Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dow Jones naik 500 poin karena investor bergembira atas laporan inflasi ringan

Dow Jones naik 500 poin karena investor bergembira atas laporan inflasi ringan

Saham melonjak pada hari Selasa setelah laporan harga konsumen yang lebih lemah dari perkiraan untuk bulan November meningkatkan ekspektasi bahwa inflasi telah mencapai puncaknya.

Dow Jones Industrial Average naik 521 poin, atau 1,5%, secara mengejutkan tepat setelah mencapai angka inflasi. S&P 500 naik 2,3%, sedangkan Nasdaq Composite naik 3,2%.

Itu Indeks harga konsumen naik hanya 0,1% dari bulan sebelumnyadan meningkat sebesar 7,1% dibandingkan tahun sebelumnya, Departemen Tenaga Kerja melaporkan pada hari Selasa. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan kenaikan bulanan sebesar 0,3% dan kenaikan 7,3% untuk periode 12 bulan. Tidak termasuk harga makanan dan energi yang bergejolak, CPI inti naik 0,2% m/m dan 6% y/y, dibandingkan dengan estimasi terkait sebesar 0,3% dan 6,1%.

“Itu adalah kejutan besar dan pasar bereaksi sesuai,” kata Steve Sosnick, kepala strategi di Interactive Brokers. “Hari ini adalah hari di mana seluruh skenario bullish berhasil. Imbal hasil lebih rendah dalam cerita inflasi. Ekuitas seperti kisah Fed yang kurang ketat dan dolar lebih lemah yang juga membantu saham.”

Laporan inflasi hari Selasa dapat memainkan peran utama dalam keputusan kenaikan suku bunga Fed berikutnya yang diharapkan pada penutupan pertemuan kebijakan dua hari pada hari Rabu. Pedagang sebagian besar menghargai kenaikan 50 basis poin, yang merupakan sedikit penurunan dari empat tertinggi sebelumnya. (1 basis poin sama dengan 0,01%).

Prakiraan ini tidak mungkin berubah karena laporan CPI hari Selasa. Angka yang lebih ringan bisa berarti The Fed tidak akan menaikkan suku bunga terlalu tinggi di masa depan, memberi ekonomi kesempatan berjuang untuk menghindari resesi pada tahun 2023.

READ  Sosiopat Peter Thiel Mengetahui Sesuatu yang Tidak Dia Ketahui

“Apakah itu akan mempengaruhi kebijakan Fed besok atau tidak adalah pertanyaan terbuka,” tambah Sosnick. “Reaksi seperti itu berpotensi mengatakan angka itu akan mempengaruhi The Fed. Jika bukan keputusan mereka tentang suku bunga, yang mungkin 50 basis poin, tapi mungkin Anda mendapatkan beberapa pergerakan di bulan-bulan luar.”

Imbal hasil Treasury 10-tahun turun sekitar 15 basis poin setelah laporan CPI turun di bawah 3,5%. Saham teknologi, yang terpukul keras oleh kenaikan inflasi dan suku bunga pada tahun 2022, memimpin kenaikan pada hari Selasa. apelDan MicrosoftDan Amazon Dan alfabet Semua melonjak lebih dari 3%. Netflix Dia juga menambahkan 3%. Tesla keuntungan sekitar 3%.

Keuntungan luas pada hari Selasa, dengan 2.630 saham yang terdaftar di Bursa Efek New York naik, sementara hanya 190 yang jatuh. Dengan kata lain, 14 saham yang terdaftar di New York Stock Exchange diperdagangkan lebih tinggi untuk setiap penurunan.

Dalam S&P 500, 462 saham diperdagangkan lebih tinggi – tanda lain dari perluasan pasar.