Mei 21, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kepala Perminyakan Indonesia Arif Panigoro meninggal dunia pada usia 76 tahun

Aripin Panigoro, tokoh industri minyak dan gas Indonesia, meninggal dunia di usia 76 tahun.

Panigoro menduduki peringkat ke-47 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia Pada tahun 2020, dengan kekayaan bersih $ 550 juta, satu tahun kemudian sebelum keluar dari peringkat.

Dia dirawat di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, dan meninggal pada 27 Februari, menurut waktu AS.

Panigoro mendirikan perusahaan minyak dan gas Indonesia Perusahaan Pengeboran Meta FC Pribumi (Metco) 1980 – Selama tumpahan minyak kedua di negara itu. Pada saat ia memulai Metco, sebagian besar pemain yang terlibat dalam bisnis energi di Indonesia adalah perusahaan multinasional.

Dia membawa perusahaannya ke publik pada tahun 1994 dan menamainya Medco Energy International. Pada tahun 1998, Panigoro mengundurkan diri dari pemerintahan Metco, tetapi tetap menjadi penasihat untuk memfokuskan karirnya pada politik. Saudaranya Hilmi menjalankan bisnis.

Medco Energi, sekarang dengan kapitalisasi pasar lebih dari $ 1 miliar, terus berkembang di bawah Hilmi. Di bidang minyak dan gas, Medco telah memperluas penelitian dan produksinya, beroperasi di Meksiko, Libya, Tanzania, Oman, Yaman, Thailand, dan Vietnam. Ini mendorong bisnis baru di luar minyak dan gas, menambahkan pembangkit listrik, pasokan gas dan perdagangan.

Pada Oktober 2021, kemitraan dengan Anthony Saleem Usaha Kalender, Medco mengumumkan rencana untuk menjual listrik tenaga surya ke Singapura. Proyek ini berlokasi di Pulau Bulan di Rhea, dekat Singapura. Ini awalnya akan memiliki kapasitas terpasang 670 MW dan diharapkan untuk memasok 100 MW listrik tanpa gangguan ke Singapura.

Pada tahun 2016, Grup Metco menjadi berita utama ketika memasuki industri pertambangan tembaga dan emas. Metco mengakuisisi saham pengendali di Amman Minerals International, yang menguasai 82,2% Newmont Nusa Tengara, senilai $2,6 miliar. Amman mengoperasikan sepuluh tambang tembaga dan emas hijab seluas 25.000 hektar di pulau Sumbawa, Indonesia, tambang terbesar kedua di Indonesia setelah Freeports Crossburg di provinsi Papua.

Keluarga Panigoro telah berkembang menjadi konstruksi, perkebunan kelapa sawit, perbankan (di Vuri Chaudhary), perhotelan dan teknologi informasi, meskipun sebagian besar kekayaannya berasal dari Medco Energy. Selain bisnis, keluarga juga mengelola yayasan yang memajukan pendidikan. Arif Panigoro adalah anggota dewan penasihat Presiden Joko Widodo dan pendiri Koalisi Stop Tuberkulosis Indonesia. Dia dianugerahi Penghargaan Pintang Mahabudera Naraya, salah satu penghargaan sipil tertinggi di negara ini.

READ  Tanggal baru untuk final Indonesia telah diumumkan