Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia meraih juara ketiga Kejuaraan Wushu Junior Dunia 2022

Indonesia meraih 10 medali

DANGERANG, PANTEN (ANTARA) – Tuan rumah World Junior Wushu Championships (WJWC) 2022 Indonesia menempati urutan ketiga perolehan medali.

Secara total, Indonesia mengumpulkan 10 medali emas, dua perak, dan lima perunggu, kata Presiden Persatuan Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto secara resmi menyimpulkan di ICE BSD, di sini, Sabtu.

Iran menjadi juara dengan 13 medali emas, 5 perak, dan 5 perunggu, disusul China dengan 10 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu.

Rekor Indonesia selama delapan edisi WJWC merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan rekor negara pada kejuaraan 2018 di Brasil.

Dalam kurun waktu tersebut, Indonesia berada di peringkat 11 dengan perolehan dua medali emas, 10 perak, dan tujuh perunggu.

Berita Terkait: Indonesia akan menjadi tuan rumah World Junior Wushu Championship 2022 pada Desember mendatang

Rainy Elena Lim menyumbangkan medali emas terakhir untuk Indonesia dari tim junior B putri qiangshu di WJWC 2022 juga.

Selama ajang tersebut, ia berhasil mengumpulkan 9.176 poin. Sedangkan medali perak diraih oleh Oubu Ishii dari Jepang dengan 9.100 poin dan Kim Caeyoung dari Korea Selatan meraih medali perunggu dengan 8.983 poin.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Kejuaraan Wushu Junior Dunia 2022 Gunawan Tjokro mengatakan, sebagai tuan rumah, Indonesia bersyukur bisa masuk tiga besar.

“Indonesia meraih 10 medali. Rekor medali emas kita sebenarnya sama dengan China, tapi kita kehilangan satu poin perak. Jadi secara keseluruhan kita berada di posisi ketiga,” jelasnya.

Berita Terkait: Sea Games: Para atlet yang bergejolak merebut 11 medali untuk Indonesia

Ia menambahkan, rekor perolehan 10 medali emas Indonesia melampaui target awal negara yang meraih enam medali emas.

READ  Apa itu 'Koneksi' Sri Ram Bali, Indonesia? Lihat laporan tanah ini

Sementara itu, Hartardo mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dari seluruh negara peserta Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022.

Ia juga berterima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Daerah dan banyak donatur yang telah mensukseskan acara tersebut.

Terakhir, ia berterima kasih kepada banyak organisasi yang berpartisipasi dan menonton Kejuaraan Wushu.

Berita Terkait: PBWI menyiapkan 23 atlet untuk Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Berita Terkait: Badak jawa menjadi maskot, simbol Kejuaraan Dunia Junior 2022