Desember 1, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia pertama kali memberi lampu hijau pada vaksin Novax Kovit-19

JAKARTA, Indonesia (AP) – Indonesia telah memberikan persetujuan aplikasi darurat pertama di dunia untuk vaksin COVID-19-nya, kata perusahaan bioteknologi Novavax, Senin, menggunakan teknologi yang berbeda dari tampilan saat ini.

Vaksin lebih mudah disimpan daripada beberapa suntikan lain, yang memungkinkannya memainkan peran kunci dalam meningkatkan distribusi di negara-negara miskin di seluruh dunia.

Vaksin novovax dua dosis dibuat dalam salinan protein lonjakan yang melapisi virus corona yang ditumbuhkan di laboratorium. Ini sangat kontras dengan vaksin MRNA yang banyak digunakan seperti Pfizer dan Moderna, yang menyediakan mekanisme genetik untuk protein lonjakan tubuh sendiri.

Persetujuan darurat vaksin adalah “langkah yang sangat penting” untuk program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, kata ahli epidemiologi Indonesia Tiki Putiman.

“Akan lebih mudah untuk membawa, menyimpan, dan mendistribusikan vaksin ini di tempat yang memiliki banyak pulau seperti Indonesia,” katanya.

Putiman mengatakan jika pelepasan vaksin berhasil, itu akan mengarah pada persetujuan dan penggunaan di negara berkembang lainnya.

Kebutuhan akan lebih banyak vaksin signifikan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Pada bulan Juni, Novavax yang berbasis di AS mengumumkan bahwa vaksin terhadap gejala COVID-19 telah terbukti 90% efektif dalam penelitian terhadap hampir 30.000 orang di Amerika Serikat dan Meksiko. Itu juga bertindak melawan variasi yang beredar di negara-negara itu pada saat itu, katanya.

Perusahaan mengatakan efek sampingnya ringan dan termasuk nyeri tekan, sakit kepala, nyeri dan kelelahan di tempat suntikan.

Pada bulan Oktober, itu membahas kekhawatiran bahwa produksi vaksin menurun karena kekurangan bahan baku dan masalah lainnya, dan mengatakan kemitraan itu direncanakan untuk “mencapai 150 juta dosis per bulan pada akhir kuartal keempat.” Serum Institute di India, SK Biosciences di Korea Selatan dan Daketa di Jepang.

READ  Tangkap dua saham di perusahaan fintech Indonesia Ovo saat persaingan semakin ketat

NovaVox telah mengklaim bahwa vaksin tersebut disetujui di Inggris, Uni Eropa, Kanada, Australia, India, dan Filipina.

Indonesia dilanda gelombang mematikan COVID-19 yang dipicu oleh variasi delta dan perjalanan pasca-liburan dari Juni hingga Agustus. Kasus baru kini turun menjadi rata-rata kurang dari 1.000 per hari sejak pertengahan Oktober.

Sekitar 36% orang di Indonesia telah menerima dua dosis vaksin, dan sekitar 58% telah menerima satu dosis, menurut Kementerian Kesehatan.

Virus tersebut telah menewaskan 1.43.400 orang di Indonesia. Jumlah ini dianggap rendah karena rendahnya pengujian dan penelusuran.

___

Penulis Associated Press Ninik Carmini berkontribusi pada laporan tersebut.

___

Associated Press didukung oleh Departemen Kesehatan dan Sains, Departemen Pendidikan Sains di Institut Medis Howard Hughes. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.