Februari 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kesepakatan awal telah dicapai untuk melanjutkan transit biji-bijian di Ukraina dengan 5 negara UE

Kesepakatan awal telah dicapai untuk melanjutkan transit biji-bijian di Ukraina dengan 5 negara UE

BRUSSELS (Reuters) – Komisi Eropa mengatakan pada Jumat bahwa mereka telah mencapai kesepakatan prinsip untuk mengizinkan transit biji-bijian Ukraina dilanjutkan melalui lima negara Uni Eropa yang telah memberlakukan pembatasan.

Bulgaria, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia telah menyatakan keprihatinan bahwa biji-bijian dari Ukraina yang dimaksudkan untuk diekspor ke negara lain berakhir di pasar dalam negeri mereka, sehingga menurunkan harga bagi petani lokal.

Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis tweeted bahwa eksekutif Uni Eropa telah mencapai “kesepakatan prinsip” dengan lima negara untuk “mengatasi keprihatinan para petani di negara-negara tetangga Uni Eropa dan Ukraina”.

Dia mengatakan kesepakatan itu termasuk “tindakan pencegahan” untuk empat produk: gandum, jagung, rapeseed, dan biji bunga matahari. Dia tidak memberikan rincian lainnya.

Dombrovskis mengatakan kesepakatan itu juga mencakup paket dukungan 100 juta euro ($110,25 juta) untuk petani lokal.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dia berbicara pada hari Jumat dengan Charles Michel, presiden Dewan Eropa, untuk menyampaikan keprihatinannya tentang apa yang dia gambarkan sebagai larangan ekspor produk pertanian yang menghancurkan.

“Ini memberi Kremlin harapan yang berbahaya, harapan bahwa keputusan salah seseorang di rumah kita bersama di Eropa dapat mengalahkan kepentingan bersama,” katanya dalam sebuah pidato video.

Kelima negara tersebut telah menjadi jalur transit biji-bijian Ukraina yang tidak dapat diekspor melalui pelabuhan negara tersebut di Laut Hitam akibat invasi Rusia.

Kemudian kemacetan menjebak jutaan ton biji-bijian di negara-negara yang berbatasan dengan Ukraina, memaksa petani lokal untuk bersaing dengan masuknya impor murah Ukraina yang menurut mereka mendistorsi harga dan permintaan.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan kesepakatan itu “mempertahankan kapasitas ekspor Ukraina sehingga terus memberi makan dunia dan mata pencaharian petani kami.”

READ  Putin menegaskan 99,9% orang Rusia bersedia 'mengorbankan segalanya'

($1 = 0,9070 euro)

(Laporan oleh Andrew Gray, Sudeep Kar-Gupta); Diedit oleh Sandra Mahler

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.