Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kesalahan komputer dari luar angkasa

Kesalahan komputer dari luar angkasa

Upaya besar untuk melindungi pusat data dari sinar kosmik, misalnya dengan melapisinya dengan timah, akan sangat mahal. Lebih mudah dan lebih murah untuk menyimpan cadangan data yang didistribusikan secara geografis. Jika yang terburuk terjadi, klien dapat dialihkan ke server cadangan, kata Grayson.

Tetapi untuk beberapa aplikasi, sinar kosmik dianggap serius. Pertimbangkan tumpukan elektronik di pesawat modern yang menghubungkan kontrol pilot ke kemudi, misalnya. Produsen kedirgantaraan dan pertahanan utama menggunakan komponen yang tahan terhadap beberapa efek sinar kosmik, kata Tim Morin, rekan teknis di Microchip Semiconductor. Perusahaannya termasuk di antara mereka yang memasok bahan-bahan ini.

“Ini hanya kebal terhadap gangguan dalam satu peristiwa yang disebabkan oleh neutron,” katanya. “Kami tidak terpengaruh oleh itu.”

Moran menolak untuk merinci dengan tepat pendekatan apa yang telah diambil perusahaannya untuk membuat chip komputer yang tidak terpengaruh oleh interferensi neutron, kecuali untuk mengatakan itu masalah bahan dan desain sirkuit.

Jelas, tidak setiap aplikasi membutuhkan perlindungan tingkat tinggi seperti itu. Ini juga tidak mungkin untuk mencapai ini dengan setiap jenis memori komputer, Morin menambahkan. Tetapi untuk organisasi yang menempatkan pesawat dan satelit di atas kepala kita, ini jelas merupakan pertimbangan penting.

Teknologi yang hampir kita semua andalkan sekarang memiliki berbagai tingkat risiko yang terkait dengannya. Tetapi penting untuk dicatat bahwa karena transistor dalam chip komputer menjadi lebih kecil di semikonduktor yang lebih baru dan lebih maju, Mereka menjadi lebih rentan terhadap interferensi elektromagnetiksangat.

“Biaya untuk membalikkan kondisi lebih kecil,” jelas Rich. Jika hanya diperlukan muatan yang sangat kecil, maka peluang partikel subatomik dirangsang oleh muatan seperti itu pada prinsipnya meningkat. Selain itu, ada peningkatan jumlah chip komputer, di perangkat dari telepon ke mesin cuci. “Total area yang bisa rusak meningkat secara signifikan,” kata Rich. Hujan subatom yang jatuh di perangkat kami memiliki lebih banyak target daripada sebelumnya.

READ  SpaceX baru saja melakukan tiga peluncuran dalam 36 jam

Konsekuensi dari ini bisa mengerikan, tetapi sejauh ini, sulit untuk mengetahui sejauh mana hal ini dapat membahayakan kita atau sistem yang mengatur dunia modern. Bagi Marie-Moe, perilaku aneh alat pacu jantungnya dalam perjalanan ke Amsterdam enam tahun lalu menyebabkan peningkatan pengetahuan tentang perangkat yang sangat penting bagi fungsi jantungnya yang sehat. tetapi Bantu temukan Dalam kerentanan keamanan siber alat pacu jantung.

Jika neutron liar benar-benar berada di balik itu semua, itu adalah reaksi berantai. Jadi setidaknya bisa ada hasil positif dari fluktuasi kecil, sekaligus hasil yang menakutkan.

“Saya sangat senang ini terjadi pada saya,” katanya.

Bergabunglah dengan 1 juta penggemar Masa Depan dengan menyukai kami Facebookatau ikuti kami Twitter atau Instagram.

Jika Anda menyukai cerita ini, Berlangganan buletin mingguan bbc.comyang disebut “Daftar Esensial” – kumpulan cerita yang dipilih dengan cermat dari BBC masa depanDan budayaDan Kehidupan kerjaDan Bepergian Dan lebih awal Dikirim ke kotak masuk Anda setiap hari Jumat.