Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia larang penjualan bensin di bawah oktan 90 mulai 2023

JAKARTA, 26 Okt (Reuters) – Indonesia hanya akan mengizinkan penjualan bensin dengan peringkat minimum 90-oktan (RON 90) mulai 2023 karena beralih ke bahan bakar yang lebih bersih, kata regulator hilir migas, Rabu.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara saat ini memungkinkan penjualan RON 88 dan RON 89, meskipun perusahaan energi negara Pertamina [RIC:RIC:PERTM.UL] Dia mengatakan dia tidak menjual RON 88, yang dikenal sebagai ‘premium’, tahun ini.

Sebuah pengecer bahan bakar swasta saat ini menjual bensin beroktan 89.

Pemerintah sebelumnya menyediakan bensin RON 88 yang kurang efisien sebagai bahan bakar bersubsidi, tetapi diganti dengan bensin RON 90 awal tahun ini.

“Ide kami adalah mendukung bahan bakar ramah lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas tinggi,” kata Saleh Abdurrahman, anggota komite BPH Migas.

Irto Ginting, sekretaris perusahaan pengecer bahan bakar terbesar di Indonesia Pertamina Batra Nyaka, mengatakan bensin kelas terendah yang dijual perusahaan saat ini adalah 90-oktan.

Direktur Utama Pertamina Nikke Vidyavathy mengatakan tahun lalu ada rekomendasi untuk menggunakan setidaknya bensin RON 91 untuk mengurangi emisi karbon dan perusahaan berencana untuk mengurangi bensin RON 90 untuk mencapai target itu.

Pelaporan oleh Bernadette Christina diedit oleh Francesca Nangoi dan Ed Davis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Pekerjaan dimulai pada pembangkit listrik tenaga surya terapung 145 MW di Indonesia