Mei 30, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Klaim pengangguran mingguan AS naik; Biaya tenaga kerja meningkat ketika produktivitas menurun

  • Klaim pengangguran mingguan meningkat dari 13.000 menjadi 242.000
  • Klaim lanjutan turun 38.000 menjadi 1,805 juta
  • Produktivitas menurun pada tingkat 2,7% pada kuartal pertama

WASHINGTON (Reuters) – Jumlah orang Amerika yang mengajukan aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran meningkat minggu lalu karena pasar tenaga kerja secara bertahap mengetat di tengah suku bunga yang lebih tinggi, memperlambat permintaan dalam perekonomian.

Tetapi biaya pinjaman bisa tetap tinggi untuk beberapa waktu, karena data lain pada hari Kamis menunjukkan biaya tenaga kerja naik pada kuartal pertama karena produktivitas pekerja turun. The Fed menaikkan suku bunga acuan semalam sebesar 25 basis poin lagi ke kisaran 5,00%-5,25% pada hari Rabu, dan mengindikasikan akan menghentikan kenaikan lebih lanjut, meskipun mempertahankan bias hawkish.

“Pasar tenaga kerja terus mengalami kondisi yang sangat menantang, tetapi klaim yang terus meningkat sekarang dan potensi kenaikan sebagai akibat dari pengumuman PHK yang meluas bisa menjadi langkah pertama menuju kondisi pasar tenaga kerja yang lebih seimbang,” kata Stuart Hoffman, perwakilan perusahaan. kepala operasi. Penasihat ekonomi di PNC Financial di Pittsburgh, Pennsylvania.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara bagian meningkat sebesar 13 ribu menjadi 242 ribu yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 29 April. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 240.000 klaim di minggu terakhir. Klaim yang belum disesuaikan turun 5.518 menjadi 219.619 minggu lalu.

Ada peningkatan pengajuan di Kentucky dan Massachusetts serta keuntungan penting di California, yang mengimbangi penurunan 9.358 di New York karena peningkatan klaim di negara bagian dibatalkan dari liburan musim semi.

Klaim telah terhenti di ujung atas kisaran 194.000-247.000 tahun ini, yang mencerminkan kenaikan PHK karena kelambatan dan efek kumulatif dari kampanye kenaikan suku bunga tercepat bank sentral AS sejak 1980-an mulai terlihat di luar pasar perumahan dan teknologi. sektor.

READ  Apa yang diharapkan dalam laporan pendapatan identifikasi

Namun, pasar kerja tetap ketat. Pemerintah melaporkan pada hari Selasa bahwa ada 1,6 pekerjaan untuk setiap orang yang menganggur pada bulan Maret, jauh di atas kisaran 1,0-1,2 yang menurut para ekonom sesuai dengan pasar pekerjaan yang tidak menghasilkan banyak inflasi.

“Pasar tenaga kerja tetap sangat ketat,” kata Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada konferensi pers pada hari Rabu, tetapi mencatat bahwa ada “beberapa tanda penawaran dan permintaan pasar tenaga kerja kembali ke keseimbangan yang lebih baik.”

Laporan klaim menunjukkan jumlah orang yang menerima tunjangan setelah minggu pertama dari Help, proxy untuk pekerjaan, turun 38.000 menjadi 1,805 juta selama pekan yang berakhir 22 April. Itu adalah penurunan terbesar dalam apa yang disebut klaim berkelanjutan sejak Juli lalu, menunjukkan beberapa pekerja yang di-PHK mencari pekerjaan dengan cepat.

Saham AS dibuka lebih rendah. Dolar naik terhadap sekeranjang mata uang. Harga obligasi Treasury AS turun.

PHK Meningkat

Laporan klaim tidak ada kaitannya dengan laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat oleh pemerintah untuk bulan April, yang jatuh tempo pada hari Jumat, karena berada di luar periode survei.

Menurut survei ekonom Reuters, non-farm payrolls mungkin meningkat 180.000 bulan lalu setelah naik 236.000 di bulan Maret. Tingkat pengangguran diperkirakan akan naik menjadi 3,6% dari 3,5% di bulan Maret.

Sebuah laporan terpisah dari perusahaan kepegawaian global Challenger, Gray & Christmas pada hari Kamis menunjukkan bahwa pemberi kerja AS mengumumkan 66.995 PHK pada bulan April, turun 25% dari bulan Maret. Namun, PHK melonjak 176% dibandingkan April tahun lalu.

Meskipun pasar tenaga kerja melonggar, yang dapat membantu memperlambat pertumbuhan upah, produktivitas pekerja yang lebih rendah kemungkinan akan menjaga tekanan inflasi tetap kuat.

READ  Penghapusan Twitter, pendapatan Disney, CPI ke atas minggu depan

Produktivitas nonpertanian, yang mengukur output per jam per pekerja, turun pada tingkat tahunan sebesar 2,7% pada kuartal pertama, setelah naik pada kecepatan 1,6% pada periode Oktober-Desember, Departemen Tenaga Kerja mengatakan dalam laporan lain Kamis.

Ekonom memperkirakan bahwa produktivitas akan menurun pada tingkat 1,8%. Itu turun pada kecepatan 0,9% dari tahun lalu, menandai kuartal kelima di mana produktivitas menurun dari tahun ke tahun.

Biaya tenaga kerja per unit – harga tenaga kerja per unit output – meningkat pada tingkat 6,3% setelah meningkat pada kecepatan 3,3% pada kuartal keempat. Biaya tenaga kerja unit meningkat rata-rata 5,8% dibandingkan tahun lalu. Biaya tenaga kerja meningkat terlalu cepat untuk memenuhi target inflasi federal sebesar 2%.

“Potensi penghentian suku bunga oleh Fed sepenuhnya bergantung pada kemajuan lebih lanjut yang dibuat dalam mengurangi tekanan inflasi,” kata Sal Guattieri, kepala ekonom di BMO Capital Markets di Toronto. “Laporan hari ini menunjukkan sebaliknya.”

(Laporan oleh Lucia Mutecani) Disunting oleh Paul Simao

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.