Desember 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jerman menghormati korban selamat kamp Nazi, 96 tewas di Ukraina

Jerman menghormati korban selamat kamp Nazi, 96 tewas di Ukraina

Parlemen Jerman pada Selasa memberikan penghormatan kepada Boris Romanchenko, yang selamat dari beberapa kamp konsentrasi Nazi selama Perang Dunia II, tetapi terbunuh pekan lalu dalam serangan di kota Kharkiv, Ukraina. Dia berusia 96 tahun.

Peringatan kamp Buchenwald mengatakan Senin bahwa Romanchenko, yang selamat dari Buchenwald dan kamp-kamp di Benimuende, Dora dan Bergen-Belsen, terbunuh pada hari Jumat. Dia mengatakan bahwa menurut cucunya, gedung bertingkat tempat dia tinggal dihantam oleh cangkang.

Tugu peringatan itu mengatakan Romanchenko mengabdikan hidupnya untuk memperingati kejahatan Nazi dan merupakan wakil kepala Komite Internasional Buchenwald Dora.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mencatat ironi yang menyedihkan dari kematian Romanchenko.

“Bayangkan saja sudah berapa lama!” Zelensky mengatakan dalam pidato video Senin malam. “Dia selamat dari Buchenwald, Dora, Benemoende, dan Bergen-Belson, yang merupakan pembawa kematian yang diciptakan oleh Nazi. Dia dibunuh oleh peluru Rusia yang menghantam gedung pencakar langit biasa di Kharkiv. Setiap hari perang ini, perang menjadi lebih dan lebih. lebih jelas apa yang mereka (Rusia) maksud dengan kata “pemberantasan.” Nazisme”.

Wakil Ketua Parlemen Catherine Goering-Eckhardt memuji Romanchenko pada sesi pembukaan parlemen Jerman pada hari Selasa.

Dia mengatakan Romanchenko dibawa ke Dortmund, Jerman sebagai pekerja paksa pada tahun 1942 dan dikirim ke kamp konsentrasi setelah upaya melarikan diri pada tahun 1943. Nazi Jerman menginvasi Uni Soviet pada tahun 1941.

“Kematiannya mengingatkan kita bahwa Jerman memikul tanggung jawab sejarah khusus terhadap Ukraina,” kata Göring Eckhardt. Boris Romanchenko adalah satu dari ribuan orang yang tewas di Ukraina. Setiap nyawa yang diambil mengingatkan kami untuk melakukan segala yang kami bisa untuk menghentikan perang kejam yang melanggar hukum internasional ini dan untuk membantu orang-orang di dalam dan dari Ukraina.”

READ  Ukraina menyelesaikan kuesioner keanggotaan UE

Anggota parlemen mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang Romanchenko dan korban perang lainnya.

Menteri Keuangan Christian Lindner mengatakan Romanchenko “selamat dari empat kamp konsentrasi dan sekarang terbunuh dalam perang agresif Rusia di Ukraina”. “Nasibnya menunjukkan karakter kriminal dari kebijakan Rusia, mengapa Jerman berdiri dalam solidaritas dengan Ukraina, mengapa kita harus menunjukkan solidaritas.”