November 26, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia mencari kesepakatan pembekuan batu bara dari Bank Dunia, ADB senilai $4 miliar

(Bloomberg) — Indonesia telah mendekati pemodal termasuk Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia untuk membantu transisi sekitar $4 miliar dalam proyek-proyek dari batu bara, dengan kesepakatan mungkin paling cepat minggu depan.

Menurut dokumen konsultasi publik, dana tersebut akan digunakan untuk percepatan pembangkit listrik tenaga batu bara hingga 2 GW. Data BloombergNEF menunjukkan Indonesia memiliki sekitar 37 gigawatt pembangkit. Alih-alih pendanaan bilateral, pendanaan akan melalui satu platform yang memungkinkan campuran investor berdaulat, multilateral dan swasta.

Indonesia Oktober Sebuah pernyataan terkait mengatakan bahwa persetujuan pemodal atas rencana investasi akan dicari pada pertemuan ke-26.

Ini merupakan langkah maju dalam upaya Indonesia untuk menjauh dari batu bara, yang menghasilkan lebih dari separuh listriknya dan menghambat pertumbuhan ekonominya. Platform, yang disebut Mekanisme Transisi Energi, menunjukkan kepada negara-negara berkembang cara untuk membiayai energi bersih karena negara-negara dari Afrika Selatan hingga India mendapatkan dana untuk tujuan mitigasi iklim mereka.

“Jalan intensif emisi menuju pertumbuhan ekonomi tidak berkelanjutan untuk Indonesia ke depan,” tulis pemerintah dalam dokumen tersebut. “Dampak bahaya fisik dari perubahan iklim akan dirasakan seluruh masyarakat Indonesia.”

Ganti saja

Para pejabat Indonesia telah bergabung dengan perwakilan Amerika Serikat dan negara-negara kaya lainnya untuk mendanai “paket transisi energi yang adil” yang mencakup jutaan dolar dalam pendanaan untuk mendukung penghentian penggunaan batu bara. Negosiasi sedang berlangsung dan kesepakatan diharapkan akan diumumkan di sela-sela pertemuan Kelompok 20 pada bulan November.

Sebagai bagian dari proposal senilai $4 miliar, pemerintah mengusulkan penutupan dini unit pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara Suralaya dan Paiton, yang terbesar di Asia Tenggara. Proyek lain dalam rencana tersebut termasuk menutup tambang batu bara dan mengembangkan kapasitas energi terbarukan, sambil memperluas peran perempuan di sektor ini.

READ  Kejuaraan Asia - Momota, unggulan pertama di Asian Games, kalah dari Chico Ara dari Indonesia.

Eksportir batubara termal terkemuka dunia baru-baru ini meningkatkan target pengurangan emisinya. Negara ini telah menetapkan tujuan untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060, yang mencakup penggantian batu bara dengan pembangkit listrik tenaga surya, panas bumi, dan nuklir.

–Echo Listorini dan Jennifer A. Dengan bantuan Dillohy et al.

© 2022 Bloomberg LP