September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kenaikan harga bahan bakar mengguncang dunia: Indonesia, Republik Ceko, dan negara-negara lain menghadapi panasnya Lihat disini

Ribuan orang memprotes di seluruh Indonesia karena kemarahan tumbuh atas keputusan pemerintah Indonesia untuk menaikkan harga bahan bakar bersubsidi sebesar 30%.

Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga subsidi sebesar 30% pada hari Sabtu setelah spekulasi kemungkinan kenaikan harga subsidi karena anggaran subsidi energi yang membengkak.

Siapa yang akan terkena dampak kenaikan harga BBM?

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Ketua Federasi Serikat Buruh Indonesia, Syed Iqbal, mengatakan 5.000 orang akan berunjuk rasa Senin malam untuk menuntut pemerintah membatalkan keputusan menaikkan harga BBM bersubsidi. Aksi unjuk rasa akan digelar di Jakarta.

Ribuan orang akan protes di tempat lain. Menurut laporan itu, keputusan untuk menaikkan harga bahan bakar telah memukul kaum miskin kota, termasuk petani, buruh dan nelayan, dengan keras.

Bagaimana cara orang mengekspresikan kemarahan?

Selama akhir pekan dan Senin, unjuk rasa kecil diadakan di mana mahasiswa dan pekerja membakar ban dan memblokir jalan untuk mengekspresikan kemarahan mereka atas keputusan tersebut. Keputusan tersebut diambil pemerintah saat perekonomian Indonesia masih belum pulih dari dampak pandemi dan melonjaknya harga pangan.

Krisis ekonomi yang buruk

Sri Lanka berada dalam cengkeraman krisis ekonomi terburuk sejak kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948. 22 juta orang negara pulau itu menderita kekurangan kronis dan pemadaman listrik berkepanjangan.

Tanggapan pemerintah terhadap protes

Pada hari Selasa, juru bicara kepolisian Jakarta Endra Sulban mengatakan hampir 7.000 petugas telah dikerahkan di dalam dan sekitar ibu kota menjelang protes hari Selasa. Pada saat yang sama, pemerintah daerah diinstruksikan oleh Kapolri untuk menjelaskan mengapa perlu menaikkan harga BBM, yang akan membantu menjaga perdamaian.

READ  Laba Maybank Indonesia 1H berada di bawah Govit-19

Karena bahan bakar bersubsidi adalah masalah politik yang sensitif di negara ini, pemerintah telah mengambil serangkaian langkah-langkah kompensasi untuk meredam pukulan kenaikan harga. Diantara kegiatan tersebut, pengiriman uang langsung adalah salah satunya.

Presiden mengatakan pada hari Sabtu bahwa kenaikan harga adalah pilihan terakhirnya karena meningkatnya tekanan fiskal.

Penafian: Konten ini ditulis oleh agensi eksternal. Pandangan yang diungkapkan di sini adalah dari masing-masing penulis/lembaga dan tidak selalu mewakili pandangan Economic Times (ET). ET TIDAK MENJAMIN, MENJANJIKAN, ATAU MENYETUJUI ISINYA ATAU DENGAN CARA APA PUN BERTANGGUNG JAWAB ATAS MEREKA. Ambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa informasi dan konten yang diberikan benar, diperbarui, dan diverifikasi. ET DENGAN INI MENYANGKAL SETIAP DAN SEMUA JAMINAN, TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, TENTANG LAPORAN DAN KONTEN APA PUN DINYA.