September 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kepulauan Solomon melarang semua kapal angkatan laut dari pelabuhan sampai operasi baru dimulai

Kepulauan Solomon melarang semua kapal angkatan laut dari pelabuhan sampai operasi baru dimulai

Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavari, menyampaikan pidato jarak jauh ke sesi ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui video yang telah direkam sebelumnya di New York City, AS, 25 September 2021. REUTERS/Eduardo Munoz/Pool

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

SYDNEY (Reuters) – Kepulauan Solomon telah menangguhkan masuknya kapal angkatan laut asing ke perairannya sambil menunggu proses baru untuk menyetujui kunjungan pelabuhan, dalam upaya untuk lebih memantau ekonomi eksklusifnya, kata Kantor Perdana Menteri, Selasa. Daerah.

Langkah tersebut menyusul insiden pekan lalu ketika kapal Penjaga Pantai AS, Oliver Henry, tidak dapat melakukan kunjungan rutin ke pelabuhan karena pemerintah tidak menanggapi permintaannya untuk pengisian bahan bakar dan pasokan.

“Kami telah meminta mitra kami untuk memberi kami waktu untuk meninjau dan menerapkan prosedur baru kami sebelum mengirim permintaan lebih lanjut untuk kapal militer untuk memasuki negara itu,” kata Perdana Menteri Maniseh Sogavary dalam sebuah pernyataan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Ini umumnya akan berlaku untuk semua kapal angkatan laut yang berkunjung,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email ke Reuters oleh kantornya.

Sugavari menambahkan bahwa dia ingin membangun kapasitas nasional untuk memantau zona ekonomi eksklusif negara kepulauan Pasifik itu.

Dalam pidatonya pada Selasa sore untuk menyambut kunjungan kapal rumah sakit AS Mercy, Sugavary mengatakan bahwa keterlambatan Oliver Henry minggu lalu disebabkan oleh informasi yang tidak dikirim ke kantornya tepat waktu.

Pernyataan itu mengatakan pihaknya juga mengkonfirmasi penundaan dalam menyetujui masuknya kapal angkatan laut Inggris Spy, yang juga telah membatalkan pelayarannya ke pelabuhan yang direncanakan.

READ  Rusia bisa gagal bayar utangnya dalam beberapa hari

Ia menambahkan bahwa sebagai akibat dari dua insiden itu, Kepulauan Solomon sedang meninjau prosedur persetujuannya.

Sebelumnya, Kedutaan Besar AS di ibu kota Australia, Canberra, mengatakan bahwa Kepulauan Solomon menginformasikan untuk menghentikan masuknya kapal Angkatan Laut ke pelabuhannya.

“Pada 29 Agustus, Amerika Serikat menerima pemberitahuan resmi dari Pemerintah Kepulauan Solomon mengenai penghentian semua kunjungan angkatan laut, menunggu pembaruan dalam prosedur protokol,” kata kedutaan dalam sebuah pernyataan.

Al-Rahma tiba sebelum tinggal, kata kedutaan, menambahkan bahwa mereka sedang memantau situasi.

Kepulauan Solomon memiliki hubungan yang tegang dengan Amerika Serikat dan sekutunya sejak pakta keamanan dibuat dengan China tahun ini. Baca lebih banyak

Oliver Henry berpatroli untuk perburuan liar Pasifik Selatan untuk Badan Perikanan Regional pada saat itu berusaha masuk untuk mengisi bahan bakar di Honiara, ibu kota Solomon. Baca lebih banyak

Pada hari Senin, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS menyebut kurangnya otorisasi Oliver Henry “sangat disayangkan,” mengatakan Amerika Serikat senang bahwa Mercy telah menerima persetujuan.

Secara terpisah, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan sangat disayangkan bahwa “kami telah melihat upaya China untuk mengintimidasi dan memaksa negara-negara di seluruh Indo-Pasifik untuk membuat klaim mereka dan melayani apa yang mereka yakini sebagai kepentingan keamanan nasional egois mereka, bukan daripada kepentingan yang lebih luas dari wilayah Samudra.” Hindia dan Pasifik bebas dan terbuka.”

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Kirsty Needham di Sydney dan Michael Martina di Washington); Diedit oleh Himani Sarkar dan Clarence Fernandez

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  50 warga sipil lainnya diselamatkan dari pabrik baja Mariupol yang terkepung | berita perang antara rusia dan ukraina