Maret 26, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kegagalan bank Silicon Valley menyebabkan investor meminta bantuan pemerintah

Karyawan berdiri di luar kantor pusat Silicon Valley Bank (SVB) pada 10 Maret 2023 di Santa Clara, California.

Justin Sullivan | Gambar Getty

Nama-nama besar di Silicon Valley dan sektor keuangan secara terbuka menyerukan kepada pemerintah federal untuk menekan bank lain untuk mengambil alih aset dan kewajiban bank Silicon Valley setelah lembaga keuangan itu bangkrut pada hari Jumat.

FDIC akan menanggung hingga $250.000 per deposan dan mungkin dapat mulai membayar deposan tersebut paling cepat hari Senin.

Tetapi sebagian besar klien SVB adalah perusahaan dengan lebih dari yang mereka simpan di bank. Per Desember, lebih dari 95% simpanan bank tidak diasuransikan, menurut pengajuan peraturan. Banyak dari deposan tersebut adalah pemula, dan banyak yang khawatir mereka tidak akan dapat mengajukan gaji bulan ini, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gelombang kegagalan dan PHK yang luas di industri teknologi.

Investor khawatir kegagalan ini dapat mengurangi kepercayaan pada sektor perbankan, terutama bank menengah dengan simpanan kurang dari $250 miliar. Bank-bank ini tidak dianggap “terlalu besar untuk gagal” dan tidak harus menjalani stress test reguler atau langkah-langkah katup pengaman lainnya yang disahkan setelah krisis keuangan tahun 2008.

Kapitalis ventura dan mantan CEO teknologi David Sachs telah meminta pemerintah federal untuk mendorong bank lain untuk membeli aset SVB, Menulis di TwitterDimana Powell? Dimana Yellen? Hentikan krisis ini sekarang. Nyatakan bahwa semua deposan akan aman. Tempatkan SVB dengan salah satu dari empat bank pertama. Lakukan sebelum pembukaan hari Senin atau infeksi akan menyebar dan krisis akan menyebar.

VC Mark Suster setuju, dalam sebuah tweet, “Saya kira itulah yang sedang mereka kerjakan. Saya mengharapkan pernyataan pada hari Minggu. Kita lihat saja. Saya harap demikian atau hari Senin akan menjadi sulit.”

READ  Twitter mengatakan karyawan hanya bisa mendapatkan setengah dari bonus tahunan mereka: lapor

Investor Bill Ackman membuat argumen serupa di A Tweet panjangdia menulis, ‚ÄúPemerintah memiliki waktu sekitar 48 jam untuk segera memperbaiki kesalahan yang tidak dapat diubah. @karyawan Gagal tanpa melindungi semua deposan, dunia telah menyadari apa itu simpanan tanpa jaminan – klaim tidak likuid dan tanpa jaminan di bank yang gagal. absen @karyawan @karyawan atau @Bank Amerika Mendapatkan SVB sebelum pembukaan pada hari Senin, kemungkinan yang menurut saya tidak mungkin, atau pemerintah tidak mengasuransikan semua simpanan SVB, suara hisap raksasa yang akan Anda dengar adalah penarikan semua simpanan yang tidak diasuransikan dari semua kecuali bank ‘penting secara sistemik’ (SIB )”.

Mitra pembandingan Eric Vecheria buku“Jika deposan SVB tidak selesai, dewan perusahaan harus bersikeras bahwa perusahaan mereka menggunakan dua atau lebih bank Empat Besar secara eksklusif. Yang akan menghancurkan bank-bank kecil. Dan akan membuat masalah terlalu besar untuk gagal menjadi lebih buruk.”

Sejak didirikan hampir 40 tahun lalu, SVB telah menjadi pusat pembiayaan di industri teknologi, khususnya bagi para pemula dan pemodal ventura yang berinvestasi di dalamnya. Perusahaan telah dikenal karena memperluas layanan perbankan ke startup tahap awal yang akan kesulitan mendapatkan layanan perbankan di tempat lain sebelum menghasilkan arus kas yang stabil. Tetapi perusahaan itu sendiri mengalami masalah arus kas tahun ini karena dana awal mengering dan asetnya dikunci dalam obligasi jangka panjang.

Perusahaan mengejutkan investor pada hari Rabu dengan berita bahwa mereka perlu mengumpulkan $2,25 miliar untuk menopang neracanya, dan menjual semua obligasi yang tersedia untuk dijual dengan kerugian $1,8 miliar. Jaminan dari eksekutif bank tidak cukup untuk menghentikan perlombaan, dan deposan menarik lebih dari $42 miliar sebelumnya. akhir hari Kamismenciptakan kegagalan bank terbesar kedua dalam sejarah AS.

READ  Saham Adani semakin jatuh saat dia mempertimbangkan tindakan hukum terhadap Hindenburg

Banyak komunitas teknologi menyalahkan investor ventura karena memacu penerbangan, dan banyak yang memberi tahu perusahaan investasi mereka untuk menaruh uang mereka di tempat yang lebih aman setelah pengumuman SVB hari Rabu.

“Ini adalah gelombang histeria yang disebabkan oleh bank-bank investasi,” Ryan Valve, seorang investor fintech di Restive Ventures, mengatakan kepada CNBC pada hari Jumat. “Ini akan turun sebagai salah satu kasus definitif dari sebuah industri yang hidungnya dipotong untuk menutupi wajahnya.”

Para pengamat ironis bahwa beberapa pemodal ventura dengan reputasi kecenderungan pasar liberal sekarang menyerukan bailout. Misalnya, reaksi terhadap tweet Sacks menyertakan frasa seperti, “Permisi tuan. Tiba-tiba pemerintah adalah jawabannya?!?” Dan “Kami kapitalis menginginkan sosialisme!

Beberapa politisi menentang bailout apa pun, dengan Rep. Matt Gaetz, R-Fla., Twitter“Jika ada upaya untuk menggunakan uang pembayar pajak untuk menyelamatkan bank Lembah Silikon, rakyat Amerika dapat mengandalkan fakta bahwa saya akan berada di luar sana untuk memimpin perjuangan melawannya.”

Tapi pemodal dan mantan direktur komunikasi Trump Anthony Scaramucci membantah“Ini bukan keputusan politik untuk menyelamatkan SVB. Jangan membuat kesalahan Lehman. Ini bukan tentang kaya atau miskin yang diuntungkan, ini tentang menghentikan infeksi dan melindungi sistem. Membuat deposan utuh atau mengharapkan banyak hal tragis yang tidak diinginkan konsekuensi.”

Huo Soon dan Ari Levy berkontribusi pada cerita ini.