April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia Usulkan Zona Demiliterisasi, Rencana Perdamaian PBB untuk Ukraina

Indonesia Usulkan Zona Demiliterisasi, Rencana Perdamaian PBB untuk Ukraina

SINGAPURA, 3 Juni (Reuters) – Menteri Pertahanan Indonesia mengusulkan rencana perdamaian untuk perang di Ukraina pada hari Sabtu, menyerukan zona demiliterisasi dan referendum PBB tentang apa yang disebutnya wilayah yang disengketakan.

Prabowo Subianto menyeru para pejabat keamanan dan militer dari seluruh dunia di Shangri-La Dialogue Security Summit di Singapura.

Dia mengusulkan rencana multi-poin, termasuk gencatan senjata di “posisi kedua pihak yang bertikai saat ini” dan pembentukan zona demiliterisasi dengan mundur 15 kilometer (hampir 10 mil) dari posisi depan masing-masing pihak.

Zona demiliterisasi harus dipantau dan dipantau oleh pasukan penjaga perdamaian yang dikerahkan oleh PBB, katanya, seraya menambahkan bahwa “referendum PBB harus dilakukan untuk secara objektif memastikan preferensi mayoritas penduduk di berbagai wilayah yang disengketakan.”

“Saya mengusulkan agar Dialog Shangri-La mendesak Ukraina dan Rusia untuk segera memulai negosiasi perdamaian … untuk menemukan sistem deklarasi sukarela,” kata Prabowo.

Proposal Indonesia mengikuti kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow dan Kiev selama setahun, di mana ia menawarkan untuk berperan sebagai perantara perdamaian antara para pemimpin mereka dan memulai kembali pembicaraan damai. Dia juga ketua kelompok ekonomi besar G20 pada saat itu.

Berbicara di panel yang sama, Perwakilan Tinggi UE dan Wakil Presiden Komisi Eropa, Josep Borrell Fontelles, mencatat bahwa jika dukungan militer untuk Ukraina diakhiri, perang akan segera berakhir – tetapi kedaulatan negara akan jatuh ke tangan agresi eksternal.

“Kami tidak dapat berhenti mendukung Ukraina secara militer karena kami tidak menginginkan perdamaian … kedamaian penyerahan diri. Kedamaian bagi yang kuat,” kata Borrell.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengusulkan rencana perdamaian 10 poin yang meminta Rusia untuk menarik semua pasukan dari Ukraina. Ukraina tidak tertarik pada gencatan senjata yang mengunci keuntungan teritorial Rusia, kata kepala penasihat diplomatik Ihor Zhovkva.

READ  Casio berkontribusi pada pendidikan matematika di Indonesia

Dilaporkan oleh Kanupriya Kapoor; Diedit oleh Gerry Doyle

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Kanupriya Kapoor

Thomson Reuters

Berita terkini di seluruh Asia Tenggara mencakup cerita panjang tentang politik, lingkungan, keamanan https://www.reuters.com/graphics/GLOBAL-ENVIRONMENT/MEKONG/egbbyyadnvq/index.html Singapura; Sebelumnya bekerja di London, New York, Jakarta, Financial Times, Hong Kong, Mumbai.