Mei 23, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

LIC, IPO terbesar di India, akan menguji selera investor asing

LIC, IPO terbesar di India, akan menguji selera investor asing

Logo LIC melambai di atas dua pejalan kaki di Mumbai, India, pekan lalu. IPO dari pembayar asuransi jiwa terbesar di negara itu diperkirakan akan menghasilkan $2,7 miliar dalam IPO terbesar di negara itu hingga saat ini.

Barangbe Puneet | aplikasi | Gambar Getty

Life Insurance Corporation, pemain dominan di pasar asuransi jiwa India, membuka penawaran umum perdana (IPO) pada hari Rabu dalam penawaran umum terbesar di negara itu.

Pemerintah menjual 3,5% saham di raksasa asuransi milik negara LIC seharga $ 2,74 miliar. Perusahaan akan menawarkan sekitar 22,13 juta saham untuk antara 902 dan 949 rupee India, atau $ 11,78 hingga $ 12,39 per saham dengan nilai tukar Selasa.

Dipercaya oleh jutaan orang dan dengan jangkauan luas di seluruh negeri, LIC adalah yang kedua setelah deposito bank sebagai surga untuk tabungan di India. Antara 2019 dan 2021, bagian LIC dari tabungan keuangan rumah tangga telah tumbuh 3,4 poin persentase menjadi 19,4%. Ini lebih tinggi dari 16,7% bagian dana pensiun, sementara deposito bank turun 7,1 poin persentase menjadi 29,4% pada periode yang sama.

LIC Monopoli di pasar asuransi India hingga tahun 2000 Itu tetap menjadi pemain dominan, menangkap sekitar dua pertiga dari pasar asuransi jiwa. Pada tahun buku yang berakhir Maret 2021, pangsa pasar perusahaan asuransi jiwa tersebut stabil di 64,14%, sedikit turun dari 66,22% di tahun sebelumnya.

Waktu berlangganan

Tidak ada waktu yang tepat untuk IPO. Mengingat likuiditas yang tinggi di pasar internasional, waktunya sama menguntungkannya dengan waktu apa pun.

Arvind Virmani

Mantan Kepala Penasihat Ekonomi untuk Pemerintah India

Valuasi tersirat perusahaan saat ini sebesar $80 miliar adalah sekitar setengah dari apa yang terjadi di bulan Februari, dan menurun setidaknya sebagian karena kondisi pasar. Sebelumnya telah direncanakan untuk menawarkan 5% saham senilai $8 miliar.

Berbicara kepada CNBC, mantan kepala penasihat ekonomi pemerintah India, Arvind Virmani, menolak waktu IPO dengan buruk.

“Tidak ada waktu yang tepat untuk IPO. Mengingat tingginya likuiditas di pasar internasional, waktunya sama bagusnya dengan waktu lainnya,” katanya.

investor asing

Kompleksitas dan skala penawaran umum perdana LIC menunjukkan niat pemerintah untuk melangkah lebih jauh dari pemerintah sebelumnya.

Suyash Rai

Wakil Direktur dan Rekan, Carnegie India

Berbicara kepada CNBC, Suyash Rai, Wakil Direktur Carnegie India, mengatakan IPO LIC memberikan kesempatan kepada investor lokal dan asing untuk berinvestasi di perusahaan yang menguasai sekitar dua pertiga pasar asuransi jiwa di India. Dia mengatakan bahwa meskipun pencatatan tersebut merupakan “kelanjutan dari kebijakan lama dari pencatatan perusahaan keuangan sektor publik,” LIC masih menonjol.

“Kompleksitas dan ruang lingkup LIC IPO menunjukkan niat pemerintah untuk melangkah lebih jauh dari pemerintah sebelumnya,” kata Ray.

Sebagai tanda komitmennya terhadap reformasi di sektor keuangan, pemerintah tahun lalu mengangkat Kepemilikan asing di asuransi menjadi 74% dari 49%.

Pilihan Saham dan Tren Investasi dari CNBC Pro:

READ  JPMorgan mengatakan rekor harga gas yang tinggi merusak pengeluaran orang Amerika