Mei 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia-Glencore akan membeli aset minyak Shell di Singapura, yang ditargetkan selesai pada akhir tahun

Tempo.co, Jakarta – Perusahaan solusi kimia dan infrastruktur Indonesia, PT Chandra Azri Pacific Tbk, mengumumkan telah menandatangani perjanjian penjualan dengan Shell Singapore Pte bekerja sama dengan Glencore, salah satu perusahaan sumber daya alam dunia. Ltd.atau SSPL. Perjanjian penjualan antara Indonesia-Glencore dan Shell Singapura adalah untuk mengakuisisi seluruh hak atas aset minyak milik Shell Energy and Chemicals Park Singapore, atau SECP.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Erwin Siputra, Chairman Director dan CEO Chandra Azri Group. Dia mengatakan kesepakatan akuisisi aset minyak Shell di Singapura semakin memperkuat ketahanan bisnis perusahaan kimia dan infrastruktur tersebut.

“Integrasi lokasi energi dan kimia baru di Pulau Bukom dan Jurong, Singapura, serta kehadiran kami di Silicon, Indonesia, akan mendorong perluasan penawaran produk dan pengembangan layanan,” ujarnya dalam keterangan tertulis. Tempo Sabtu, 11 Mei 2024.

Keberhasilan Chandra Asri Group dan Glencore dalam akuisisi aset minyak Shell di Singapura diraih melalui proses lelang. Kedua perusahaan membentuk perusahaan patungan bernama CAPGC Pte. Ltd. Kepemilikan mayoritas perseroan dikuasai oleh Chandra Azri Group.

Kesepakatan akuisisi aset minyak tersebut meliputi kilang minyak mentah dengan kapasitas pemrosesan 237 ribu barel per hari, cracker etilen berkapasitas 1,1 juta metrik ton/tahun di Pulau Bukom, Singapura, dan aset kimia hilir di Pulau Jurong, Singapura.

Dengan diambilnya kepemilikan aset tersebut, menurut Erwin, akan membuka kemungkinan menangkap peluang baru di pasar Asia Tenggara. Transaksi tersebut masih menunggu persetujuan regulator dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Sementara itu, Managing Director Glencore Singapura, Quek Chin Thian, menyatakan keyakinannya kesepakatan akuisisi akan berhasil. Dia mengatakan SECP adalah aset utama di Asia Tenggara karena lokasinya yang strategis di jantung perdagangan energi terkemuka.

READ  Dalam pemilihan presiden Indonesia, 'Jokowinomics' menjadi pilihan utama

Ia percaya bahwa keberadaan kompleks pengilangan dan bahan kimia yang terintegrasi tidak hanya penting untuk membuka peluang baru agar tetap kompetitif di tengah transisi energi, tetapi juga untuk merencanakan pertumbuhan jangka panjang di masa depan, memperluas dan memperluas penawaran, dan memberikan nilai yang lebih baik bagi perusahaan. semua. Mitra kami.

Nowali Banchi Nugroho

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News