Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kebakaran hutan di luar Athena saat ratusan kebakaran melanda Yunani

Kebakaran hutan di luar Athena saat ratusan kebakaran melanda Yunani

  • Menteri: Lebih dari 350 kebakaran telah terjadi sejak hari Jumat
  • Kebakaran memaksa ratusan orang mengungsi
  • Kebakaran di dekat Athena membakar mobil, rumah, dan pabrik

Athena, 23 Agustus (Reuters) – Petugas pemadam kebakaran Yunani yang didukung oleh pesawat memadamkan kobaran api yang berkobar di luar Athena untuk hari kedua pada Rabu, satu dari ratusan kobaran api yang melanda negara itu di mana kebakaran hutan telah menewaskan 20 orang pada pekan ini.

Ratusan orang telah meninggalkan rumah mereka di seluruh negeri sejak kebakaran terjadi di Yunani utara pada hari Sabtu, yang diperparah oleh panas dan angin kencang dalam wabah besar kedua di musim panas.

Menteri Krisis Iklim dan Perlindungan Sipil Vassilis Kikilias mengatakan 355 kebakaran hutan telah terjadi sejak Jumat, termasuk 209 kebakaran dalam 48 jam terakhir. Dia menambahkan bahwa tim pemadam kebakaran melakukan “upaya luar biasa” untuk membendungnya.

Pemadam kebakaran memperingatkan kemungkinan terjadinya kebakaran lagi, dan juru bicaranya, Ioannis Artopios, mengatakan kondisinya masih “sulit, dan dalam beberapa kasus sangat parah”.

Sekitar 20 km utara Athena, lebih dari 200 petugas pemadam kebakaran yang didukung oleh sukarelawan bersama dengan 65 kendaraan dan 15 pesawat, beberapa dikirim dari Swedia dan Jerman, memadamkan api yang mulai berkobar Selasa pagi di dekat desa Fili di kaki pegunungan Athena. Gunung Parnitha dan menyebar menuju kota Manidi.

Ibu kota telah dilalap asap dan abu sejak kebakaran terjadi pada Selasa.

Pada hari Rabu, sekitar 150 orang telah dievakuasi dengan bus dari tiga panti jompo di Menide ke hotel atau fasilitas perawatan lainnya.

Polisi memerintahkan warga lainnya untuk pergi ketika helikopter pemadam kebakaran terbang di atas dan menjatuhkan air ke api.

READ  Berita terbaru tentang invasi Rusia ke Ukraina: pembaruan langsung

Salah satu relawan membawa ikon Perawan Maria dari biara yang terbakar, dan halamannya menjadi hitam dan tertutup abu, sementara petugas polisi dengan cepat mengeluarkan tabung gas besar dari gedung.

“Api padam selama setengah jam…tapi dengan angin yang sangat kencang, api akan berkobar dan kemudian padam lagi,” kata Dimitris Arminis, 60, kepada Reuters.

Seorang pejabat kementerian imigrasi mengatakan sekitar 700 migran yang ditahan di fasilitas Amygdalisa di dekatnya telah dievakuasi ke kamp lain.

Kebakaran tersebut menimbulkan kehancuran dan membakar rumah serta mobil di Philly, memaksa warga mengungsi dengan berjalan kaki, sementara beberapa orang menutupi wajah mereka dengan pakaian karena asap.

Para relawan memasukkan domba-domba itu ke dalam kotak mobil untuk menyelamatkan mereka.

Musim panas terburuk untuk kebakaran

Di wilayah utara Evros, yang berbatasan dengan Turki, kebakaran telah terjadi selama lima hari.

Tim penyelamat menemukan 18 mayat terbakar pada hari Selasa, diyakini sebagai migran, di daerah dekat Hutan Dadia, jalur umum bagi orang-orang dari Timur Tengah dan Asia yang mencoba memasuki Uni Eropa.

Di kota pelabuhan terdekat, Alexandroupolis, puluhan pasien rumah sakit, beberapa di antaranya menggunakan tandu dan lainnya menggunakan infus, dievakuasi dengan kapal feri.

Gambar satelit yang disiarkan di televisi pemerintah menunjukkan asap dari kebakaran Evros menyebar ke seluruh negeri hingga Kepulauan Ionian di barat laut, tidak jauh dari Italia.

Kebakaran hutan pada musim panas sering terjadi di Yunani, namun tahun ini kebakaran tersebut diperparah oleh cuaca yang sangat panas, kering, dan berangin yang oleh para ilmuwan dikaitkan dengan perubahan iklim.

READ  Sekretaris Jenderal PBB jarang menggunakan kekuatan untuk mendesak gencatan senjata antara Israel dan Hamas

“Musim panas ini adalah yang terburuk sejak data meteorologi mulai dikumpulkan,” kata Kikilias.

Pada bulan Juli, puluhan ribu turis asing dievakuasi dari Pulau Rhodes, tempat kebakaran berkobar selama seminggu, membakar hotel dan resor serta sebagian besar lahan.

“Selama 32 tahun pengabdian saya, saya belum pernah menghadapi kondisi seburuk ini,” kata Kepala Pemadam Kebakaran Giorgos Bornaras pada konferensi pers.

(Laporan oleh Carolina Tagaris dan Lefteris Papadimas di Athena; Laporan oleh Jaafar untuk The Arab Bulletin) Alexandros Avramidis, Vidia Grulovic di Evros, Ditulis oleh Carolina Tagaris; Penyuntingan oleh Edmund Blair dan John Stonestreet

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensimembuka tab baru