Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Inflasi CPI rendah, tetapi layanan masih meningkat; Reli S&P 500 berhenti

Inflasi CPI turun lebih cepat dari yang diharapkan pada bulan Desember. Namun, inflasi inti, yang tidak termasuk makanan dan energi, hanya melambat sejalan dengan ekspektasi di tengah inflasi jasa yang membandel. S&P 500 naik Kamis pagi Pekerjaan pasar sahamBerfluktuasi antara kerugian dan keuntungan ringan setelah rilis indeks harga konsumen.




X



Inflasi IHK turun menjadi 6,5% dari 7,1% di bulan sebelumnya dibandingkan perkiraan Wall Street sebesar 6,6%. Indeks Harga Konsumen turun sebesar 0,1% selama bulan tersebut versus pembacaan datar yang diharapkan.

Core CPI naik 0,3% dari level November seperti yang diharapkan. Tingkat inflasi inti tahunan turun menjadi 5,7% dari 6%. Inflasi CPI inti memuncak pada 6,6% dalam 40 tahun pada bulan September.

Juga Kamis, Departemen Tenaga Kerja juga melaporkan bahwa klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun 1.000 menjadi 205.000 dalam pekan yang berakhir 7 Januari, menunjukkan bahwa PHK belum pulih dalam skala besar.

The Fed kemungkinan akan terus menurunkan laju kenaikan suku bunga menjadi hanya seperempat poin dengan langkah kebijakan berikutnya pada 1 Februari. Peluang kenaikan suku bunga hanya 25 basis poin. melonjak menjadi 93% setelah indeks harga konsumen, naik dari 77%.

Seberapa jauh The Fed terus meningkat setelah itu tidak akan terlalu bergantung pada indeks harga konsumen daripada pertumbuhan upah, yang penting bagi prospek inflasi di sektor jasa. Kabar baik bagi pasar yang memicu upaya reli terbaru S&P 500 adalah pertumbuhan upah menunjukkan penurunan yang mengejutkan di bulan Desember.

barang vs. Layanan pembelanjaan

Inflasi harga komoditas, tidak termasuk makanan dan energi, telah melambat dari kenaikan dua digit di awal tahun. Perkembangan ini berlanjut hingga Desember. Harga komoditas turun 0,3% selama sebulan. Ini mengangkat tingkat inflasi tahun-ke-tahun menjadi 2,1% dari 3,7% di bulan November.

READ  Ini adalah mobil listrik pertama dari Dodge

Inflasi harga untuk layanan non-energi, yang memengaruhi 56% anggaran konsumen, belum mulai mereda. Harga untuk layanan dasar naik 0,5% di bulan tersebut dan 7% tahun ke tahun, dibandingkan dengan 6,8% di bulan November. Namun, itu sebagian karena cara Departemen Tenaga Kerja menghitung inflasi perumahan. Sementara tarif baru untuk sewa perumahan telah menurun selama berbulan-bulan, dibutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk sepenuhnya tercermin dalam sewa terbarukan dan indeks harga konsumen.

Namun, harga untuk layanan tidak termasuk hunian naik 7,4% dari tahun lalu. Ini termasuk harga untuk layanan energi, yang naik 15,6% dari tahun lalu. Tidak termasuk energi dan tempat tinggal, harga utilitas naik sekitar 6,2% dari tahun lalu.

Reaksi S&P 500 terhadap laporan CPI

S&P 500 naik kurang dari 0,1% sekitar pukul 10:55 ET, menunjukkan sedikit arah. Dow Jones Industrial Average naik 0,4%, sedangkan Nasdaq Composite turun 0,1%.

Sementara itu, imbal hasil Treasury 10 tahun turun 2 basis poin menjadi 3,53%.

Reli terbaru untuk S&P 500 dari posisi terendah pertengahan Oktober mendapat sentakan energi lagi pada 6 Januari, ketika data inflasi upah secara tak terduga meningkatkan harapan bahwa Federal Reserve mungkin memangkas kenaikan suku bunga sebelum mereka mengejar. ekonomi.

Reli yang dipicu oleh laporan pekerjaan mengangkat S&P 500 dalam 0,4% dari rata-rata pergerakan 200 hari. Dua upaya terakhir di reli telah tersandung di sekitar level ini, tetapi yang ini mungkin memiliki beberapa kaki.

S&P 500 selesai 13,7% di atas level terendah pasar beruang 13 Oktober hari Rabu, tetapi masih 17,6% di bawah level penutupan tertinggi sepanjang masa.

Pastikan untuk membaca IBD Gambar besar Setiap hari untuk tetap sinkron dengan tren pasar dan apa artinya bagi keputusan perdagangan Anda.

READ  Elon Musk mengatakan dia ingin tetap sehat, tetapi dia tidak takut mati

Rincian laporan inflasi IHK

Harga mobil dan truk bekas turun 2,5% selama sebulan dan sekarang 8,8% lebih rendah dari level tahun lalu. Harga mobil baru turun 0,1% dibandingkan bulan November, sedangkan kenaikan harga tahunan turun menjadi 5,9% dari 7,2% di bulan sebelumnya.

Harga energi turun 4,5% bulan ke bulan, sementara kenaikan tahunan turun menjadi 7,3% dari 13,1% di bulan November.

Harga makanan naik 0,3% di bulan tersebut, karena kenaikan tahunan melambat menjadi 10,4% dari 10,6%.

Sewa penduduk utama dan sewa setara pemilik masing-masing naik 8,3% dan 7,5% dari tahun lalu. Keduanya naik 0,8% untuk bulan ini.

Harga jasa transportasi naik 0,2% di bulan tersebut dan 14,6% dari tahun lalu.

Harga untuk layanan medis meningkat sebesar 0,1% selama satu bulan, setelah turun sebesar 0,7% dan 0,6% pada dua bulan sebelumnya. Itu meninggalkan peningkatan tahunan sebesar 4,1%.

Powell Fed mengalihkan fokus dari CPI ke upah

Penurunan inflasi CPI lebih lanjut dapat memungkinkan S&P 500 untuk terus bergerak lebih tinggi, tetapi itu tidak akan menjadi katalis.

Pertumbuhan upah telah menjadi kunci prospek kebijakan Fed, sehingga investor belum merayakannya Laporan pekerjaan Desember Itu menunjukkan perputaran ke bawah yang mengejutkan di kuartal keempat. Penghasilan per jam rata-rata naik 4,6% dari tahun lalu, di bawah perkiraan 5%, memulai reli S&P 500 saat ini. Pertumbuhan upah kini telah turun ke level terendah sejak Agustus 2021, turun satu poin persentase penuh dari puncaknya di bulan Maret.

Dengan upah tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 4% pada kuartal keempat, pertumbuhan upah tampaknya mereda untuk mendekati target Ketua Fed Jerome Powell sebesar 3,5%. Mempertimbangkan pertumbuhan produktivitas sekitar 1,5%, pertumbuhan upah sebesar 3,5% dapat membawa inflasi mendekati target Fed sebesar 2%.

READ  AppLovin Menawarkan Untuk Membeli Perangkat Lunak Video Game Unity Dalam Kesepakatan Senilai $17,5 Miliar

Tingkat inflasi yang paling penting di masa depan adalah Pengeluaran konsumsi pribadi layanan lebih sedikit energi dan perumahankata Powell. Inflasi harga komoditas berkurang dan hal yang sama kemungkinan akan terjadi pada inflasi perumahan pada tahun 2023, mengingat sewa pasar terhenti. Namun inflasi pada jasa non-energi, tidak termasuk perumahan, kemungkinan besar akan tetap tinggi selama pertumbuhan upah tetap tinggi.

Perumahan menyumbang lebih dari 30% dari CPI dan 40% dari CPI inti, tetapi hanya 15% dari keranjang PCE yang lebih luas.

Pengeluaran perawatan kesehatan dalam IHK tidak termasuk sebagian besar pengeluaran: pengeluaran ditanggung oleh pemberi kerja dan program pemerintah. Selain itu, penurunan baru-baru ini dalam harga layanan medis dalam CPI mencerminkan data usang tentang pendapatan perusahaan asuransi. Sebaliknya, inflasi perawatan kesehatan dalam pengeluaran konsumsi pribadi meningkat di tengah meningkatnya biaya tenaga kerja. Selain itu, makanan yang dikonsumsi di restoran, yang terus mengalami tingkat inflasi tinggi, dikecualikan dari IHK inti tetapi dikelompokkan dalam layanan inti PCE.

Anda mungkin juga menyukai:

Bergabunglah dengan IBD Live dan pelajari teknik membaca grafik dan perdagangan terbaik dari para profesional

Tangkap saham pemenang berikutnya dengan MarketSmith

Cara menghasilkan uang dari saham dalam 3 langkah sederhana

Grafik inflasi federal yang baru ini adalah kunci untuk S&P 500