Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lihat mobil konsep perubahan warna baru BMW, i Vision Dee

Bagaimana jika mobil Anda berubah warna berdasarkan suasana hati atau cuaca?

Itulah ide – atau setidaknya salah satu ide – di balik mobil konsep “i Vision Dee” BMW yang baru, sedan sport elektrik berukuran sedang berpanel futuristik yang dapat berubah warna sesuai permintaan.

BMW menggambarkannya sebagai mobil “berubah warna” pertama di dunia. Dee, singkatan dari Digital Emotional Experience, dapat menggilir 32 warna berbeda, Kata perusahaan dalam siaran pers pada hari Kamis, selama pembukaan kendaraan di Consumer Electronics Show 2023 di Las Vegas.

Mobil ini dapat berputar di antara 32 warna eksterior solid yang berbeda, dengan kemampuan mix-and-match karena 240 bilah panel yang berbeda. Ini adalah lompatan besar melewati BMW iterasi sebelumnya Diperkenalkan tahun lalu, yang hanya bisa bergantian antara hitam, putih dan abu-abu.

Seperti kendaraan konsep lainnya, teknologi di balik kemampuan mengubah warna Dee kemungkinan akan jauh dari ketersediaan konsumen. Paparan elemen dalam berkendara sehari-hari—mulai dari pencucian mobil hingga serangga terbang—mencegah panel berteknologi tinggi tampil di dunia nyata, tepi Pemberitahuan Kamis.

Gambar komposit menunjukkan beberapa kemungkinan kombinasi warna dari mobil konsep BMW i Vision Dee yang berubah warna.

Sumber: BMW

Bagi BMW, mobil ini dimaksudkan sebagai gambaran sekilas tentang apa yang bisa menjadi masa depan yang lebih berwarna. “Hal ini memungkinkan variasi dan variasi pola yang tak terbatas dibuat dalam hitungan detik,” kata perusahaan itu dalam siaran persnya, yang menggambarkan pertunjukan cahaya sebagai “pertunjukan warna yang ajaib”.

Kulit terluar Dee adalah film yang terbuat dari e-paper yang dibuat oleh startup bernama E Ink, yang juga membuat teknologi tampilan untuk e-reader dan ponsel. Strip cat mengandung jutaan mikrokapsul dengan pigmen warna berbeda yang berubah warna saat listrik diterapkan.

READ  US SEC ke Elon Musk: Mengenai tweet Anda, kesepakatan adalah kesepakatan

E Ink mengatakan e-paint “sangat rendah”, jadi mengubah warna mobil tidak akan menguras baterai mobil listrik. jumpa pers Kamis.

E Ink juga mengatakan dapat membuat panelnya menjadi bentuk apa pun yang dapat dibayangkan – yang dapat mengarah pada aplikasi seperti tampilan e-reader yang meniru tampilan kertas sebenarnya atau tanda digital dan tampilan jam tangan pintar yang lebih hemat energi.

BMW belum merilis spesifikasi motor atau baterai Dee, tetapi mengatakan mobil uji ini juga dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak futuristik yang akan tersedia di mobil di jalan pada tahun 2025.

Ini termasuk Tampilan Head-Up BMW, kluster instrumen digital yang membentang di seluruh lebar kaca depan. Ini juga berisi slider realitas campuran, a Layar sentuh memungkinkan Anda mengontrol jumlah konten digital yang ditampilkan di dasbor ini, mulai dari kecepatan berkendara dan jangkauan baterai hingga kontrol musik dan pesan teks.

Interior mobil konsep BMW i Vision Dee.

Sumber: BMW