Agustus 13, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jake Sullivan bertemu Yang Jiechi di Luksemburg, membuka jalan bagi kemungkinan pertemuan antara Biden dan Xi

Jake Sullivan bertemu Yang Jiechi di Luksemburg, membuka jalan bagi kemungkinan pertemuan antara Biden dan Xi

Pembicaraan, yang tidak diumumkan sebelumnya, berlangsung empat setengah jam. Mereka datang sebagai kemungkinan awal pertemuan antara Presiden Joe Biden dan timpalannya dari China Xi Jinping, yang Gedung Putih katakan mungkin dalam beberapa bulan mendatang.

Ketidaksepakatan atas hak asasi manusia, Taiwan, perdagangan dan ekspansi militer China telah membuat tegang hubungan antara Washington dan Beijing. Biden bersumpah bulan lalu untuk campur tangan secara militer China harus menaklukkan otonomi Taiwan Hanya memperburuk situasi.

Biden juga mempertimbangkan apakah akan menaikkan beberapa tarif di China yang diberlakukan mantan Presiden Donald Trump dalam upaya untuk menjinakkan inflasi di Amerika Serikat.

Setelah pertemuan Sullivan dengan Yang Jiechi, seorang pejabat senior pemerintahan mengatakan dia mengharapkan “untuk melihat pertemuan potensial tambahan dalam beberapa bulan mendatang,” meskipun mereka mengatakan saat ini tidak ada skema antara Biden dan Xi.

Pertemuan Sullivan dengan Yang mengikuti panggilan telepon bulan lalu sebelum kunjungan pertama Biden ke Asia. gedung Putih Buat sejumlah tautan Selama beberapa minggu terakhir untuk menunjukkan komitmennya di kawasan Asia-Pasifik, termasuk menjamu para pemimpin Asia Tenggara di Gedung Putih.

Langkah-langkah ini dipandang sebagai upaya untuk melawan pengaruh China di kawasan itu, yang merupakan pendorong utama fokus Biden di Asia.

“Tuan Sullivan menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi terbuka untuk mengelola persaingan antara kedua negara kita,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan pada pertemuan Senin.

Pertemuan sebelumnya antara Sullivan dan Yang didahului oleh panggilan telepon antara Biden dan Xi, yang belum pernah bertemu langsung sejak Biden menjabat. Mereka terakhir berbicara pada bulan Maret Selama 110 menit di Biden Dia berusaha untuk mencegah Xi memberikan dukungan kepada Rusia dalam perangnya di Ukraina.

Masalah ini dibahas di Luksemburg pada hari Senin, bersama dengan provokasi baru-baru ini oleh Korea Utara dan penahanan orang Amerika di China. Sullivan mengatakan orang Amerika yang tunduk pada larangan keluar adalah “prioritas pribadi” untuk Biden dan untuknya.

READ  Melarikan diri ke perbatasan: Sekitar 120.000 orang Ukraina telah mengungsi

Dia juga menyatakan keprihatinan tentang veto China baru-baru ini terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB terkait dengan Korea Utara. Dia menekankan “pentingnya menjaga jalur komunikasi terbuka di semua tingkatan.”

Pejabat itu mengatakan tujuan AS dalam melibatkan China adalah untuk “memastikan bahwa masing-masing pihak memahami niat yang lain, dan memahami prioritas.” “Ini penting untuk menghindari potensi kesalahpahaman dan salah tafsir serta mengurangi risiko. Saya pikir semua hal ini penting, Anda tahu, untuk mengelola hubungan dengan cara yang sehat dan bertanggung jawab.”