Februari 9, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia mengundang investor asing untuk berinvestasi di sektor energi

Jakarta (Andara) – Menteri Energi dan Mineral Aripin Tasrif mendorong investor asing berinvestasi di berbagai proyek konversi energi di Indonesia.

Agung Pribadi, pejabat Kementerian ESDM, mencatat, dalam kunjungannya ke Jerman pada 26-27 Mei 2022 untuk menghadiri KTT Iklim G7, ia bertemu dengan pejabat dari dua perusahaan besar Jerman, Siemens Energy dan HMS Bergbau. AG.

Dia menjelaskan dalam keterangannya, Sabtu, pertemuan itu merupakan lanjutan dari pertemuan yang digelar akhir Maret lalu.

Pertemuan tersebut menyoroti kerja sama antara Siemens Energy dan BUMN Fertamina Power dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Menkeu menyampaikan bahwa Indonesia sedang mendorong investasi energi terbarukan dan berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Pada tahun 2030, Indonesia telah menetapkan tujuan untuk menambah pembangkit listrik yang hanya mengandalkan penggunaan sumber baru dan terbarukan, termasuk hidrogen. Hingga tahun 2060, listrik Indonesia akan berasal dari sumber energi yang benar-benar baru dan terbarukan.

Indonesia perlu bekerja sama dengan Siemens Energy untuk mendorong pengembangan teknologi pembangkit listrik tenaga surya, smart grid, penghematan energi, teknologi pengembangan hidrogen dan kendaraan listrik.

Berita Terkait: Siemens sedang mempelajari partisipasi dalam proyek pembangkit listrik Indonesia

Tasrif juga memuji perusahaan dan menantikan partisipasinya dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

Dia mencatat, nota kesepahaman antara kedua pihak diharapkan dapat ditandatangani pada pertemuan para menteri transfer energi G20 di Bali pada September mendatang.

Sementara itu, Siemens Energy telah menyatakan minatnya untuk mendukung pertumbuhan sektor energi di ibu kota baru Indonesia, Nusandra.

Ini memiliki pengalaman dalam pengembangan kota baru di Mesir, tidak hanya dalam pengembangan energi terbarukan, tetapi juga dalam pengembangan fasilitas pendidikan dan kemampuan untuk mendukung sumber daya manusia.

READ  Fitch konfirmasi peringkat kredit Indonesia dengan outlook konsisten

Pada kesempatan terpisah, Jerman menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Indonesia terkait pasokan batu bara.
Berita Terkait: Indonesia-Jerman sepakat dukung transfer energi bersih