Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kepala Grup Wagner Rusia Mengatakan Pasukan Menyita Solidar | Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Kota tambang garam Ukraina timur telah menjadi pusat pertempuran sengit selama berhari-hari.

Kepala tentara bayaran Rusia Grup Wagner telah mengklaim telah menguasai kota tambang garam Solidar di Ukraina timur, tetapi misteri itu tetap ada di tengah pertempuran yang sedang berlangsung di pusat kota.

Solidar telah menjadi fokus pertempuran sengit selama berhari-hari karena Rusia melihatnya sebagai kunci kampanyenya untuk kota strategis terdekat Bakhmut dan wilayah timur Donbass yang lebih besar di Ukraina.

Tidak mungkin untuk memverifikasi situasi di lapangan dan pejabat Ukraina tidak mengomentari situasi tersebut.

Unit Wagner menguasai seluruh wilayah Solidar. “Sebuah kuali telah dibentuk di pusat kota tempat pertempuran kota terjadi,” kata kepala Wagner Yevgeny Prigozhin, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, kantor berita Rusia melaporkan Selasa malam.

“Jumlah tahanan akan diumumkan besok,” tambah Prigozhin. Kelompok itu mengatakan melalui Telegram bahwa tentara Ukraina yang terperangkap telah diperingatkan sebelum tengah malam (22:00 GMT).

Solidar berjarak sekitar 15 kilometer (9 mil) dari Bakhmut, dan penangkapannya akan memiliki nilai simbolis, militer, dan komersial bagi Rusia.

Badan media pemerintah Rusia kemudian mengeluarkan laporan yang mengatakan bahwa Grup Wagner telah merebut tambang garam di Solidar setelah “pertempuran sengit”, sementara Prigozhin memposting foto dirinya dikelilingi oleh tentara bayarannya di tempat yang katanya adalah salah satu tambang.

Namun, Institute for the Study of War, sebuah think tank yang berbasis di Washington, D.C., telah menyatakan kehati-hatiannya tentang tuduhan Rusia tersebut.

“#Soledar belum sepenuhnya direbut oleh pasukan Rusia meskipun klaim palsu Rusia bahwa kota itu telah jatuh dan #Bakhmut berisiko dikepung,” katanya dalam sebuah tweet, mencatat bahwa Prigozhin sendiri mengakui bahwa perang kota terus berlanjut.

READ  Perang Rusia di Ukraina: pembaruan langsung

Mahal

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak menyebutkan kontrol Solidar dalam pidato videonya yang biasa Selasa malam ketika dia mengulangi seruannya untuk lebih banyak senjata Barat, dengan mengatakan Rusia ingin meningkatkan kampanye militernya. Dia tidak merinci.

Tetapi Kementerian Pertahanan Ukraina mentweet Selasa malam: “Bahkan setelah menderita kerugian besar, Rusia masih berusaha keras untuk merebut Solidar – rumah bagi tambang garam terbesar di Eropa.”

Ukraina mengatakan sebelumnya bahwa pasukannya masih mempertahankan posisi mereka di Solidar, menangkis serangan yang diikuti oleh gelombang demi gelombang pasukan Rusia yang mencari kemenangan pertama mereka di medan perang dalam beberapa bulan.

Menangkap Solidar akan menjadi perolehan terbesar Rusia sejak Agustus, setelah serangkaian kemunduran yang memalukan di timur laut dan selatan pada paruh kedua tahun 2022.

Namun setiap kemenangan di Bakhmut harus dibayar mahal, karena pasukan di kedua belah pihak menderita kerugian besar dalam beberapa pertempuran paling sengit sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari tahun lalu.

Kyiv dalam beberapa hari terakhir menerbitkan foto-foto yang menunjukkan banyak tentara Rusia tewas di medan berlumpur.

Moskow mengatakan merebut Bakhmut akan menjadi langkah menentukan menuju kendali penuh atas wilayah Donetsk Ukraina, salah satu dari empat provinsi yang diklaim telah dianeksasi dua bulan lalu.