Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia Rekomendasikan Rencana Perdamaian Perang Rusia-Ukraina;  Uni Eropa telah mengkritik

Indonesia Rekomendasikan Rencana Perdamaian Perang Rusia-Ukraina; Uni Eropa telah mengkritik

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto mengusulkan rencana untuk mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina pada pertemuan puncak pertahanan di Singapura pada 3 Juni, menuai kritik cepat dari para hadirin.

Tn.

Dalam pidatonya di KTT Keamanan Dialog Shangri-La, Tn. Prabowo mengusulkan gencatan senjata pada “tingkat saat ini” dan zona demiliterisasi yang dijamin oleh pengamat dan penjaga perdamaian PBB. Dia juga menyarankan diadakannya “referendum di wilayah yang disengketakan” yang diselenggarakan oleh PBB.

“Indonesia siap memberikan kontribusi unit untuk kemungkinan operasi penjaga perdamaian PBB,” tambahnya.

Lihat lebih banyak | Joko Widodo dan kekuatan keseimbangan

China telah mengajukan rencana perdamaiannya sendiri untuk mengakhiri perang – daftar rencana yang tidak jelas yang ditanggapi dengan skeptis oleh politisi Uni Eropa. Meskipun Beijing mengklaim sebagai pihak netral dalam konflik tersebut, Beijing telah dikritik karena menolak mengutuk invasi Moskow.

Sebaliknya, Amerika Serikat dan sekutu Barat telah memberi Ukraina miliaran dolar senjata dan bantuan lainnya sejak invasi Rusia.

Jakarta yang berpihak pada diplomasi nonblok sebelumnya telah mencoba menengahi perdamaian.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi Kiev dan Moskow tahun lalu untuk bertemu dengan para kepala negara, sementara negaranya memimpin pertemuan negara ekonomi utama G20.

Baca selengkapnya | Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan untuk fokus pada krisis pangan dan energi akibat perang di Ukraina

Namun, proposal Menteri Pertahanan Subianto dikritik di KTT tersebut, dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Joseph Borrell mengatakan bahwa perdamaian di Ukraina harus dicapai atas dasar “semata”.

“Kita harus membawa perdamaian ke Ukraina, tetapi itu harus menjadi perdamaian yang adil, bukan perdamaian menyerah,” kata Mr Borel, mengomentari usulan Indonesia.

READ  Gunung berapi Gunung Ibu di Indonesia meletus, memuntahkan awan abu

Tn. Prabowo menjawab sambil meninggikan suaranya: “Tanyakan sudah berapa kali Indonesia dijajah. Pelanggaran kedaulatan tidak hanya terjadi di Eropa.

“Saya mempresentasikan rencana resolusi konflik,” tambahnya. “Saya tidak mengatakan siapa yang benar dan siapa yang salah.”

Sejauh ini, Indonesia telah mendukung resolusi PBB yang mengutuk agresi Rusia di Ukraina, tetapi Indonesia belum menerapkan sanksi terhadap Moskow.

Ini adalah artikel premium yang hanya tersedia untuk pelanggan kami. 250+ artikel premium untuk dibaca setiap bulan

Anda telah kehabisan batas artikel gratis Anda. Dukung jurnalisme berkualitas.

Anda telah kehabisan batas artikel gratis Anda. Dukung jurnalisme berkualitas.

Ini adalah artikel gratis terakhir Anda.