Februari 5, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Korban tewas gempa bumi Indonesia meningkat menjadi 602: pemerintah daerah

Korban tewas akibat gempa bumi bulan lalu di pulau utama Indonesia di Jawa telah meningkat ratusan menjadi 602, kata seorang pejabat pemerintah daerah pada hari Jumat.

Gempa berkekuatan 5,6 melanda kota Siangjur di provinsi Jawa Barat terpadat di Indonesia pada 21 November, menewaskan sebagian besar korban karena bangunan runtuh atau memicu tanah longsor.

Juru bicara pemerintah daerah Siangjur Adam, seperti banyak orang Indonesia lainnya, mengatakan kepada AFP bahwa angka baru — naik dari angka yang dilaporkan sebelumnya yaitu 334 — didasarkan pada data yang dikumpulkan dari penduduk di seluruh kota.

Banyak yang bergegas menguburkan kerabat mereka setelah bencana dan tidak melaporkan kematian mereka kepada pihak berwenang. “Kalau ada yang meninggal, warga Cianjur sering menguburkan. Karena panik, kerabat langsung menguburkan yang meninggal tanpa memberitahu dinas kesehatan setempat,” katanya.

Badan penyelamat setempat, BPBD, memposting jumlah korban tewas baru di media sosial. Seorang pejabat di lembaga itu, Wawan Setiawan, membenarkan sosok baru itu kepada AFP.

Kantor berita negara Antara pada Jumat mengutip Bupati Siangjur Herman Suherman mengatakan 602 orang tewas.

Juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional Abdul Muhari mengatakan kepada AFP bahwa jumlah korban tewas masih lebih rendah dari 335, tetapi sedang dalam proses verifikasi angka baru.

READ  Indonesia mempertahankan suku bunga, menjanjikan kebijakan 'pro-pertumbuhan'