Juli 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kebijakan Indonesia adalah mendorong Malaysia untuk mengekspor minyak sawit

Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia. Tetapi kebijakan ekspornya yang “tidak dapat diprediksi” dapat membantu Malaysia menjadi pemasok utama ke India, yang merupakan pembeli terbaik dunia.

Minyaknya berasal dari pohon palem, yang hanya tumbuh daerah tropis. Minyak sawit terutama digunakan untuk memasak di negara berkembang. Hal ini juga digunakan dalam makanan, kosmetik dan produk pembersih.

Bulan lalu, Indonesia melarang penjualan minyak sawit ke negara lain. Presiden Joko Widodo mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 27 April bahwa larangan itu akan dicabut setelah permintaan lokal terpenuhi dan harga diturunkan.

Malaysia adalah produsen minyak sawit terbesar kedua di dunia, memproduksi kurang dari setengah produksi Indonesia. Tak lama setelah Indonesia mengumumkan embargonya, Malaysia menurunkan separuh tarif ekspornya dan memantapkan dirinya sebagai pemasok utama minyak sawit.

The Solvent Extractors’ Association of India, sebuah kelompok perdagangan India, memperkirakan dua peristiwa ini dapat mengurangi pangsa Indonesia dari ekspor minyak sawit Indonesia hingga 35 persen pada Oktober 2022. Sepuluh tahun lalu, pangsa pasar Indonesia di atas 75 persen.

PV Mehta adalah direktur asosiasi yang berbasis di Mumbai. “Malaysia dijual dengan harga lebih tinggi karena Indonesia tidak ada di pasar,” katanya.

Pada bulan-bulan terakhir tahun 2021 dan empat bulan pertama tahun ini, India membeli 1,47 juta ton minyak sawit dari Malaysia, kata asosiasi itu. Dan India bahkan tidak membeli satu juta ton minyak sawit dari Indonesia. Pada Mei, India akan terus membeli lebih banyak minyak sawit dari Malaysia, dan negara itu memperkirakan impor dari Indonesia akan turun lebih jauh jika embargo berlanjut.

Meski baru-baru ini meningkat, pabrikan Malaysia belum bisa sepenuhnya menggantikan pemasok minyak sawit dari Indonesia. Indonesia hanya menghasilkan 40 persen dari produksi dan menghadapi kekurangan tenaga kerja. Namun, pembeli India tetap ingin berurusan dengan Malaysia dan mengurangi ketergantungannya pada minyak sawit dari Indonesia.

READ  Presenter: Bagaimana Indonesia, eksportir batubara termal terbaik dunia, menghadapi krisis pasokan

Seorang pembeli India yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, “Indonesia dapat mencabut larangan ekspor bulan ini, tetapi tidak ada jaminan bahwa itu tidak akan membatasi ekspor. Kebijakan ekspor Malaysia sangat tinggi Standar Itulah yang kami inginkan.”

Saya Faith Birlow.

Rajendra Jadhav dan Mei Mei Soo menceritakan kisah itu kepada Reuters. Faith Birlow mengadaptasinya untuk membuat VOA belajar bahasa Inggris.

___________________________________________________________________

Kata-kata dalam cerita ini

daerah tropis – Ku. (pl.) Beberapa bagian dunia di dekat khatulistiwa umumnya panas

Standar adj Dalam kondisi baik atau kondisi yang tidak dapat dengan mudah diubah atau diubah

Apa pendapat Anda tentang Malaysia yang mengambil alih bisnis kelapa sawit?