Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Korban tewas akibat gempa bumi di Indonesia naik menjadi 310, lebih dari 36.000 mengungsi

Jumlah gempa bumi yang melanda Indonesia Ketika penyelamat menemukan 310 orang terkubur di bawah reruntuhan awal pekan ini, kata para pejabat kepada The Associated Press pada hari Jumat.

Para pejabat mengatakan sedikitnya 24 orang hilang.

titik fokus Gempa bumiGempa bermagnitudo 5,6 melanda wilayah Cianjur di provinsi Jawa Barat pada kedalaman 10 km. Para pejabat memperkirakan sedikitnya 56.000 rumah rusak akibat gempa dan sedikitnya 36.000 warga mengungsi.

Pada hari Jumat, mayat ditemukan di dua daerah di distrik Siangjur, di mana tanah longsor yang dipicu gempa menumpuk berton-ton tanah, batu dan pohon yang patah, Henry Alfianti, kepala badan pencarian dan penyelamatan nasional Indonesia, mengatakan kepada AP.

Suhariando, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, mengatakan pencarian lebih banyak jenazah akan dilanjutkan sampai tim penyelamat mulai membangun kembali.

“Kami akan melakukannya sampai orang terakhir. Tidak ada kekurangan tenaga, semangat atau peralatan,” kata Suhariando.

Indonesia sering mengalami aktivitas seismik dan vulkanik, yang menyebabkan gempa bumi dan tsunami. Ini karena posisinya di Cincin Api Pasifik tempat lempeng tektonik bertabrakan.

Pada tahun 2004, gempa berkekuatan 9,1 skala Richter melanda lepas pantai Sumatera, memicu tsunami yang menewaskan sekitar 2,2 lakh orang di wilayah tersebut. 1,7 lakh orang meninggal di Indonesia.

Pada tahun 2018, gempa bumi berkekuatan 7,5 dan tsunami melanda pulau Sulawesi di Indonesia, menyebabkan lebih dari 4.300 orang tewas atau hilang.

Pada tahun 2021, gempa berkekuatan 6,2 melanda provinsi Sulawesi Barat, menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai hampir 6.500 orang.