Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Larry Summers: Perekonomian AS Mungkin Menghadapi “Momen Wile E. Coyote”

Larry Summers: Perekonomian AS Mungkin Menghadapi “Momen Wile E. Coyote”

Mantan Menteri Keuangan Larry Summers mengatakan dalam sebuah wawancara hari Senin bahwa ekonomi AS mungkin menghadapi “momen Wile E. Coyote” karena berusaha menjinakkan inflasi dengan menaikkan suku bunga.

Selama penampilan di “CNN Pagi Ini,” Summers mengatakan kepada co-host Bobby Harlow bahwa dia mengharapkan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga acuan lebih tinggi dari yang diharapkan.

“Ini adalah hal yang berisiko untuk dilakukan karena, secara historis, kita cenderung tidak mampu melakukan soft landing dari inflasi yang signifikan,” kata Summers. “Jadi tebakan saya adalah bahwa pada titik tertentu The Fed akan membayar dan membayar.”

“Kami tidak akan membiarkan inflasi lepas kendali,” tambah Summers. “Tapi dugaan saya adalah bahwa deinflasi akan menyebabkan resesi di beberapa titik, seperti yang selalu terjadi di masa lalu.”

Summers, yang juga menjabat sebagai direktur Dewan Ekonomi Nasional dan kepala ekonom di Bank Dunia, mengatakan ekonomi AS dapat mengalami “momen Wile E. dalam beberapa bulan.”

“Saat ini perusahaan menahan tenaga kerja karena terjadi kekurangan tenaga kerja selama dua tahun terakhir, namun jika hal itu mulai meredup, tekanan untuk mempertahankan tenaga kerja akan berkurang,” katanya.

“Bisa jadi suku bunga pada akhirnya akan berhasil melalui sistem dan, Anda tahu, itu akan berdampak besar pada pekerjaan, misalnya, konstruksi rumah. Jadi, Anda memiliki berbagai dinamika yang dapat terjadi.”

READ  Aktivitas Pabrik China Siap Mengejutkan Pertumbuhan Di Bulan Mei - Caixin PMI