Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa, Indonesia

Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa, Indonesia

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa, yang terletak di bagian timur laut Wilayah Administratif Nongsa di Pulau Bawah, merupakan salah satu dari dua KEK yang baru disetujui pada tahun 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Pemerintah ingin memanfaatkan posisi strategis kawasan ini yang dekat dengan Singapura dan lokasinya yang aman, konektivitas digital, dan pemandangan alam yang indah untuk mempromosikan industri teknologi dan pariwisata utama.

Terletak hanya 20 kilometer timur laut pulau dari Singapura, KEK Nongcha memiliki keunggulan geografis yang unik. Hasilnya, mayoritas—sekitar 70 persen—investor asing di Batam adalah warga negara Singapura.

Kawasan seluas 166 hektar yang melayani Nongsa Digital Park (NDP) yang sudah ada ditingkatkan statusnya menjadi KEK pada tahun 2021. Dibuka pada tahun 2018, NDP berfokus pada pengembangan industri digital, pembangunan dan pengembangan pusat data. industri TI.

Temukan dukungan bisnis

KEK Nongsa kemudian dibentuk untuk fokus pada perluasan teknologi digital dan industri pariwisata, menggunakan NDP yang ada sebagai “pusat TI dan jembatan digital” antara Singapura dan Indonesia. KEK Nongcha juga memiliki jaringan transportasi regional dan internasional yang penting, termasuk Terminal Feri Nongchapura dan Bandara Internasional Hong Nadim.

Pemerintah bertujuan untuk menarik total 16 triliun rupee (US$1 miliar) ke KEK dan mempekerjakan 16.500 orang di zona tersebut pada tahun 2040. Pada Agustus 2022, total investasi di kawasan ini telah mencapai rupee 2,61 triliun (US$170,7 juta). )

KEK telah menyediakan berbagai jenis infrastruktur yang mendukung pertumbuhan pariwisata, film, dan industri digital. Ini mencakup beberapa resor, lapangan golf, studio film dan “kota film”. Zona ini memiliki sekolah internasional, kawasan komersial dan perumahan, serta pusat data.

Dengan status barunya sebagai KEK, Nongsa siap menjadi tujuan utama bagi investor asing dan pusat industri digital serta talenta. Di bawah ini kami membahas daya tarik industri utama KEK dan insentif keuangan yang ditawarkan kepada perusahaan-perusahaan di zona tersebut.

Industri Besar di KEK Nongsa

Teknologi digital dan pusat data

KEK Nongsa memiliki fokus khusus pada teknologi cloud dan pusat data sebagai bidang utama pengembangan ekonomi digital. Pemerintah menyadari perlunya mendiversifikasi infrastruktur pusat data di Indonesia, yang saat ini sebagian besar terkonsentrasi di Jakarta, dan telah menjadikan Batam sebagai pusat pertumbuhan di masa depan.

READ  JLL Indonesia Memimpin: Tempat Kerja Bersertifikasi WELL Platinum Pertama di Indonesia untuk Peningkatan Kesejahteraan

Ada beberapa faktor yang menjadikan kawasan ini ideal untuk membangun hub pusat data. Pertama, Nongsa tidak terletak di salah satu garis patahan Indonesia dan telah diberi label sebagai “zona bebas gempa”, sehingga merupakan lokasi ideal untuk membangun pusat data.

Kedua, Batam merupakan salah satu wilayah yang paling terhubung di Indonesia bagian barat. Nongsa memiliki “jumlah stasiun pendaratan dan kabel satu arah terbanyak,” menurut NDP, yang mencakup 12 sistem kabel bawah laut yang terhubung ke Singapura, Malaysia dan Jakarta.

Dorongan KEK untuk mengembangkan industri pusat datanya telah mendorong beberapa perusahaan multinasional mendirikan pusat data di zona tersebut. Pada akhir tahun 2021, pengembang pusat data Tiongkok GTS Holdings mengumumkan investasi pertamanya pada pusat data di Indonesia, yang akan mencakup dua gedung pusat data baru di NTP dengan total kapasitas energi TI sebesar 28 MW.

Pada bulan Februari 2023, perusahaan pusat data Singapura Princeton Digital Group mengumumkan investasi sebesar US$1 miliar untuk memperluas jangkauan pusat datanya ke Johor, Malaysia. Perusahaan sudah memiliki kampus di KEK Nongsa.

Selain pusat data, NDP telah menjadi rumah bagi lebih dari 100 perusahaan teknologi asing dan lokal.

Pariwisata dan industri kreatif

Provinsi Riau (terdiri dari ribuan pulau, termasuk Padam) merupakan destinasi wisata terpopuler kedua di Indonesia setelah Bali. Pulau Batam menyambut sekitar 1,9 juta wisatawan asing pada tahun 2019.

KEK Nongsa akan berupaya untuk berinvestasi lebih lanjut di sektor pariwisata yang ada. Wilayah Administratif Nongsa adalah destinasi terkenal bagi wisatawan internasional, dengan pantai dan hutan bakau yang populer. Daerah ini memiliki banyak resor pantai besar, hotel yang tak terhitung jumlahnya, dan banyak resor golf.

Terminal Feri Nongchapura mengangkut penumpang ke Kepulauan Riau dan tempat menarik lainnya di Singapura. Hanya 45 menit dengan feri dari Terminal Feri Tanah Merah Singapura, Nongcha mudah diakses oleh wisatawan internasional dan terhubung dengan baik ke tujuan wisata lainnya.

Selain pariwisata, KEK Nongsa telah menjadi pusat industri film dan animasi yang sedang berkembang di Indonesia, memanfaatkan kedekatannya dengan Singapura dan akses terhadap talenta teknologi. Pembangunan khusus “Movie Town” diusulkan dalam masterplan KEK dan saat ini menjadi rumah bagi studio animasi terbesar di Indonesia, Infinite Studios.

Insentif finansial bagi perusahaan yang didirikan di KEK Nongsa

Dengan meningkatkan NDP Nongsa menjadi KEK, perusahaan yang didirikan di zona tersebut akan memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat yang lebih luas. Insentif finansial Jika mereka berkomitmen pada tingkat investasi tertentu di wilayah tersebut.

Hal ini termasuk pembebasan pajak 100 persen untuk kegiatan utama yang dilakukan di zona tersebut, tergantung pada ukuran dan durasi investasi. “Kegiatan inti” di KEK Nongsa adalah pariwisata dan teknologi digital.

Perusahaan yang berinvestasi sebesar rupee 100 miliar (US$6,56 juta) selama periode 10 tahun akan memenuhi syarat untuk mendapatkan pengurangan pajak penghasilan badan (CIT) sebesar 100 persen. Setelah periode ini, perusahaan masih berhak mendapatkan pengurangan CIT sebesar 50 persen.

Selain itu, pengusaha juga dapat menikmati tax holiday selama 10 hingga 20 tahun tergantung jumlah investasinya.

Perusahaan mungkin berhak mendapatkan tambahan tunjangan pajak tertentu untuk aktivitas non-utama atau aktivitas utama yang tidak memenuhi syarat tax holiday. Seperti yang tertera di dalamnya Kementerian InvestasiPembayaran pajak tersebut antara lain:

  • Dikurangi 30 persen laba bersih dari jumlah sebenarnya yang diinvestasikan pada aset berwujud termasuk aset tetap dan tanah, dibebankan sebesar 5 persen per tahun selama enam tahun;
  • Percepatan penyusutan dan/atau amortisasi aset tetap dan aset tidak berwujud yang memenuhi syarat;
  • Menurunkan tarif pajak penghasilan atas dividen yang dibayarkan kepada wajib pajak luar negeri selain bentuk usaha tetap di Indonesia menjadi 10 persen atau kurang Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda; Dan
  • Ganti rugi atas kerugian melebihi lima tahun dan kurang dari 10 tahun dengan syarat-syarat tertentu.
READ  Warga Australia berperilaku buruk di Indonesia - Duta Besar

Toko-toko komersial yang berlokasi di KEK yang diperuntukkan bagi pengembangan pariwisata, termasuk KEK Nongsa, juga dapat berpartisipasi dalam skema pengembalian PPN bagi pemegang paspor asing. Selain itu, pembelian rumah tempat tinggal atau tempat tinggal dibebaskan dari pajak penjualan atas barang mewah.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) tidak dikenakan atas jenis barang dan jasa di KEK Nongsa sebagai berikut:

  • penyerahan Barang Kena Pajak berwujud dari Kawasan Pabean Indonesia lainnya, Kawasan Perdagangan Bebas, dan Kawasan Berikat kepada badan usaha di KEK;
  • Impor Barang Kena Pajak tertentu kepada tempat usaha di KEK;
  • Impor barang konsumsi; Dan
  • Penyerahan jasa kena pajak dan/atau barang kena pajak pada KEK yang sama atau KEK lainnya.

Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif pajak di KEK Nongsa, pelaku usaha harus menyediakan hal-hal berikut:

  • izin usahanya;
  • Bukti menjadi Wajib Pajak badan dalam negeri; Dan
  • Persetujuan diperoleh dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia berdasarkan Klasifikasi Baku Industri Perusahaan (KPLI), bukti lokasi proyek dan penentuan jenis produksi atau jasa yang akan dilakukan.

tentang kami

Disiapkan oleh Pengarahan ASEAN Desan Shira & Rekan. Perusahaan ini melayani investor asing di seluruh Asia dan memiliki kantor di seluruh ASEAN Singapura, Hanoi, Kota Ho Chi MinhDan Da Nang Di Vietnam, MunichDan Essen Di Jerman, BostonDan Kota Danau Garam Di Amerika, Milan, ConeglianoDan Udin Selain itu, di Italia JakartaDan Badam Di Indonesia. Kami juga memiliki perusahaan mitra Malaysia, BangladeshItu FilipinaDan Thailand Serta praktik kami Cina Dan India. Hubungi kami di [email protected] atau kunjungi website kami www.dezshira.com.