Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kebakaran hutan di Yunani: Kemarahan setelah kembang api di kapal pesiar memicu kebakaran di Hydra

Kebakaran hutan di Yunani: Kemarahan setelah kembang api di kapal pesiar memicu kebakaran di Hydra

Sumber gambar, Facebook/epoxikoipirosvestes

Komentari foto tersebut, Petugas pemadam kebakaran membagikan foto ini, tetapi tidak mengonfirmasi bahwa itu adalah kapal pesiar mewah yang diduga terlibat dalam kecelakaan tersebut

  • pengarang, Tiffany Wertheimer dan Danny Eberhard
  • Peran, berita BBC

Pihak berwenang Yunani menangkap 13 orang setelah kebakaran terjadi di hutan di pulau Hydra, Yunani, yang menurut pihak berwenang disebabkan oleh kembang api yang diluncurkan dari kapal pesiar mewah.

Menteri Krisis Iklim Yunani Vassilis Kikilias mengatakan kebakaran hari Jumat menghanguskan 300 hektar satu-satunya hutan pinus di pulau wisata terkenal, yang terletak di selatan Athena.

Api dapat dikendalikan, namun dengan susah payah. Karena tidak ada jalan menuju pantai, petugas pemadam kebakaran harus mencapainya melalui laut, sementara helikopter menjatuhkan air dari udara.

Media Yunani melaporkan, semua yang ditahan adalah awak kapal pesiar mewah Persephone. Ini tersedia untuk sewa musim panas mulai dari €249.000 per minggu (£211.200; $269.300), menurut beberapa dealer superyacht online.

Kikilias dikutip mengatakan, jaksa penuntut umum telah meminta penyitaan kapal tersebut.

Beberapa media lokal, mengutip dokumen pengadilan, melaporkan bahwa pengunjung kapal pesiar tersebut adalah 17 warga negara Kazakh yang telah meninggalkan Yunani, namun BBC belum dapat memverifikasi hal ini secara independen.

Pada Minggu pagi, para kru difoto memasuki kantor kejaksaan di Piraeus, mengenakan seragam kerja yang sama dan menutupi wajah mereka dengan kacamata hitam, masker, dan topi.

Ada perselisihan antara Penjaga Pantai Yunani dan Pemadam Kebakaran.

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut, Di tengah gelombang panas, petugas pemadam kebakaran Yunani berupaya memadamkan beberapa kebakaran di seluruh negeri, termasuk kebakaran di Kitsi, selatan Athena.

Dugaan penyebab kebakaran tersebut memicu kemarahan di Yunani, yang telah berjuang melawan beberapa kebakaran hutan dan mengalami gelombang panas pertamanya tahun ini.

“Kami marah karena beberapa orang secara tidak bertanggung jawab melemparkan kembang api ke dalam hutan pinus,” Walikota Hydra Giorgos Koukoudakis mengatakan kepada radio Yunani ERT pada hari Sabtu.

Ada juga kecaman di media sosial: “Orang kaya punya lebih banyak uang daripada otak,” tulis seseorang.

Yunani telah bersiaga tinggi untuk mengantisipasi kebakaran hutan sejak Selasa, dan pihak berwenang bersiap menghadapi musim panas yang sulit dengan kondisi kering yang terus berlanjut, angin kencang, dan suhu tinggi.

Seorang petugas pemadam kebakaran sukarela berusia 55 tahun meninggal pada hari Jumat karena luka-luka yang dideritanya saat memadamkan api di wilayah selatan Ilia di semenanjung Peloponnese.

Kebakaran hutan pada musim panas sering terjadi di Yunani, dan para ilmuwan telah mengaitkan meningkatnya frekuensi dan tingkat keparahan peristiwa cuaca ekstrem, termasuk gelombang panas, dengan perubahan iklim.

Namun negara ini juga mempunyai masalah dengan pelaku pembakaran, dengan setidaknya 79 orang ditangkap pada bulan Agustus lalu karena kebakaran hutan yang mematikan.

Awal tahun ini, Yunani memberlakukan undang-undang pembakaran yang lebih ketat, dengan pelakunya menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara dan denda hingga €200.000.