Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jenazah 18 orang ditemukan di kawasan yang dilanda kebakaran hutan di Yunani

Jenazah 18 orang ditemukan di kawasan yang dilanda kebakaran hutan di Yunani

ALEXANDROPOLIS, Yunani (AP) — Petugas pemadam kebakaran pada Selasa menemukan 18 mayat hangus yang diyakini sebagai migran yang melintasi perbatasan Turki ke daerah di timur laut Yunani di mana kebakaran hutan telah berkobar selama berhari-hari.

Penemuan ini terjadi di dekat kota Alexandroupolis ketika ratusan petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan puluhan kebakaran hutan di seluruh negeri di tengah angin kencang. Pada hari Senin, dua orang tewas dan dua petugas pemadam kebakaran terluka dalam kebakaran terpisah di Yunani utara dan tengah.

Dengan musim panas yang panas dan kering, negara-negara Eropa Selatan sangat rentan terhadap kebakaran hutan. Kebakaran besar lainnya terjadi di Tenerife di Kepulauan Canary Spanyol selama seminggu, meskipun tidak ada korban jiwa atau kerusakan rumah yang dilaporkan.

Para pejabat Uni Eropa menyalahkan hal ini Perubahan iklim Untuk meningkatkan frekuensi dan intensitas Kebakaran hutan di EropaMengingat tahun 2022 merupakan tahun terburuk kedua dalam hal kerusakan hutan yang tercatat setelah tahun 2017.

Dan di Yunani, polisi mengaktifkan keadaan darurat di negara tersebut Tim Identifikasi Korban Bencana Ioannis Artopios, juru bicara pemadam kebakaran, mengatakan 18 mayat yang ditemukan di dekat sebuah gubuk di Avantas telah diidentifikasi.

“Karena tidak ada laporan orang hilang atau warga sekitar yang hilang, kemungkinan orang-orang tersebut adalah orang-orang yang masuk secara ilegal sedang diselidiki,” kata Artopius.

Alexandroupolis terletak di dekat perbatasan dengan Turki, di sepanjang rute yang sering diambil oleh orang-orang yang melarikan diri dari kemiskinan dan konflik di Timur Tengah, Asia dan Afrika serta ingin masuk ke Uni Eropa.

Dalam pernyataannya, Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou mengungkapkan kesedihannya atas meninggalnya para korban.

“Kita harus segera mengambil inisiatif yang efektif untuk memastikan bahwa kenyataan suram ini tidak menjadi hal yang biasa,” tambahnya, mengacu pada kebakaran hutan yang berulang.

Avantas, seperti banyak desa dan pemukiman di sekitarnya, berada di bawah perintah evakuasi, dan peringatan dikirimkan dalam bahasa Yunani dan Inggris ke semua telepon seluler di daerah tersebut.

READ  Perang terakhir antara Ukraina dan Rusia: Apa yang kita ketahui pada hari invasi 201 | Rusia

Dinas pemadam kebakaran mengatakan sedang menyelidiki penyebab kebakaran dengan berkoordinasi dengan polisi dan intelijen. Dalam beberapa hari terakhir, banyak orang ditangkap atau didenda karena tidak sengaja melakukan pembakaran.

Namun penemuan 18 jenazah tersebut memicu reaksi balik dari beberapa pihak, yang menuduh para migran yang menyulut kebakaran.

Senin malam, polisi mengatakan mereka telah menangkap tiga pria di Alexandroupolis yang dicurigai melakukan penculikan dan menahan 13 migran secara ilegal. Pernyataan dari Mabes Polri menyebutkan salah satu tersangka adalah seorang pria yang muncul dalam video yang diposting di media sosial yang mengunci sekelompok migran di dalam trailer dan menuduh mereka “berniat membakar kami”.

Juru bicara pemerintah Pavlos Marinakis mengeluarkan pernyataan yang mengutuk tindakan main hakim sendiri.

Pada malam hari, tembok api besar membentang melalui hutan menuju Alexandroupolis, mendorong pihak berwenang untuk mengevakuasi delapan desa lainnya dan rumah sakit kota saat api memerahkan langit.

Berbicara kepada Skai TV Yunani, Wakil Menteri Kesehatan Dimitris Vartzopoulos mengatakan asap dan abu di udara sekitar rumah sakit adalah alasan utama di balik keputusan untuk mengevakuasi fasilitas tersebut.

Penjaga pantai mengatakan kapal patroli dan kapal pribadi mengevakuasi 40 orang lainnya melalui laut dari pantai dekat Alexandroupolis.

Di wilayah perbatasan timur laut Evros, sebuah hutan di taman nasional yang dilindungi terbakar, dan citra satelit menunjukkan asap menyelimuti sebagian besar wilayah utara dan barat Yunani.

Kebakaran baru terjadi di beberapa wilayah negara itu pada hari Selasa, termasuk di hutan di barat laut Athena dan kawasan industri di pinggiran barat ibu kota.

Ledakan kecil bergema di kawasan industri Aspropyrgos saat api mencapai gudang dan pabrik. Pihak berwenang menutup jalan raya dan memerintahkan evakuasi terhadap pemukiman di dekatnya.

Dengan kekuatan pemadam kebakaran yang mencapai batasnya, Yunani meminta bantuan kepada Mekanisme Perlindungan Sipil Uni Eropa.

Lima pesawat penerjun air dari Kroasia, Jerman dan Swedia serta sebuah helikopter, 58 petugas pemadam kebakaran dan sembilan kapal tanker air dari Republik Ceko terbang ke Yunani pada hari Selasa, sementara 56 petugas pemadam kebakaran Rumania dan dua pesawat tiba dari Siprus pada hari Senin. Petugas pemadam kebakaran Prancis membantu memadamkan api yang terjadi di pulau Evia pada hari Senin.

READ  Satu orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat angin kencang menyebabkan runtuhnya platform di Festival Spanyol

“Faktanya, kami memobilisasi hampir sepertiga pesawat dalam armada penyelamat UE,” kata Balazs Ojvari, juru bicara Uni Eropa.

Tingkat bahaya kebakaran di banyak wilayah, termasuk wilayah Athena yang lebih luas, terdaftar sebagai “ekstrim” untuk hari kedua pada hari Selasa. Pihak berwenang memblokir akses masyarakat ke pegunungan dan hutan di wilayah tersebut hingga setidaknya Rabu pagi dan memerintahkan patroli militer.

Di Spanyol, petugas pemadam kebakaran berjuang mengendalikan api yang telah berkobar selama seminggu di Tenerife, tujuan wisata populer di Kepulauan Canary. Diperkirakan kebakaran yang memakan lahan seluas 150 kilometer persegi (59 mil persegi) telah membakar sepertiga hutan Tenerife.

Lebih dari 12.000 orang telah dievakuasi selama seminggu terakhir. Pada hari Selasa, pihak berwenang mengatakan 1.500 orang telah dapat kembali ke rumah mereka. Pihak berwenang menggambarkan kebakaran tersebut sebagai yang terburuk dalam beberapa dekade di kepulauan Atlantik.

Itu adalah sebagian besar wilayah Spanyol Peringatan kebakaran hutan Dimana suhu melebihi 38 derajat Celcius (100 derajat Fahrenheit). Meskipun suhu seringkali sangat tinggi di Spanyol selatan, badan meteorologi negara tersebut mengeluarkan peringatan untuk wilayah Basque utara, di mana suhu diperkirakan mencapai 42 derajat Celcius (107 derajat Fahrenheit) pada hari Rabu.

Kebakaran hutan paling mematikan di Yunani menewaskan 104 orang pada tahun 2018, di sebuah resor tepi laut dekat Athena yang penduduknya tidak diperingatkan untuk mengungsi. Sejak saat itu, pihak berwenang tidak mengambil tindakan hati-hati, dengan mengeluarkan perintah evakuasi massal secara tergesa-gesa setiap kali daerah berpenduduk terancam.

Bulan lalu, kebakaran hutan di Pulau Rhodes menyebabkan warga dievakuasi Sekitar 20 ribu wisatawan. setelah beberapa hari, Dua pilot Angkatan Udara tewas Saat pesawat water drop mereka jatuh saat menyelam rendah untuk mengatasi kebakaran di Evia.

Di Italia, pihak berwenang mengevakuasi 700 orang dari rumah dan kamp di pulau Elba di Tuscan setelah kebakaran terjadi Senin malam, sementara di Turki pihak berwenang mengevakuasi sembilan desa di provinsi barat laut Canakkale. Media Turki juga mengatakan bahwa pihak berwenang telah mengurangi lalu lintas laut di Selat Dardanella jika kapal pemadam kebakaran perlu dikerahkan ke daerah tersebut.

Menurut Masyarakat Geologi Lingkungan Italia, lebih dari 1.100 kebakaran di Eropa pada musim panas ini melahap 2.842 kilometer persegi (sekitar 1.100 mil persegi), jauh lebih tinggi dari rata-rata 724 kebakaran tahunan yang tercatat dari tahun 2006 hingga 2022. hutan mampu menyerap 2,5 juta ton karbon dioksida setiap tahunnya.

“Jika kita menambahkan kebakaran di Kanada, Amerika Serikat, Afrika, Asia dan Australia dengan kebakaran di Eropa, maka situasinya tampaknya semakin buruk setiap tahunnya,” kata Antonello Fiore, Presiden SIGEA.

___

Picatoros melaporkan dari Athena, Yunani. Penulis Associated Press Nicholas Pavetis di Athena, Joe Wilson di Barcelona, ​​​​​​Colin Barry di Milan, Suzanne Fraser di Ankara, dan Raf Casert di Brussels berkontribusi dalam hal ini.

___

Ikuti liputan AP Climate di https://apnews.com/hub/climate-and-environment

___

Liputan iklim dan lingkungan Associated Press mendapat dukungan dari beberapa yayasan swasta. Pelajari lebih lanjut tentang inisiatif iklim AP Di Sini. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.