Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jika ada kehidupan asing di Europa, kita mungkin menemukannya di ventilasi hidrotermal

Jika ada kehidupan asing di Europa, kita mungkin menemukannya di ventilasi hidrotermal

Simulasi komputer baru menunjukkan bahwa ventilasi hidrotermal bersuhu rendah mungkin bertahan di dasar laut gelap bulan-bulan seperti Europa di Jupiter selama miliaran tahun, seiring dengan upaya para ahli astrobiologi untuk mencari tahu apakah lautan asing ini dapat dihuni.

Ventilasi hidrotermal adalah sumber energi kimia dan panas, dan merupakan salah satu kemungkinan tempat asal mula kehidupan di Bumi. Tanah. Para ilmuwan planet telah berhipotesis bahwa ventilasi hidrotermal di dasar lautan terletak di bawah es di bulan Jupiter Seperti Eropa dan Ganimededan itu Saturnus Satelit EnceladusHal ini dapat membantu menghangatkan lautan dan menstimulasi biokimia kehidupan.

Masalahnya adalah pemodelan ventilasi ini berfokus pada ventilasi bersuhu sangat tinggi, yaitu “perokok hitam” yang memperoleh energinya dari aktivitas gunung berapi. Meskipun lubang-lubang super panas ini dapat menarik energi dari inti bumi yang panas, bulan-bulan es tidak memiliki inti yang panas, yang berarti terdapat tanda tanya mengenai apakah lubang-lubang ini dapat bertahan cukup lama untuk menciptakan kondisi jangka panjang bagi kehidupan.

(Kredit gambar: NASA/JPL-Caltech/Institut Penelitian Southwest)

Namun, ventilasi super panas bukanlah bentuk ventilasi yang dominan di lautan di bumi. Di Bumi, jumlah air yang jauh lebih besar melewati ventilasi bersuhu lebih rendah.