Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mantan aktor Empire Jussie Smollett kalah banding di pengadilan

Mantan aktor Empire Jussie Smollett kalah banding di pengadilan

Ia memainkan

Pengadilan banding menguatkan hukuman perilaku tidak tertib pada hari Jumat terhadap aktor Jussie Smollett, yang dituduh melakukan serangan rasis dan homofobik terhadap dirinya sendiri pada tahun 2019 dan berbohong tentang hal itu kepada polisi Chicago.

Smollett, yang tampil di acara TV “Empire”, menantang peran jaksa khusus, pemilihan juri, bukti, dan banyak aspek lain dalam kasus tersebut. Namun semua itu ditolak dengan skor 2-1 oleh Pengadilan Banding Illinois.

Smollett mengatakan kepada polisi bahwa dia adalah korban serangan rasis dan homofobik yang dilakukan oleh dua pria yang mengenakan topeng ski. Pencarian para penyerang dengan cepat berubah menjadi penyelidikan terhadap Smollett sendiri, yang mengarah pada penangkapannya atas tuduhan mendalangi semuanya.

Pihak berwenang mengatakan dia membayar dua pria yang dia kenal dari pengerjaan film Empire, yang pengambilan gambarnya dilakukan di Chicago. Jaksa mengatakan Smollett memberi tahu orang-orang itu apa yang harus diteriakkan, sambil berteriak bahwa dia berada di “Negeri MAGA”, yang merujuk pada slogan kampanye kepresidenan Donald Trump.

“Saya sudah bangun”: Jussie Smollett membantah klaim bahwa dia melakukan kejahatan rasial demi ketenaran

Juri memvonis Smollett pada tahun 2021 atas lima tuduhan kejahatan karena perilaku tidak tertib, sebuah tuduhan yang dapat diajukan di Illinois jika seseorang berbohong kepada polisi.

Dia sekarang harus menyelesaikan 150 hari penjara yang merupakan bagian dari hukumannya. Smollett hanya menghabiskan enam hari di penjara sementara bandingnya menunggu keputusan.

READ  Steve Harvey meminta maaf atas postingan komik yang tidak lucu

Pengacara Smollett, yang berkulit hitam dan gay, secara terbuka mengklaim bahwa dia adalah target sistem peradilan dan tokoh politik yang rasis.

“Kami sedang mempersiapkan untuk membawa masalah ini ke Mahkamah Agung,” kata juru bicara Smollett Holly Byrd, mengacu pada pengadilan tertinggi Illinois. Dia juga mencatat bahwa pendapat di pengadilan banding tidak bulat.

Hakim Banding Frederina Lyle telah membatalkan hukuman tersebut. Dia mengatakan “pada dasarnya tidak adil” untuk menunjuk jaksa khusus dan menuntut Smollett ketika dia telah melakukan pelayanan masyarakat sebagai bagian dari kesepakatan tahun 2019 dengan jaksa Cook County untuk menutup kasus tersebut.

“Masuk akal jika Smollett melakukan tawar-menawar untuk menyelesaikan masalah ini secara menyeluruh, bukan hanya solusi sementara,” kata Lyle.

lagi: Jussie Smollett dinyatakan bersalah atas lima tuduhan mengorganisir serangan rasis anti-gay di Chicago dan berbohong kepada polisi.

Jaksa Khusus Dan Webb ditunjuk untuk menyelidiki mengapa kasus ini dibatalkan. Dewan juri kemudian mengembalikan dakwaan terhadap Smollett pada tahun 2020, dan Webb menyimpulkan ada “penyalahgunaan kebijaksanaan yang signifikan” di kantor kejaksaan negara bagian selama putaran sebelumnya.

Hakim Banding David Navarro dan Mary Ellen Coghlan mengatakan secara mayoritas bahwa Smollett tidak kebal dari tuntutan baru.

“Catatan tersebut tidak memuat bukti bahwa (penuntut) setuju untuk tidak mengadili Smollett lagi dengan imbalan melepaskan jaminannya dan melakukan pelayanan masyarakat,” kata mereka.

lagi: Jussie Smollett merilis lagu “Terima Kasih Tuhan” karena mempertahankan kepolosannya dan menyumbang untuk tujuan tertentu