memverifikasi keamanan pabrik pada saat itu, risikonya pasti akan berlanjut saat perang artileri berlanjut.