Mei 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kapal yang sempat terdampar sebentar di Terusan Suez berhasil diapungkan kembali

Kapal yang sempat terdampar sebentar di Terusan Suez berhasil diapungkan kembali

KAIRO (Reuters) – Agen pelayaran laut Leith mengatakan pada hari Kamis bahwa kapal tunda telah mengapungkan kembali sebuah kapal besar yang telah terjebak selama beberapa jam di Terusan Suez, memungkinkan aliran melalui salah satu saluran air tersibuk di dunia untuk kembali normal.

Leith mengidentifikasi kapal itu sebagai kapal pengangkut curah kelas 23 Shen Hai Tong dengan panjang 190 meter (623 kaki).

“Otoritas Terusan Suez berhasil mengapungkan kembali M/V XIN HAI TONG 23 pada pukul 07.40 (04.40 GMT). Konvoi ke utara akan masuk pada pukul 09.30 GMT,” kata Leth Agency dalam sebuah tweet.

Dalam sebuah pernyataan, otoritas kanal mengatakan mereka telah melaporkan kerusakan mesin dan mengerahkan kapal tunda untuk berhasil mengapungkan kembali kapal tersebut. Mereka menambahkan bahwa operasi sempat tertunda karena kegagalan derek kapal.

Otoritas menekankan bahwa “aktivitas pengangkutan di kedua arah akan kembali normal segera setelah proses penarikan berakhir, sebagai tindakan pencegahan.”

Leith sebelumnya mentweet bahwa kapal telah berhenti pada pukul 4 pagi waktu setempat, mengganggu setidaknya dua konvoi kapal.

Data pengiriman di Refinitiv Icon menunjukkan kapal yang berlayar di bawah bendera Hong Kong itu “tidak memegang komando” di dekat ujung selatan kanal. Kapal itu awalnya ditempatkan miring dengan buritannya berbatasan dengan sisi timur terusan, tetapi kapal itu tampaknya bergerak ke tengah dan berbelok ke selatan.

Pelacak menunjukkan tiga kapal tunda Mesir mengelilingi kapal.

Kapal berangkat dari pelabuhan Al-Dhaba di Kerajaan Arab Saudi. Dimiliki oleh Xiang B12 HK International Ship Lease Company dan dioperasikan oleh Tosco Keymax International Ship Management.

Sebuah kapal sepanjang 190 meter kandas di Terusan Suez Mesir pada hari Kamis, menghidupkan kembali kekhawatiran akan gangguan perdagangan global di salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Sekitar 12% perdagangan dunia bergerak melalui Terusan Suez, rute pelayaran terpendek antara Eropa dan Asia.

READ  Xi memenangkan masa jabatan ketiga sebagai presiden China di tengah sejumlah tantangan

Selama angin kencang pada tahun 2021, sebuah kapal kontainer besar, Ever Given, kandas melalui Terusan Suez, menghentikan lalu lintas di kedua arah selama enam hari dan mengganggu perdagangan global.

Tahun lalu, kapal tunda mengapungkan kembali sebuah kapal tanker minyak yang sempat terjebak di kanal setelah kemudinya mengalami kegagalan teknis, sementara runtuhnya kapal kontainer di kanal menyebabkan penundaan kecil di bulan Maret.

(Laporan oleh Hatem Maher dan Ahmed Tolba). Editing oleh Muralikumar Anantharaman

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.