Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mantan CEO FTX Bankman-Fried Ditangkap di Bahama Setelah Tuduhan File AS

Mantan CEO FTX Bankman-Fried Ditangkap di Bahama Setelah Tuduhan File AS

12 Desember (Reuters) – (Catatan editor: Cerita ini mengandung kata-kata dalam paragraf 18 yang mungkin dianggap ofensif oleh beberapa pembaca.)

Pendiri FTX Sam Bankman-Fred ditangkap di Bahama atas perintah jaksa AS pada hari Senin, sehari sebelum dia bersaksi di depan Kongres tentang kegagalan mendadak bulan lalu dari salah satu bursa cryptocurrency terbesar di dunia.

Penangkapan tersebut menandai penurunan yang menakjubkan bagi pengusaha berusia 30 tahun yang dikenal luas dengan inisialnya SBF, yang meledak dalam bitcoin dan aset digital lainnya menjadi multi-miliarder berkali-kali sampai FTX mati dengan cepat.

Pertukaran, yang diluncurkan pada 2019 dan berbasis di Bahama, mengajukan kebangkrutan pada 11 November setelah berjuang mengumpulkan dana untuk menghindari keruntuhan karena para pedagang bergegas menarik $6 miliar dari platform hanya dalam 72 jam. Sejak saat itu, terungkap bahwa Bankman-Fried diam-diam menggunakan $10 miliar dana nasabah untuk mendukung bisnis perdagangannya.

Penangkapan itu terjadi ketika Bankman-Fried bersiap untuk menyerang mantan pengacaranya di Sullivan & Cromwell, CEO FTX baru John Ray, dan saingan pertukaran Binance dalam sidang kongres.

Dalam surat pernyataan, draf salinan yang dilihat oleh Reuters, Bankman-Fried berencana untuk mengatakan bahwa dia ditekan oleh pengacara Sullivan dan Cromwell untuk mencalonkan Ray sebagai CEO setelah dana klien tiba-tiba keluar. Dan ketika dia berubah pikiran dalam beberapa menit, setelah ditawari pembiayaan baru miliaran dolar, dia diberi tahu bahwa itu sudah terlambat.

Bankman-Fried sekarang tidak akan dapat bersaksi, menurut anggota Kongres Maxine Waters, yang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia terkejut mendengar penangkapannya. Kesaksian Ray akan dilanjutkan.

Polisi Bahama mengatakan Bankman-Fried ditangkap tak lama setelah pukul 18:00 Senin (2300 GMT) di kompleks apartemennya, kompleks apartemen berpagar mewah bernama Albany, dan akan muncul di Pengadilan Magistrat pada Selasa. Kantor Kejaksaan Agung Bahama mengatakan pihaknya mengharapkan ekstradisinya ke Amerika Serikat.

READ  Harga minyak stabil karena kekhawatiran ekonomi mengimbangi masalah pasokan

Seorang juru bicara Kantor Kejaksaan AS di Manhattan mengkonfirmasi Bankman-Fried telah ditangkap di Bahama tetapi menolak mengomentari tuduhan tersebut.

Jaksa AS mengatakan dakwaan terhadap Bankman Fried disegel dan dakwaan akan dirilis pada hari Selasa. The New York Times melaporkan bahwa dia menghadapi tuduhan penipuan dan pencucian uang. Komisi Sekuritas dan Bursa AS secara terpisah menghapus tuduhan terkait pelanggaran Bankman-Fried terhadap undang-undang sekuritas, kata regulator, Senin.

Bankman Fried dan pengacaranya Mark Cohen tidak segera menanggapi permintaan komentar, begitu pula Sullivan, Cromwell, FTX, Ray dan Binance.

Bankman-Fried mengatakan dia tidak yakin dia memiliki tanggung jawab pidana. “Saya tidak pernah mencoba melakukan penipuan,” kata Bankman-Fried dalam sebuah wawancara pada 30 November di Dealbook Summit New York Times.

industri bore and roll

Kematian FTX mengirimkan gelombang kejutan melalui industri cryptocurrency yang sudah babak belur, yang telah mengalami serangkaian crash tahun ini memusnahkan pemain besar lainnya termasuk Voyager Digital dan Celsius Network.

Pendiri FTX Sam Bankman-Fried berpose untuk foto, di lokasi yang dirahasiakan, dalam selebaran tak bertanggal ini, yang diperoleh Reuters pada 5 Juli 2022. FTX/Handout via REUTERS/File Foto

Mungkin ada lebih banyak masalah di cakrawala untuk industri ini. Reuters melaporkan pada hari Senin bahwa beberapa jaksa Departemen Kehakiman percaya bahwa mereka telah mengumpulkan cukup bukti dalam penyelidikan jangka panjang mereka terhadap Binance untuk mendakwa pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia dan beberapa eksekutif puncaknya.

“Kami tidak memiliki wawasan tentang cara kerja Departemen Kehakiman AS, dan tidak pantas bagi kami untuk berkomentar jika kami melakukannya,” kata juru bicara Binance kepada Reuters tentang artikel tersebut.

Bitcoin datar di $17.150. Ini turun lebih dari 60% tahun ini.

Timur Tengah dan Afrika lalai

Sejak keruntuhan FTX, Bankman-Fried telah memberikan banyak wawancara media di mana dia meminta maaf atas kesalahannya dan menjelaskan apa yang terjadi di perusahaan tersebut, sesuatu yang dikatakan para ahli hukum dapat memungkinkan jaksa untuk menunjukkan ketidakkonsistenan untuk merusak kredibilitasnya di mata juri.

READ  Analis Pasar Senior di Bursa Efek New York tentang data inflasi "buruk" dan apa artinya bagi bisnis Fed di masa depan

“Pembela akan benar-benar dikelilingi oleh pernyataan sebelumnya yang dibuat oleh SBF dan pertanyaan sangat penting yang dijawabnya di media dan media sosial,” kata pengacara pembela pidana dan mantan jaksa federal Renato Mariotti.

Dalam kesaksian tertulisnya, Bankman-Fried mengulangi, “Saya ingin memulai dengan mengatakan dengan sungguh-sungguh, di bawah sumpah: Saya muak.”

Kemudian, dia mulai menjelaskan bagaimana keadaan menjadi buruk di FTX dan dana lindung nilai Alameda Research miliknya, sambil mengkritik Sullivan, Cromwell dan Ray serta saingan berat Binance atas tindakan mereka saat perusahaannya runtuh.

dibawah tekanan

Bankman-Fried, menjelaskan keputusannya untuk mundur dari perannya sebagai CEO FTX dan mempekerjakan Ray, mengatakan bahwa dia ditekan oleh Sullivan, Cromwell dan penasihat umum unit AS FTX, yang katanya adalah mantan pengacara di firma hukum tersebut.

Bankman-Fried mengatakan bahwa kurang dari 10 menit setelah dia menandatangani dokumen pada pukul 4.30 pagi tanggal 10 November untuk menjadikan Ray sebagai CEO FTX, dia telah menerima “potensi tawaran pendanaan multi-miliar dolar”. Bankman-Fried mengatakan dia meminta pengacaranya untuk membatalkan penunjukan CEO setelah beberapa menit, tetapi diberitahu bahwa sudah terlambat untuk melakukannya.

Bankman-Fried mengatakan dia telah terputus dari sistem FTX dan bahwa Ray belum menanggapi emailnya yang menawarkan bantuan atau informasi lainnya.

Bankman-Fried, yang menjadi sosok ikonik dan tidak konvensional yang dikenal karena rambutnya yang acak-acakan, T-shirt dan celana pendeknya selama boom cryptocurrency, mengatakan kekayaan FTX dan perusahaan perdagangannya Alameda telah turun dengan cepat tahun ini karena cryptocurrency runtuh di tengah melonjaknya suku bunga.

Pada akhir 2021, dia mengatakan Alameda memiliki kekayaan bersih lebih dari $50 miliar dan tingkat utang yang dapat dikelola. Ini menjadi tidak berkelanjutan dengan penurunan aset digital.

READ  Mengapa ekonomi AS menyusut pada kuartal pertama 2022

Bankman Fried menulis: “Tahun lalu, kekayaan bersih saya diperkirakan mencapai $20 miliar. Terakhir saya lihat, saya pikir rekening bank saya berisi sekitar $100.000.”

Pelaporan tambahan oleh Jasper Ward di Washington, Luke Cohen dan Jack Quinn di New York, Brian Ellsworth di Miami, dan Angus Berwick di London; Diedit oleh Megan Davies, Paritosh Bansal dan Lincoln Feist

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.