Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Inflasi melambat.  Inilah Mengapa Harga Tidak Turun – NBC 5 Dallas-Fort Worth

Inflasi melambat. Inilah Mengapa Harga Tidak Turun – NBC 5 Dallas-Fort Worth

  • Data historis menunjukkan bahwa faktor utama penurunan harga adalah perlambatan belanja konsumen.
  • Meskipun hampir separuh penduduk Amerika melaporkan bahwa mereka berada dalam situasi keuangan yang lebih buruk dibandingkan lima tahun yang lalu, mereka masih tetap melakukan pengeluaran.
  • Penjualan ritel naik 2,1% tahun-ke-tahun pada kuartal pertama tahun 2024 dan belanja konsumen melonjak pada bulan Februari dan Maret.

Jane Luke, 27, adalah pengembang resep yang tinggal di Boston yang membuat konten online yang menunjukkan kepada orang-orang cara makan enak Sesuai anggaran.

“Saya pikir bukan rahasia lagi bahwa harga-harga sedang naik hampir secara keseluruhan saat ini,” kata Locke kepada CNBC.

Sekitar dua pertiga, 65%, orang dewasa AS Jajak pendapat CNBC/SurveyMonkey musim semi ini menunjukkan inflasi adalah pendorong utama tekanan finansial mereka. Kelompok yang sama mengatakan mereka masih hidup Gaji ke gaji. Hampir setengahnya merasa bahwa mereka berada dalam posisi keuangan yang lebih buruk dibandingkan lima tahun lalu.

Pada bulan Januari tahun lalu, Lueke memulai serial media sosial di mana dia mengambil satu daftar belanjaan seharga $50-$75 dan mengubahnya menjadi lima resep berbeda untuk keluarga mereka. Dia terinspirasi untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka masih bisa makan enak sambil mengurangi biaya belanjaan.

Zach Stavier untuk CNBC

Jennifer Locke, 27, menciptakan resep ramah anggaran untuk jutaan pemirsanya di media sosial.

“Ini sangat sulit. Saya di sini bukan untuk berbagi ide-ide positif dan beracun tentang cara berbelanja sesuai anggaran,” kata Luke. “Saya hanya mencoba memberdayakan masyarakat untuk merasa bahwa mereka dapat memiliki sedikit kendali, setidaknya dalam hal biaya pangan mereka.”

Deflasi, Deflasi dan “Ilusi Uang”

“Saya pikir orang Amerika sedikit bingung ketika mereka melihat laporan berita tentang inflasi turun, namun mereka tidak melihat harga-harga turun,” kata Lindsay Owens, direktur eksekutif organisasi nirlaba Groundwork Collaborative.

READ  Trump sesumbar bahwa dia bisa membuat Elon Musk 'berlutut' saat dia mengabaikan sidang 6 Januari

Ada perbedaan penting antara inflasi yang meningkat lebih lambat – fenomena yang disebut disinflasi – dan inflasi yang berbalik arah, yang dapat menyebabkan harga lebih rendah. Para ekonom menyebut yang terakhir deflasiyang biasanya dikaitkan dengan kontraksi ekonomi dan kemungkinan resesi.

Data historis menunjukkan bahwa harga lebih mudah naik daripada turun. Ketika angka tersebut turun, hal ini biasanya disebabkan oleh berkurangnya pengeluaran masyarakat, dan hal ini tidak terjadi saat ini. Pengecer Naik 2,1% tahun-ke-tahun pada kuartal pertama tahun ini Belanja konsumen melonjak Pada bulan Februari dan Maret.

“Siklus ini adalah konsep yang disebut ilusi finansial,” kata psikolog klinis Sabrina Romanoff.

“Orang-orang yang memiliki ilusi tentang uang…tidak memperhitungkan tingkat inflasi dalam perekonomian,” katanya. “Jadi mereka secara keliru percaya bahwa satu dolar saat ini bernilai sama dengan tahun sebelumnya.”

Para ahli telah menyuarakan keprihatinan tentang potensi “kantong masalah”. Dengan total saldo kartu kredit di Amerika Serikat meningkat menjadi Jumlah yang mencapai rekor sebesar $1,08 triliun Pada kuartal ketiga tahun 2023. Hampir separuh orang Amerika, 49%, memiliki kartu kredit Mereka bilang mereka membawa saldo dari bulan ke bulan, menurut survei Bankrate November 2023.

Data kenaikan upah mungkin juga tampak tidak konsisten dengan pengalaman konsumen. upah telah meningkat sejak Januari 2022, Namun laju kenaikannya melambat, dan rata-rata sejalan dengan kenaikan harga. Analisis dari Bankrate memperkirakan kesenjangan antara inflasi dan upah Itu tidak akan ditutup sepenuhnya hingga kuartal keempat tahun 2024.

“Bagi banyak orang Amerika, pertumbuhan upah sudah lama tertunda,” kata Owens. “Mereka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun dalam beberapa kasus, dengan gaji yang stagnan atau kenaikan gaji yang kecil.”

READ  Elon Musk meluncurkan di Twitter dengan penawaran tunai $ 41 miliar

Perhatikan video Di atas untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa harga tidak mungkin turun kembali.