Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kartu grafis AMD Radeon bekerja lebih baik di Windows 11 Vs Linux 6.2

Tahun ini telah melihat banyak pembaruan Linux dari AMD, Intel, dan NVIDIA ketika datang ke cakupan kartu grafis di kernel open source atau peningkatan daya pemrosesan, serta codec video, kebocoran teknologi baru, dan banyak lagi. . Namun, tes terbaru dilakukan oleh Editor dan Peninjau Perangkat Keras Linux situs web Voronex – Selain pengusaha, insinyur dan analis perangkat lunak Linux – Michael Larabelle menyoroti kinerja AMD Radeon Gaming di lingkungan Windows 11 dan Ubuntu Linux.

Windows 11 menghadirkan performa grafis terbaik untuk GPU AMD Radeon dibandingkan Linux 6.2

Larabel telah menggunakan banyak game yang tersedia di PC dan sistem operasi Linux. Gim-gim tersebut dipilih berdasarkan judul-judul yang memiliki kinerja paling baik di Steam Play di Linux dibandingkan dengan pengalaman Windows 11. Dalam beberapa hari mendatang, Larabel berencana untuk menguji Intel dan NVIDIA melalui pengujian serupa untuk melihat mana yang berkinerja terbaik, terutama memasuki tahun baru. Fokus hari ini adalah pada AMD.

Judul game yang dipilih dengan cermat oleh Larabel adalah:

Editor Phoronix juga memilih tiga tolok ukur untuk pengujian. Tes pertama menangani lebih baik di Vulkan dan OpenGL, sedangkan tes kedua dan ketiga dari UNIGINE dilengkapi dengan lebih baik untuk OpenGL.

Kemarin, kami melaporkan kartu grafis Radeon RX 7900 XTX Mereka mengalami masalah yang terisolasi tetapi berkembang Dengan kenaikan suhu dan penurunan kinerja karena suhu yang lebih tinggi. Akan menarik untuk melihat apakah ini memengaruhi kinerja. Larabel menggunakan GPU AMD Radeon RX 6800 XT dan GPU Radeon RX 7900 XTX untuk pengujian ini.

Sistem operasi Windows yang digunakan untuk pengujian adalah Windows 11 Pro Edition, yang dikatakan telah diperbarui dengan driver yang tersedia saat ini. Sebaliknya, driver AMD Radeon RX 6800 XT yang digunakan adalah driver Adrenalin 22.11.2 yang direkomendasikan WHQL, sedangkan AMD Radeon RX 7900 XTDX menggunakan Adrenalin 22.12.2. Perbedaan antara kedua driver tersebut adalah driver yang direkomendasikan 22.11.2 menawarkan update terbaru untuk GPU Navi 2, sedangkan driver 22.12.2 menawarkan driver RDNA 3 terbaru.

READ  Fortnite mengumpulkan $ 100 juta untuk Ukraina dalam sembilan hari
Kartu grafis AMD Radeon menawarkan kinerja GPU terbaik pada Windows 11, tetapi Linux masih berada di urutan kedua. (Kredit gambar: Phoronix)

Dengan Linux, pada Ubuntu 22.10, gunakan Larabel Linux 6.2-rc1 bersama dengan Mesa 23.0-devel, yang memberikan dukungan terbaik untuk arsitektur RDNA 2 dan 3. Prosesor yang digunakan untuk pengujian adalah Intel i9-13900K CPU dengan 32GB DDR5-6000 gigabyte memori pada mobo ASUS PRIME Z790-P WIFI dan hard drive P44 PRO 2 TB NVMe dari Solidigm.

Hitman 3 menunjukkan keuntungan yang lebih tinggi dengan Windows 11 Pro dan AMD Radeon RX 7900 XTX, sedangkan AMD Radeon RX 6800 XT memiliki kinerja yang sama di Steam Play di Linux dan Windows standar (Windows tujuh frame per detik lebih cepat). Hal yang sama berlaku untuk waktu bingkai dan resolusi dengan penekanan pada bermain game di lingkungan 4K.

Left 4 Dead 2 sebaliknya, dengan rendering OpenGL menunjukkan FPS yang lebih baik pada kedua kartu grafis AMD daripada Windows 11 Pro. Namun, Portal 2 melompat kembali ke Windows dengan kedua kartu grafis, tetapi Linux adalah persaingan ketat untuk GPU AMD terbaru. Quake II RTX, terutama setelah ray tracing berbasis NVIDIA, hampir identik di Windows dan Linux, dengan ray tracing diaktifkan untuk menunjukkan paling mirip dengannya. Linux memimpin sedikit dalam kedua tes kartu grafis dalam game untuk driver ray tracing RADV, yang menunjukkan berapa banyak pekerjaan yang telah dilakukan untuk kompatibilitas dan kinerja driver selama setahun terakhir. Namun, sekali lagi, dalam pengujian resolusi 4K kami, Windows 11 Pro mengungguli Ubuntu. Strange Brigade juga lebih menyukai Windows 11 Pro daripada Ubuntu Linux dan X-Plane 12.

Tolok ukur GravityMark 1.72 memungkinkan grafik Ubuntu Linux mengungguli Windows 11 Pro sebagian besar waktu, berkat driver RadeonSI Gallium3D dan dukungan Vulkan, termasuk pengaturan resolusi 4K. Larabel mencatat bahwa standar UNIGINE Heaven perlahan-lahan menjadi usang tetapi tetap relatif sesuai dengan standar OpenGL asli. Windows 11 menunjukkan peningkatan paling banyak dalam tes benchmark Heaven tetapi membalikkan benchmark Superposition, hanya mendapatkan sedikit keunggulan atas Windows.

READ  Pemilik Pixel 6 tidak senang dengan kasing Google yang menguning

Di sebelah Editor Phoronix akan ada Intel Arc Graphics dan GPU RTX 40 terbaru dari NVIDIA dalam beberapa hari mendatang. Anda dapat memeriksa semua skor patokannya Situs web PhoronixAnda dapat melihat proyek lainnya di situs web portofolio profesionalnya, MichaelLarabel.com.

Sumber berita: VoronexDan Standar UNIGINE

Bagikan cerita ini

Facebook

Twitter