Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kelapa sawit menggantikan 3% kerugian dalam proyek biofuel di Indonesia

KUALA LUMPUR/JAKARTA (6 Des): Harga minyak sawit naik lebih tinggi karena pedagang mempertimbangkan prospek peningkatan mandat biofuel Indonesia, sebuah langkah untuk mengurangi pasokan untuk ekspor.

Futures menghapus penurunan sebelumnya dan naik 3% pada penutupan. Presiden Indonesia Joko Widodo telah meminta pemerintah untuk membuat mekanisme untuk memastikan pelepasan mandat biodiesel B35 tahun depan, menurut Menteri Utama Perekonomian Airlangga Hartarto.

B35 adalah bahan bakar dengan campuran 35% bahan bakar berbasis minyak sawit. Ini akan menjadi peningkatan dari campuran 30% yang dimandatkan Indonesia saat ini, dan akan mengurangi jumlah pasokan minyak sawit untuk ekspor dari produsen terbesar dunia.

David Ng, pedagang senior di IcebergX Sdn Bhd di Kuala Lumpur, mengatakan pasar bereaksi terhadap kemungkinan Indonesia menerapkan campuran biodiesel B35 yang lebih tinggi.

Dia mengatakan harga didukung oleh prospek produksi minyak sawit Malaysia yang lebih lemah pada bulan Desember dan impor India yang lebih kuat pada bulan November.

SEBUAH Bloomberg Survei minggu ini menunjukkan output di Malaysia No.2 turun ke level terendah dalam empat bulan di bulan November. Sebuah kelompok industri telah menyoroti dampak kekurangan tenaga kerja di perkebunan, memperkirakan hal itu akan merugikan petani sekitar RM20 miliar (US$4,6 miliar) tahun ini.

Harga

Sawit untuk pengiriman Februari di Bursa Malaysia derivatif naik 3% pada RM4,086/ton.
Minyak kedelai Maret di Chicago +0,5% menjadi 62,59c/lb, setelah -3,4% pada hari Senin.
Minyak sawit rafinasi untuk bulan Januari di Dalian Commodity Exchange -1% menjadi 8.098 yuan/ton; Minyak kedelai Januari -0,4% menjadi 9.262 yuan/ton.
Kelapa sawit premium dari minyak kedelai adalah ~US$451/ton dan rata-rata ~US$363 per kelapa sawit tahun lalu: data dikumpulkan Bloomberg.
Premi kelapa sawit pada bensin adalah ~US$79/ton dan rata-rata ~US$121/ton selama setahun terakhir: data dikumpulkan Bloomberg.