Mei 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

KTT G7 di Jepang menunggu kedatangan Zelensky karena para pemimpin juga mengalihkan fokus mereka ke risiko China

KTT G7 di Jepang menunggu kedatangan Zelensky karena para pemimpin juga mengalihkan fokus mereka ke risiko China

(CNN) Para pemimpin dunia yang berkumpul di Jepang berjanji untuk “menghadapi pemaksaan ekonomi” pada hari Minggu dalam peringatan terselubung terhadap China, sementara secara langsung menargetkan Rusia setelah invasi ke Ukraina ketika Presiden Volodymyr Zelensky tampil dramatis.

Pembicaraan G7 di Hiroshima mencari titik temu dalam berbagai isu global, termasuk bagaimana menghadapinya. Tentara Beijing tumbuh Dan tekanan ekonomi serta perang di Eropa.

Perbedaan tetap ada antara Amerika Serikat dan Eropa tentang bagaimana mengelola hubungan mereka yang semakin penuh dengan China, ekonomi terbesar kedua di dunia.

Tetapi kelompok tersebut mengeluarkan pernyataan bersama pada hari Minggu mengecam apa yang disebut para pemimpin sebagai “peningkatan yang mengkhawatirkan dalam insiden pemaksaan ekonomi yang berupaya mengeksploitasi kerentanan dan ketergantungan ekonomi.”

“Kami akan bekerja sama untuk memastikan bahwa upaya mempersenjatai ketergantungan ekonomi dengan memaksa kepatuhan dan kepatuhan anggota G7 dan mitra kami, termasuk ekonomi kecil, gagal dan menghadapi konsekuensi,” kata kelompok itu.

Rusia tetap menjadi fokus utama pada pertemuan akhir pekan ini, yang dilengkapi dengan kejutan drama tambahan dengan penampilan Zelensky, yang akan berbicara kepada para pemimpin. secara pribadi pada hari Minggu.

“Jepang. G7. Pertemuan penting dengan mitra dan sahabat Ukraina. Keamanan dan kerja sama yang ditingkatkan untuk kemenangan kita. Perdamaian akan semakin dekat hari ini,” tulis Zelensky di Twitter, beberapa saat setelah pesawat pemerintah Prancis yang membawa pemimpin masa perang itu mendarat di bandara Hiroshima.

Kehadirannya menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk menjaga persatuan Barat dalam menghadapi agresi Rusia. Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa dukungan politik Ukraina mungkin berkurang, menambah urgensi seruan Zelensky untuk senjata yang lebih canggih dan sanksi yang lebih keras terhadap Moskow.

Pada pertemuan G7 hari Jumat, Biden mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa dia menolak untuk memasok Ukraina dengan jet tempur F16 dan akan melatih pilot Ukraina di Amerika Serikat, sebuah kemajuan besar dalam dukungan militer AS ke negara tersebut.

READ  China sedang bersiap untuk melonggarkan pembatasan virus corona setelah seminggu protes bersejarah

Biden diperkirakan akan mengungkap paket bantuan militer senilai $375 juta untuk Ukraina setelah mendengar pertemuan puncak dari Zelensky, kata pejabat yang mengetahui masalah tersebut.Tetapi para pemimpin bergulat dengan berbagai masalah di luar negara yang dilanda perang selama pembicaraan mereka, termasuk iklim. Perubahan dan Teknologi Kecerdasan Buatan yang Muncul.

Pendekatan bersama ke China?

Topik tentang China juga memiliki makna baru dengan Beijing meningkatkan provokasi militernya atas Taiwan dan Laut China Selatan.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, mengatakan pernyataan itu akan mencantumkan “elemen kunci yang disepakati semua negara G7 ketika berurusan dengan” China. Dia mengatakan bahasanya akan langsung daripada bermusuhan, dan dia tidak mengatakan apa pun dalam dokumen yang akan mengejutkan Beijing.

Pembantu Biden mengatakan mereka berharap untuk muncul dari KTT minggu ini setelah mengumpulkan sekutu Amerika seputar pendekatan umum ke Beijing, mengakui bahwa setiap negara akan berurusan dengan China dengan caranya sendiri.

Pernyataan bersama yang akhirnya dirilis pada hari Minggu tidak secara khusus menyebut China—dengan referensi eksplisit ke Rusia—namun audiens yang dituju jelas adalah kepemimpinan Beijing.

Para pemimpin menyerukan untuk memperkuat ketahanan rantai pasokan, menanggapi “subsidi industri yang berbahaya”, dan melindungi teknologi sensitif yang penting untuk keamanan nasional — semua area di mana para pemimpin telah menyatakan keprihatinannya dalam beberapa tahun terakhir terkait praktik ekonomi China.

Para pemimpin dan pejabat Barat lebih langsung membingkai tindakan tersebut sebagai tanggapan atas ancaman China dalam komentar yang dibuat tentang pernyataan tersebut.

Menjelang rilisnya pada hari Sabtu, Inggris mengeluarkan pernyataan tentang langkah-langkah G7 melawan pemaksaan ekonomi, yang mencatat penggunaan China atas “kekuatan ekonominya untuk memaksa negara-negara termasuk Australia dan Lituania atas perselisihan politik.”

Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Downing Street, yang juga merujuk pada “persenjataan” Rusia. pasokan energi di Eropa.

READ  Diagnosis kanker yang ditegakkan Raja Charles menyoroti waktu tunggu panjang yang dihadapi banyak orang di Inggris

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyambut baik tindakan G7 dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa negara-negara harus “sadar akan risiko mempersenjatai keterkaitan”, tetapi dia “mendesak untuk tidak mengambil risiko dan tidak melepaskan diri” – sebuah istilah yang biasa dia tunjukkan. bagaimana UE harus mendekati hubungan ekonominya dengan China.

Tahun lalu, Uni Eropa meluncurkan kasus di Organisasi Perdagangan Dunia yang menuduh Beijing melakukan “praktik perdagangan diskriminatif terhadap Lituania,” menyusul kecaman Beijing atas kebijakan negara Baltik terhadap Taiwan, pulau demokratis yang diklaim oleh Partai Komunis China sebagai miliknya.

Cina masih merupakan wilayah di mana terdapat perbedaan yang signifikan. Misalnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bulan lalu bahwa Eropa tidak boleh mengikuti Amerika Serikat dalam perang dengan China. Banyak negara Eropa waspada untuk mengurangi hubungan ekonomi dengan Beijing.

Namun, Biden dan rekan-rekan pemimpinnya memiliki banyak kesamaan.

“Seperti yang telah kami tekankan sebagai Amerika Serikat, semua G7 ingin mengurangi risiko, bukan memisahkan, dari China,” kata seorang pejabat senior AS.

“Dan Anda juga akan melihat bahwa kita semua sepakat dalam prinsip-prinsip yang akan memandu masing-masing hubungan dengan cara lain,” lanjut pejabat itu, merujuk pada keprihatinan kolektif tentang hak asasi manusia, praktik ekonomi, dan teknologi yang berkembang.

China telah mundur sebelum diskusi G7, dengan kementerian luar negerinya pada hari Kamis menerbitkan dokumen 5.000 kata lebih di situs webnya yang berasal dari Kuba tahun 1960-an untuk mengutip apa yang digambarkannya sebagai contoh “diplomasi AS yang memaksa dan penerapannya”. Kerusakan.”

“Amerika Serikat sering menuduh negara lain menggunakan status kekuatan besar, kebijakan koersif, dan pemaksaan ekonomi untuk menekan negara lain agar tunduk dan terlibat dalam diplomasi koersif,” kata juru bicara kementerian luar negeri Wang Wenbin pada konferensi pers reguler di Beijing, Jumat.

“Yang benar adalah bahwa Amerika Serikat adalah asal dari diplomasi koersif. Hanya Amerika Serikat dan Amerika Serikat yang memiliki hak cipta untuk diplomasi koersif,” katanya, seraya menambahkan bahwa China “tidak menyukai pemaksaan dan intimidasi.”

READ  AS dan Taiwan: Mengapa begitu banyak anggota Kongres menuju ke Taipei?

Perubahan iklim juga akan mempengaruhi pertemuan hari Sabtu, dengan pernyataan bersama yang diharapkan dari para pemimpin G7 untuk mempercepat transisi energi bersih.

“Kami mengambil elemen agenda Presiden Biden ini … dan fokusnya pada aksi iklim dan pekerjaan yang baik sebagai pelengkap dan menjadikannya cetak biru untuk aksi G7 yang lebih luas,” kata pejabat senior itu, menguraikan komitmen “mendalam” dari negara-negara G7 lainnya. .

Para pemimpin juga akan menghadiri acara yang bertujuan untuk meningkatkan investasi infrastruktur di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, sebagai langkah melawan Inisiatif Sabuk dan Jalan China.

Biden menyeimbangkan pembicaraan pemimpin dunia dengan pembaruan dari Konfrontasi atas plafon utang AS Di Washington — sebuah “topik menarik” pada pertemuan puncak presiden, menurut Sullivan.

“Negara-negara ingin merasakan bagaimana negosiasi ini berjalan. Dan presiden telah menyatakan keyakinannya bahwa menurutnya kita dapat sampai pada kesimpulan di mana kita menghindari default, dan sebagian alasan dia akan pulang besok, daripada melanjutkan yang lain.” perjalanan, Dia sehingga dia dapat membantu memimpin upaya untuk membawanya pulang.”

Berbicara kepada wartawan saat dia bertemu dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di sela-sela KTT G7 di Jepang, Biden mengatakan dia “sama sekali tidak peduli” tentang negosiasi dengan House Republicans untuk menghindari default.

“Ini dilakukan secara bertahap,” kata Biden, “Saya pernah terlibat dalam negosiasi ini sebelumnya.”

Biden, yang meninggalkan makan malam para pemimpin Jumat pagi untuk kembali ke hotelnya untuk menerima informasi tambahan dari staf, terus diberi pembaruan tentang negosiasi yang sedang berlangsung di Washington.

Kisah ini telah diperbarui dengan perkembangan tambahan.

Phil Mattingly dari CNN berkontribusi pada laporan ini.