Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ketua Tesla mengecam kritik hakim atas ‘kurangnya’ pengawasan Elon Musk – ‘Ini omong kosong’

Ketua Tesla mengecam kritik hakim atas ‘kurangnya’ pengawasan Elon Musk – ‘Ini omong kosong’

CEO Tesla Robin Denholm, salah satu… Keberuntungan Sebagai wanita yang paling berkuasa, dia tidak berbasa-basi ketika menanggapi kritik hakim Delaware terhadap pengawasan dewan – dan juga pengawasannya sendiri – terhadap CEO Elon Musk.

Dalam sebuah wawancara dengan Waktu keuanganKeputusan tersebut membahas paket kompensasi bersejarah Musk senilai lebih dari $50 miliar dan keputusan pengadilan Delaware pada bulan Januari yang membatalkannya, dengan hakim menyebut pengawasan dewan tersebut “tidak bijaksana.”

Hakim juga memilih Denholm yang berbasis di Australia, dengan mengatakan dia juga “kurang tertarik” dan menyatakan dia tidak cukup obyektif karena rejeki nomplok $280 juta yang “mengubah hidup” yang dia peroleh dengan menjual opsi saham Tesla pada tahun 2021 dan 2022. .

“Ini tidak masuk akal,” kata Denholm. kaki. “Aku harus mencari kata itu…. Aku akan memberitahumu, siapa pun yang mengenalku, tahu bahwa aku tidak lemah, karena sekarang aku tahu apa arti kata itu. Dan itu mungkin hal yang paling jauh dari kebenaran. Saya sangat rajin dan sangat rajin dalam apa yang saya lakukan.”

Dia membenarkan penghargaan sahamnya dengan berulang kali membela paket kompensasi Musk, dengan mengatakan bahwa saham tersebut naik seiring dengan peningkatan kinerja perusahaan.

Denholm menambahkan bahwa alih-alih mengaburkan objektivitasnya, kekayaan besar yang dihasilkan dari penjualan opsi sahamnya justru meningkatkan kemandiriannya.

“Jika saya tidak setuju dengan sesuatu yang terjadi di perusahaan, saya bisa berangkat besok,” katanya. “Fakta bahwa Anda menjual saham membuat Anda lebih mandiri secara finansial.”

Untungnya, dia menyebut klaim hakim Delaware bahwa dia terlalu dekat dengan Musk sebagai “BS mutlak”.

Tesla menunjuk Denholm ke dewan direksi pada tahun 2014 dan menunjuknya sebagai ketua pada tahun 2018, setelah tweet “pendanaan aman” Musk yang terkenal mengatakan bahwa dia akan menjadikan perusahaan itu privat dengan harga $420 per saham.

READ  Singapore Solar membuka pabrik bernilai miliaran dolar di Albuquerque

Dalam penyelesaian dengan SEC atas tweet tersebut, Musk harus mengundurkan diri sebagai ketua, membayar denda, dan mendapatkan persetujuan atas tweet tersebut dari pengacara Tesla.

Denholm mengaku kaki “Kami mengalami perbincangan yang sulit mengenai tweet tersebut,” namun dia menolak gagasan bahwa dia adalah pengasuh Musk.

“Bagi saya, peran ketua adalah memastikan dewan memiliki hubungan baik dengan CEO dan tim eksekutif,” katanya. “Kami berada di sana atas nama pemegang saham untuk memastikan bahwa manajemen melakukan tugasnya, dan tugas utamanya adalah meningkatkan nilai pemegang saham dari waktu ke waktu.”

Baru-baru ini, dia dan anggota dewan lainnya berusaha memenangkan pemegang saham menjelang pertemuan tahunan Tesla pada 13 Juni, yang mungkin penting bagi masa depan perusahaan. Faktanya, meskipun Musk enggan melakukan pemasaran, Tesla telah membeli iklan untuk membujuk pemegang saham agar mendukung langkah Tesla untuk membangun kembali bisnisnya di Texas, dan meratifikasi paket gaji Musk yang memecahkan rekor mulai tahun 2018.

Dalam pernyataan proksi yang menyerukan pemegang saham untuk bertemu, Denholm menulis bulan lalu bahwa suara “ya” pada paket pembayaran akan “memulihkan demokrasi pemegang saham di Tesla.”

Dia menambahkan: “Karena pengadilan Delaware keberatan dengan keputusan Anda, Elon belum dibayar untuk pekerjaannya di Tesla selama enam tahun terakhir, yang telah membantu mencapai pertumbuhan signifikan dan nilai pemegang saham,” mengingat masalah tersebut “adalah masalah yang memprihatinkan. .” “Keadilan dasar dan rasa hormat terhadap CEO kami.”

Pertemuan tersebut terjadi di masa sulit bagi Tesla, karena penjualan mobil listrik melambat di tengah persaingan yang ketat, sementara harga saham turun dari level tertinggi di era pandemi dan perusahaan melakukan PHK terhadap karyawannya.

READ  Dow menutup lebih dari 150 poin. Saham menghasilkan keuntungan untuk minggu liburan
Berlangganan buletin Eye on AI untuk terus mendapat informasi tentang bagaimana AI membentuk masa depan bisnis. Daftar gratis.