Mei 21, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ken Tanaka, orang tertua di dunia, telah meninggal di Jepang pada usia 119

Ken Tanaka, orang tertua di dunia, telah meninggal di Jepang pada usia 119

Kementerian mengatakan Tanaka, yang lahir pada 2 Januari 1903, meninggal pada 19 April.

Guinness World Records mengatakan mereka sedih mendengar kematian Tanaka, dan mengatakan berita kematiannya dikonfirmasi oleh kepala gerontologi Robert Young, yang juga membantu mengkonfirmasi rekornya sebagai orang tertua yang masih hidup pada tahun 2019.

Dalam tweet tentang kematiannya, Guinness World Records mengatakan: “Dia menjadi orang tertua yang hidup pada Januari 2019 pada usia 116 tahun dan 28 hari.

“Dia juga orang tertua kedua yang pernah tercatat, setelah Jeanne Calment yang hidup sampai usia dua belas tahun.”

Keluarga Tanaka mengatakan dalam sebuah tweet awal bulan ini bahwa dia sakit parah baru-baru ini dan “masuk dan keluar dari rumah sakit”.

Lahir pada tahun 1903, Tanaka menikah dengan seorang pemilik toko beras pada usia 19 tahun, dan bekerja di toko milik keluarga tersebut hingga ia berusia 103 tahun.

Dia adalah penderita kanker dua kali dan telah hidup melalui banyak peristiwa sejarah, selamat dari dua perang dunia dan flu 1918 – serta pandemi Covid-19.

CNN sebelumnya melaporkan Tanaka saat dia bersiap untuk ambil bagian dalam estafet obor Olimpiade menjelang Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 yang ditunda.

Rencananya, dia akan membawa obor saat melewati Shime, di prefektur rumahnya di Fukuoka, tetapi dia akhirnya tidak ikut, karena kekhawatiran tentang Covid-19.

Tanaka tinggal di panti jompo di Fukuoka. Keluarganya mengatakan dia menjaga pikiran dan tubuhnya dengan melakukan matematika dan tetap ingin tahu.

Cucu perempuan Tanaka, Junko Tanaka, membuat akun Twitter pada Januari 2020 untuk merayakan kehidupan para centenarian.

Dua saudara perempuan Jepang, 107, disertifikasi sebagai kembar identik tertua di dunia

Dia men-tweet foto neneknya yang menikmati makanan seperti kue dan soda, dan berbagi pencapaiannya dan pertukaran yang dia lakukan dengan kerabatnya.

READ  FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri Peringatkan Pejabat AS tentang Kemungkinan Serangan Siber Rusia Terkait dengan Invasi ke Ukraina

CNN sebelumnya melaporkan bahwa Junko berkata tentang neneknya, “Saya mungkin bias karena saya berhubungan dengannya tetapi saya pikir itu luar biasa – saya ingin membagikannya kepada dunia dan agar orang-orang merasa terinspirasi dan merasakan kegembiraannya.”

Pada tahun 2020, satu dari 1.565 orang di Jepang berusia di atas 100 tahun – lebih dari 88% di antaranya adalah wanita. Angka pemerintah yang dirilis pada Juli 2020 menunjukkan bahwa rata-rata harapan hidup wanita adalah 87,45 tahun dibandingkan dengan 81,4 untuk pria.

Guinness World Records, yang mengumumkan kematian Tanaka di situs webnya pada hari Senin, mengatakan bahwa “gelar pria tertua yang masih hidup dan orang tertua yang masih hidup (wanita) saat ini sedang diselidiki” dan rincian lebih lanjut akan diumumkan pada waktunya.