Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kekhawatiran akan dominasi nikel Tiongkok-Indonesia setelah listing di LME

Kekhawatiran akan dominasi nikel Tiongkok-Indonesia setelah listing di LME

Berita itu Pertukaran Logam London (LME) menyetujui pencatatan merek nikel Indonesia yang pertama, yang dipandang oleh banyak orang sebagai momen buruk seiring berkembangnya pengaruh Indonesia yang didukung Tiongkok di pasar nikel global.

LME telah menyetujui katoda nikel pelat penuh merek DX-zwdx yang diproduksi oleh PT CNGR Ding Xing New Energy milik Indonesia, sebuah perusahaan patungan dengan perusahaan bahan energi Tiongkok CNGR. Pendekatan katoda adalah nikel dimurnikan melalui elektrolisis hingga kemurnian sekitar 99,8%. Pabrik ini memiliki kapasitas 50.000 MT per tahun.

Indonesia telah menjadi pembangkit tenaga listrik dalam produksi nikel global dalam beberapa tahun terakhir, namun hingga saat ini belum memproduksi logam dalam bentuk kemurnian tinggi dalam jumlah besar yang diperdagangkan di LME, tempat perdagangan logam terbesar dan tertua di dunia.

Bagi banyak produsen nikel, pencatatan saham PT CNGR Ding Xing New Energy merupakan momen buruk seiring berkembangnya pengaruh Indonesia yang didukung Tiongkok di pasar nikel global, menurut laporan Reuters.

Operator nikel Tiongkok lainnya sedang membangun kapasitas pemrosesan baru yang serupa di Indonesia dan Tiongkok.

LME sudah memiliki permohonan lain yang menunggu keputusan untuk empat merek baru Tiongkok. Mereka mendatangkan kapasitas logam sebesar 91.600 metrik ton per tahun, menurut Reuters.

Runtuhnya nikel tahun 2022 direkayasa oleh Tiongkok dan Indonesia

Hal ini terjadi setelah jatuhnya harga nikel yang direkayasa oleh Tiongkok pada tahun 2022, yang telah menempatkan operasi nikel di seluruh dunia – khususnya di Australia – dalam risiko.

Hal ini menyebabkan penutupan banyak tambang nikel Australia Hal ini telah memicu diskusi tingkat tinggi di Australia mengenai diversifikasi strategi mineral penting mereka dan meninjau kemitraannya.

READ  Perahu kayu yang membawa puluhan migran Muslim Rohingya terbalik di lepas pantai Indonesia

Penurunan ini disebabkan banyaknya pasokan nikel pig iron yang murah dan bermutu rendah dari Tiongkok dan Indonesia. Kedua negara bersama-sama memproduksi 70% nikel dunia. Pada tahun 2023, Indonesia sendiri menyumbang setengah dari produksi global pada tahun 2023, yang diperkirakan akan meningkat secara signifikan pada akhir dekade ini. Nikel adalah komponen kunci dalam baterai EV

Australia kini telah menyusun ulang undang-undangnya yang mengatur investasi asing dalam pengembangan sumber daya energi ramah lingkungan di dalam negeri, yang bertujuan untuk memperkuat perannya sebagai pemain global dalam transisi energi.

Inti dari kebijakan ini adalah keinginan Australia untuk memperketat pengawasan terhadap investasi asing di bidang pertambangan dan pemurnian mineral penting.

Langkah ini merupakan upaya terselubung untuk menghalangi upaya Tiongkok untuk menguasai pasar mineral utama, khususnya litium, yang penting untuk pembuatan baterai kendaraan listrik.

Indonesia, yang didukung oleh Tiongkok, menjadikan Australia sebagai produsen nikel olahan terbesar di dunia, satu dekade setelah negara tersebut melarang ekspor nikel mentah dalam upaya menjadikan Australia sebagai produsen utama nikel olahan. Hal ini meningkatkan rantai pasokan dan meningkatkan nilai ekspor nikel secara signifikan.