Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Investor ritel penting di Tesla berisiko kehilangan suara di RUPS

Investor ritel penting di Tesla berisiko kehilangan suara di RUPS

Buka Intisari Editor secara gratis

Puluhan ribu pemegang saham ritel internasional Tesla yang memiliki saham senilai $17 miliar mungkin tidak dapat memberikan suara pada pertemuan tahunannya karena platform investasi gagal menerapkan sistem lintas batas yang tepat.

Produsen mobil listrik terbesar di dunia ini telah berkampanye untuk mendesak para investor agar mendukung dua resolusi yang kemungkinan akan menghasilkan suara terbanyak pada pertemuan 13 Juni: resolusi pertama untuk mensertifikasi ulang gaji CEO Elon Musk sebesar $56 miliar dan resolusi lainnya untuk mendirikan kembali perusahaan di Texas. .

Langkah terbaru ini terjadi setelah hakim Delaware memutuskan untuk membatalkan paket opsi saham Musk, yang paling menguntungkan dalam sejarah perusahaan Amerika, karena kekhawatiran terhadap independensi dewan direksi.

Tesla memiliki persentase pemegang saham individu yang luar biasa tinggi – yang memiliki sekitar 30 persen saham perusahaan – dan hambatan besar dalam keberhasilan kedua pemungutan suara tersebut, khususnya perpindahan ke Texas, akan mengharuskan banyak dari mereka untuk memberikan suara mendukung. Presiden Robyn Denholm menyamakan misinya untuk memenangkan suara pemegang saham seperti mendaki Gunung Everest.

Namun banyak investor di Eropa dan Asia menyadari bahwa mereka tidak dapat memberikan suara secara elektronik dari luar Amerika Serikat karena pialang saham dan platform perdagangan online tempat mereka mengelola rekening saham tidak memiliki sistem yang memadai.

Tesla memperkirakan sekitar 3 persen sahamnya akan terkena dampaknya, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Ini setara dengan $16,7 miliar dari valuasi Tesla yang bernilai $558 miliar.

Pemungutan suara untuk menggabungkan kembali Tesla di Texas memiliki ambang batas yang lebih tinggi, mengharuskan mayoritas dari seluruh saham yang beredar untuk memberikan suara mendukung, yang berarti suara yang tidak diberikan akan dianggap menentang proposal tersebut.

READ  Tunggu harga menembus minggu depan saat pasar sedang overbought

“Mengingat besarnya kepemilikan ritel, setiap suara individu berarti,” kata seseorang.

Tesla bekerja sama dengan Innisfree, yang memiliki lebih dari 100 karyawan dalam kampanye ini. Taktik mereka termasuk menghubungi investor perorangan, mengirimkan brosur – yang dijuluki “surat perlawanan” – mendorong masyarakat untuk memilih, dan kampanye kesadaran media sosial pada platform X milik Musk.

Tesla dan Innisfree telah berusaha meyakinkan pialang untuk menerapkan proses baru, namun meski ada beberapa yang membantu, sebagian besar tidak melakukannya, dengan mengatakan mereka belum punya waktu untuk memasang infrastruktur, kata sumber tersebut.

Hargreaves Lansdowne, platform investasi swasta terbesar di Inggris dengan aset $120 miliar dan 1,7 juta klien, adalah salah satu pialang saham internasional yang tidak dapat dipilih oleh pemegang saham Tesla.

“Tahun lalu kami memperkenalkan pemungutan suara RUPS untuk perusahaan-perusahaan Inggris dan Eropa, dan memperluas layanan ini ke yurisdiksi lain di luar negeri adalah sesuatu yang sedang kami upayakan,” kata perusahaan itu. Dalam kasus Tesla, “Kami bekerja sama dengan penyedia layanan dealer kami untuk mencoba memfasilitasi peristiwa yang hanya terjadi satu kali ini. Namun, hal itu tidak mungkin dilakukan.”

HL memegang sebagian besar sekuritas kliennya di AS, termasuk saham Tesla, sebagai Crest Depositary Interest, atau CDI, yang secara historis tidak mengizinkan pemungutan suara di UE atau AS. Tahun ini, Crest menjalin kemitraan dengan fintech Amerika Broadridge Untuk menyediakan layanan seperti itu, namun belum diperluas untuk mencakup semua sekuritas AS. Meskipun ada tekanan keras dari Tesla, mereka tidak dapat memasangnya tepat waktu untuk mendapatkan suara dari pembuat mobil.

Bank Konsorsium BNP Paribas, yang kliennya juga mewakili sejumlah besar saham, adalah pemain besar lainnya yang tidak menawarkan layanan pemungutan suara proksi untuk saham-saham AS, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Consorsbank tidak dapat dimintai komentar.

READ  Berkshire Hathaway mengklaim Jimmy Haslam mencoba menyuap eksekutif Pilot untuk meningkatkan keuntungan perusahaan

Ada kendala lain yang mungkin membuat investor perorangan kurang berminat untuk memilih. Misalnya, Degero, broker saham online yang berbasis di Amsterdam, mengenakan biaya sebesar €10 per pemegang saham yang ingin memberikan suara, untuk menutupi biaya manajemen manual; Perusahaan Swiss Swissquote meminta pelanggan untuk menghubungi saluran layanannya.

Pihak lain telah membuat pengecualian dalam menanggapi kampanye hubungan masyarakat yang didukung Tesla. Bank Swedia Online Avanzayang biasanya tidak menawarkan layanan pemungutan suara di pasar non-domestik, mengirimkan email ke pelanggan untuk memberi tahu mereka bahwa mereka akan mengizinkan hal ini sekali saja.

Taruhannya tinggi, dan bahkan lebih bergantung pada suara pemegang saham individu setelah penasihat dealer besar Glass Lewis dan ISS mendesak pemilik Tesla untuk memberikan suara menentang keputusan pembayaran Musk. Pendapat mereka mempengaruhi keputusan investor institusi besar. Namun, Tesla telah menerima dukungan “hati-hati” dari ISS untuk penggabungannya kembali di Texas.

Vanguard, Capital Group, Norwegia Oil Fund, dan State Street termasuk di antara 10 pemegang saham terbesar Tesla yang memberikan suara menentang proposal upah pada tahun 2018, yang tetap disetujui dengan persetujuan 73 persen. Investor hipotek terkemuka Skotlandia Baillie Gifford, salah satu pemegang saham tertua pembuat mobil dan memegang saham terbesar ke-15, mengatakan pihaknya berencana untuk mendukung hadiah Musk sebesar $56 miliar.

Namun, CEO Calpers – dana pensiun publik terbesar di AS dan salah satu dari 25 pemegang saham teratas dengan saham senilai $1,67 miliar – mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada hari Rabu bahwa ia bermaksud untuk memberikan suara menentang kesepakatan tersebut, dengan menyatakan bahwa ia “bisa tidak percaya dengan kompensasinya”. Hal itu sepadan dengan kinerja perusahaan.

READ  AS memberikan $1,5 miliar kepada pembuat chip GlobalFoundries

musk buku Menanggapi X: “Calper melanggar kesepakatan. Mereka tidak mendapat kehormatan.”

Tesla menolak berkomentar.

Pelaporan tambahan dari Sarah White di Paris