Oktober 7, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mac Studio adalah pencapaian legendaris

Mac Studio adalah pencapaian legendaris

Pengumuman Apple Mac Studio bisa jadi pada hari Selasa wujudkan mimpi itu Yang telah dipatuhi oleh beberapa pengguna Mac selama dua dekade. Terakhir, ada desktop Mac standar yang lebih bertenaga daripada Mac mini tanpa biaya Mac Pro yang mahal.

Kembali di tahun 90-an dan awal 2000-an, menjadi kutu buku Mac berarti menggunakan Power Mac. Kedatangan iMac asli pada tahun 1998 disambut dengan antusias oleh para kutu buku Mac karena itu berarti Steve Jobs mungkin dapat mengembalikan Apple ke kejayaan setelah tersendat pada pertengahan 1990-an — tetapi tidak satu pun dari mereka yang hanyut dalam menggunakannya sendiri.

Ketika Jobs kembali ke Apple, ia mengawasi perampingan lini produk yang dramatis dan perlu. Desktop Power Mac, model masuk untuk pengguna bertenaga, Menghilang pada tahun 1998. Pilihannya telah menyempit ke iMac yang lemah (dan kemudian, Mac mini) di satu sisi, dan menara Power Mac/Mac Pro yang sangat mahal di sisi lain.

Di antara keduanya, setidaknya untuk pengguna Mac yang kuat, ada gurun pasir. Dan keluar dari gurun adalah fatamorgana yang luar biasa: menara Mac kelas menengah yang legendaris seperti Power Mac lama. Makhluk mitos ini dikenal sebagai xMac.

Lingkup perhatian untuk komputer

Sulit untuk mengatakan kapan dan di mana keluhan tentang kurangnya komputer desktop Mac kelas menengah Apple dimulai, tetapi setidaknya sudah berusia 20 tahun. Sebuah 2005 Ars Technica Setelah John Siracusa Menunjukkan bahwa itu dirancang di forum Mac situs pada tahun 2001 atau sebelumnya.

Terlepas dari itu, tampaknya penghentian Power Mac desktop menciptakan komunitas pengguna Mac yang merasa terjebak di antara iMac dan menara Power Mac yang lebih besar dan lebih mahal. Saya telah bernapas di forum online dan di utas terkait dengan cerita tentang perangkat Apple baru.

READ  Beberapa printer Epson diprogram untuk akhirnya menjadi otomatis

Pengenalan Mac mini pada tahun 2005 memberikan fokus frustrasi yang lebih jelas. Dalam postingannya, Siracusa menolak Mac mini karena terlalu terbatas untuk menjadi alternatif yang layak untuk Power Mac yang mahal, dan menyatakan keinginannya untuk Mac modular yang terjangkau dengan spesifikasi yang dapat dikonfigurasi:

ini yang aku inginkan. Mulailah dengan memilih dua CPU potensial: CPU tercepat yang dijual Apple, dan CPU tercepat kedua. Dalam istilah kontemporer, keduanya akan menjadi prosesor dual core. Bus ekspansi internal juga harus yang terbaik, tetapi dengan kapasitas yang lebih kecil daripada Power Mac….Opsi bangunan harus memperluas permintaan untuk rangkaian lengkap setiap komponen yang dapat dikonfigurasi.

Hadirin sekalian, saya memberi Anda xMac. xMac saya. Mac yang ingin saya beli. Dipendekkan menjadi satu kalimat, itu adalah sama sekali Mac tanpa kepala yang dapat dikonfigurasi yang memperdagangkan peningkatan untuk mengurangi volume dan biaya.

[…] Tapi saya akan senang untuk menyelesaikan: a sepenuhnya dapat dikonfigurasi Mac tanpa kepala memperdagangkan upgrade untuk mengurangi ukuran dan biaya. sebut saja Power Mac MiniJadikan lebih murah dan lebih cepat daripada setidaknya satu model Power Mac, dan berikan versi “Mewah” CPU tunggal tercepat yang tersedia. Ini masih akan kehilangan sebagian penjualan Power Mac, tetapi juga akan memberikan peluang untuk meningkatkan penjualan iMac dan (terutama) pelanggan Mac mini. Itu masih bisa menjadi kemenangan bersih.

Siracusa dengan senang hati mengabaikan perluasan, tetapi bagi banyak pengguna tidak mungkin memisahkan keinginan untuk xMac dengan keinginan untuk Mac bergaya PC modular. Pada tahun 2007, dunia macDan Frakes menulis artikelnya sendiri Memimpikan komputer desktop kelas menengahDan sementara dia sangat bersemangat tentang kemungkinan, dia juga membuat poin penting ini tentang kekeliruan dari semuanya:

Realitas pasar komputer adalah persentase orang yang benar-benar mengupgrade komputer mereka selain menambahkan RAM sangat kecil. Tetapi pada saat yang sama, banyak orang yang tidak akan pernah meng-upgrade PC mereka masih berpikir mereka akan meng-upgrade PC mereka – atau setidaknya menginginkan keamanan dan kenyamanan mengetahui bahwa mereka bisa.

Kebenaran itu menyakitkan. Meskipun demikian, pembeli mobil listrik akan memprioritaskan jangkauan dan jaringan pengisian daya kebenaran Bahwa 95 persen perjalanan kendaraan berjarak 30 mil atau kurang — dan hampir 60 persen kurang dari enam. Kecemasan upgrade komputer adalah sesuatu yang jauh sebelum kecemasan jangkauan EV ada.

25 tahun yang lalu, Apple membuat komputer desktop ukuran sedang modular untuk pengguna yang paling cerdas.
foto: apel

Tentu saja, dua dekade terakhir hampir melenyapkan konsep teknologi yang dapat diupgrade, terutama pada perangkat Apple. Apa yang ada di Mac saat ini adalah apa yang akan Anda miliki — prosesor, memori, penyimpanan, dan GPU — selamanya. Hanya Mac Pro yang mahal yang menawarkan kemampuan upgrade. (Dan berapa banyak yang tersisa saat Anda beralih ke silikon Apple? Hanya Apple yang tahu pasti, tapi Bukti sejauh ini Menyarankan itu tidak akan berarti apa-apa.)

Halaman pertama dari cerita Hackintosh lima halaman untuk Macworld.
Fotografi oleh Jason Snell

Jadi apa yang harus dilakukan oleh penggemar xMac? Banyak dari mereka mencoba membangun Hackintoshes, komputer Intel kustom yang menggunakan komponen yang kompatibel dengan Apple, tempat macOS dapat diinstal. Pada tahun 2008, sebuah perusahaan bernama Psystar Coba jual menara mini yang kompatibel dengan macOSlangsung ke konsumen, hanya untuk menjadi Gugatan yang terlupakan dari apel.

di tahun yang sama, dunia macRob Griffiths untuk menjelaskan Dia membangunnya untuk “Frankenmac” (sinonim untuk Hackintosh yang kami gunakan untuk menghindari Apple yang menjengkelkan) dengan cara ini: “Saya tidak ingin atau membutuhkan mesin dengan layar bawaan, saya tidak membutuhkan Mac delapan inti yang kuat. Pro, tetapi saya ingin Mac saya menjadi lebih cepat dan lebih dapat diperluas daripada mini.”

Ini adalah seberapa buruk pengguna Mac mendambakan sesuatu yang lebih. dunia mac Majalah itu mencurahkan lima halaman fisik untuk sebuah cerita tentang membeli salinan Psystar dan membangun Hackintosh, semuanya untuk membangun Mac yang ditolak Apple.

Komunitas Hackintosh tidak pernah mati; masih di sana pelajaran youtube Tunjukkan cara membuatnya. Namun, perpindahan Mac dari Intel berarti era Hackintosh akan segera berakhir dalam beberapa tahun ke depan.

Mac Pro 2013: Semua Orang Kalah

Kembali pada tahun 2012, penggemar xMac menjadi bersemangat ketika Tim Cook menanggapi email dari pelanggan Apple bernama Franz dengan mengatakan kepadanya bahwa Mac Pro baru akan dirilis pada akhir 2013. Mac Pro lama saya sudah lama digigit. Ini jelas merupakan kesempatan bagi Apple untuk sepenuhnya memikirkan kembali ide desktop Mac!

dunia macFreecs melompat pada cerita, dan disajikan Daftar pesanan yang diperbarui Adapun xMac, menunjuk ke kesenjangan harga yang sangat besar antara Mac mini dan Mac Pro. Sayangnya, Frakes menemukan bahwa akhir 2013 Mac Pro Itu masih hanya pro.

Mac Pro berbentuk silinder dari tahun 2013.
Foto oleh The Verge

Mac Pro tidak hanya memuaskan kerumunan xMac, tetapi juga tidak memiliki skalabilitas internal yang sebenarnya dan memiliki masalah termal yang serius, yang mengakibatkan Catatan mea culpa Di mana Apple berjanji untuk berbuat lebih baik ketika merilis versi Mac Pro berikutnya. Versi ini Dikirim pada akhir 2019 Mulai dari $6000.

Kehilangan layar yang bagus

Selama dua dekade terakhir, iMac telah menjadi produk yang membedakan jarak antara Mac mini dan Mac Pro. Mereka terpaksa membeli SesuatuBanyak juara xMac akhirnya membeli iMac. Saya berpendapat bahwa ini akhirnya mendistorsi iMac, memaksanya untuk Dukungan untuk chip berkualitas tinggi dan fitur lainnya yang terlalu memperumit apa yang dimaksudkan untuk menjadi konsumen all-in-one yang ramah. Itu iMac M1Dengan desainnya yang sederhana dan warna-warna cerah, ini adalah gaya kembali.

Lalu ada hilangnya penawaran yang sangat bagus ini, yang telah lama mengganggu banyak pendukung xMac. Tampilan dapat bertahan sangat lama, dan jika Anda adalah tipe orang yang mengupgrade komputer Anda setiap dua atau tiga tahun, Anda menggunakan monitor yang sangat bagus. Tampaknya hanya sia-sia. (Apple secara singkat memperkenalkan fitur yang disebut Mode Tampilan Target, yang memungkinkan Anda menyalakan iMac dan menggunakannya sebagai tampilan eksternal yang bodoh.)

Pengguna yang bekerja pada Tampilan Mac Studio.

Tampilan Mac Studio dan Studio – Modularitas tanpa kepala lagi.
foto: apel

Dengan pengumuman bukan hanya Mac Studio tetapi Studio Show baru – layar di bawah $5.000 pertama perusahaan dalam lebih dari satu dekade! Apple tampaknya mendapatkan bagian dari pesan filosofi xMac ini dengan benar. Ya, membeli Mac Studio dan monitor terpisah akan jauh lebih mahal daripada iMac – tetapi setidaknya Anda dapat menukar komputer Anda dengan yang baru dalam beberapa tahun. Dan jika Anda sudah memiliki layar di dekat Anda, Anda sudah duduk dengan indah.

Apakah itu penghemat uang yang hebat? Mungkin. Apakah sampahnya berkurang? Ya sedikit. Ini memenuhi setidaknya sebagian dari persyaratan menjadi xMac yang sesuai.

Misa untuk xMac

Hal lucu terjadi dalam perjalanan ke xMac yang akhirnya ada: dunia bergerak dan mimpi ditinggalkan. Saya bertanya kepada pendukung xMac John Siracusa pada tahun 2005 bagaimana perasaannya tentang kedatangan Mac Studio. “Enam belas tahun adalah waktu yang lama,” katanya. “Jika Anda memiliki keinginan yang sama cukup lama, dunia akan berubah dan itu akan membuat keinginan Anda diperdebatkan.”

Mac saat ini, dengan pengecualian Mac Pro berbasis Intel, tidak memiliki kumpulan RAM, slot penyimpanan, atau slot kartu yang dapat dipertukarkan. Dan bahkan Mac Studio tidak memilikinya. “Fakta bahwa kami tidak dapat meningkatkan RAM, kami mendapat manfaat besar dari itu,” Siracusa Dia mengatakan ini minggu lalu di podcastnya. “Apple tidak melakukannya hanya untuk kejam. Memori sangat cepat… itu membuat PC lebih baik.”

Mungkin sulit untuk melepaskan keinginan terobsesi komputer untuk mengutak-atik internal komputer, untuk menerima bahwa manfaat yang kita dapatkan dari Mac terintegrasi yang modern mungkin sebanding dengan kekhawatiran tentang skala pada PC. Sulit untuk melawan sifat manusia.

Tetapi jika Anda melihat lebih jauh, Anda akan melihat ini: Apple sekarang menjual komputer yang cukup kuat untuk memuaskan “pengguna yang kuat”, tetapi harganya tidak mulai dari $6000. Ini tidak ada Masih ada lubang di barisan yang mungkin perlu diisi Mac mini lebih bertenagaTetapi keinginan puluhan tahun bagi pengguna berpengalaman untuk membeli desktop Mac antara Mac mini dan Mac Pro akhirnya menjadi kenyataan.

bahkan mantandunia mac Rob Griffiths, editor dan fanatik xMac, yang merancang “Frankenmac” pada masa itu, membeli Mac Studio minggu ini. Oasis di gurun desktop Mac itu? Ini bukan lagi fatamorgana.