September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia memiliki tarif terendah

Indonesia memiliki tarif terendah

Tingkat kunci dikurangi menjadi 3,50%

Orang-orang bertopeng berjalan ke Pusat Perbelanjaan Pandok Inda saat pusat perbelanjaan Jakarta dibuka kembali, dengan kebijakan baru pembeli diharuskan menunjukkan sertifikat vaksinasi virus corona pada 13 Agustus tahun ini. (foto Reuters)

JAKARTA: Bank sentral Indonesia mempertahankan suku bunga rendah pada hari Kamis karena membantu pemulihan ekonomi dari wabah virus corona tanpa menambah tekanan ke bawah pada rupee.

Bank Indonesia (BI) telah mempertahankan tingkat pembelian kembali tujuh hari sebesar 3,50% sejak Februari, seperti yang diperkirakan sebagian besar ekonom dalam jajak pendapat Reuters. Dua rasio utama lainnya tetap tidak berubah.

“Saya tegaskan kembali bahwa semua kebijakan BI tahun ini akan mendukung pertumbuhan,” kata Gubernur Perry Vargio dalam konferensi pers yang disederhanakan.

“Kebijakan moneter dengan suku bunga rendah dan likuiditas longgar akan terus berlanjut.”

Sementara BI memperkirakan pemulihan ekonomi berlanjut di paruh kedua tahun ini, didukung oleh perbaikan pergerakan vaksin dan pembukaan kembali ekonomi, termasuk varian Vargio Delta dan AS.

Rupee, yang telah jatuh terus selama dua minggu terakhir, naik sedikit di tengah pengumuman BI untuk diperdagangkan di bawah 0,2% dari penutupan hari sebelumnya, di tengah pembicaraan tentang penyadapan AS.

Risalah pertemuan Federal Reserve Juli, yang dirilis pada hari Rabu, diharapkan oleh para pejabat untuk sangat mengurangi pembelian aset bulanan Federal Reserve AS. Penarikan stimulus moneter AS sebelumnya mendorong arus keluar modal dan menekan mata uang pasar negara berkembang seperti rupee.

Tetapi ketika Vergio menyebut “taper tandrum” 2013 dan memicu penurunan 20% dalam mata uang Indonesia, The Fed tidak mengharapkan dampak penyadapan menjadi besar. Dia juga mengatakan bahwa bank sentral memiliki alat kebijakan untuk menghadapi setiap penurunan.

BI akan menggunakan alat stabilisasi mata uang untuk melawan potensi arus keluar modal, kata gubernur.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara tumbuh 7,07% pada kuartal kedua, mengalahkan ekspektasi, tetapi beberapa analis khawatir tentang pembatasan pergerakan pada bulan Juli untuk mengurangi kasus Pemerintah-19.

Namun, kontrol secara bertahap dilonggarkan karena infeksi baru turun setelah puncaknya pada pertengahan Juli. Pusat perbelanjaan dengan efisiensi 50% telah dibuka kembali dan diizinkan untuk makan di dalam restoran di kota-kota seperti Jakarta, meskipun pemerintah masih membutuhkan pekerjaan jarak jauh dan sekolah ditutup.

Wabah virus corona di Indonesia merupakan yang terparah di Asia Tenggara, dengan hampir empat juta infeksi terkonfirmasi dan lebih dari 121.100 kematian.

BI memangkas suku bunga dengan total 150 basis poin dan telah membayar lebih dari $57 miliar tunai ke dalam sistem keuangan sejak wabah awal tahun lalu, termasuk pembelian obligasi negara langsung di pasar perdana.

READ  Indonesia muncul sebagai pasar terbesar Mitsubishi di Q1